Alita Battle Angel (2020) Film Kisah Cinta Manusia dan Cyborg

Alita : Battle Angel adalah film aksi yang dirilis pada tanggal 14 Februari 2019. Film animasi yang diproduseri oleh James Cameron yang bekerja sama dengan sutradara Robert Rodrigues ini dimulai proyeknya sejaknya tahun 2003 silam.

Dengan anggaran dana sebesar 170 Juta Dolar, film ini berhasil menghasilkan sejumlah 404.7 Juta Dolar dari Box Office.

Pembuatan film nya sendiri tergolong lama, karena sang produser memilih untuk menyelesaikan proyek Avatar terlebih dahulu. James Cameron, seorang produser kondang memang. Selain Alita : Battle Angel dan Avatar, Cameron merupakan produser film yang terkenal dan masih dikenang sampai sekarang, Titanic. Lihat juga: Nonton Film Ford v Ferrari (2019) Film Adu Balap VS Politik Bisnis

Rumah produksi Alita : Battle Angel, Twentieth Century Fox, sempat mendapat gugatan dari sebuah perusahaan multimedia. Epic Stone Group perusahaan yang berbasis di Florida ini melayangkan gugatan pada Twentieth Century Fox karena pelanggaran merek dagang atas nama Battle Angel pada tahun 2009.

Dari Manga Ke Animasi Hingga Hubungan Percintaan Alita Battle Angel

Dari Manga Ke Animasi Hingga Hubungan Percintaan Alita Battle Angel

James Cameron memang sudah menyiapkan dengan matang naskah dari Alita : Battle Angel ini sejak tahun 2003. Tapi sebenarnya film ini diadaptasi dari sebuah manga Jepang karya Yukito Kishiro berjudul Battle Angle Alita.

Manga yang juga sering disebut GUNNM ini juga diterjemahkan kedalam bahasa Inggris dan awal diterbitkannya sendiri dimulai dari tanggal 15 Desember 1990 hingga 1 April 1995.
Manga yang memiliki 9 volume ini mengusung genre Cyberpunk, dystopia, dan juga post-apocalyptic. Tidak jauh berbeda dengan genre yang diusung pada film nya.

Sinopsis

Alita : Battle Angel berkisah tentang cyborg perempuan yang mengalami amnesia bernama Alita (Rosa Alazar). Di tahun 2563 para manusia hidup berdampingan dengan cyborg di sebuah kota bernama Iron City. Iron Ciry adalah satu – satunya kota normal yang terssa setelah perang dahsyat yang meletus 300 tahun sebelumnya, perang itu dikenal dengan nama The Fall.

Menjadi satu – satunya kota yang normal bukan berarti Iron City adalah kota yang aman. Khususnya saat malam hari, cyborg jahat merajalela dan menyakiti para manusia. Sebaliknya, para pencuri onderdil cyborg yang berkeliaran pada malam hari juga menghantui para cyborg. Lihat juga: Nonton Film Little Women (2019) Cerita Lama Yang Dibuat Baru

Dr. Dyson Ido (Christoph Waltz) adalah seorang ilmuwan terkenal yang menemukan Alita, robot rongsokan yang dibuang tetapi memiliki otak utuh manusia. Dr. Dyson juga yang manamainya Alita, nama putri tunggal nya yang meninggal dibunuh oleh cyborg jahat.

Alita pun bersahabat dengan Hugo (Keean Johnson), seorang lelaki yang terobsesi untuk pindah ke kota Zalem. Hugo pun memperkenalkan Alita pada turnamen Motorball, dan membujuk Alita untuk mengikuti turnamen.

Review

Ketegangan di film ini terjadi ketika Alita mengikuti turnamen tersebut. Tetapi sebelumnya aksi – aksi Alita, Hugo, dan Ido juga cukup menegangkan untuk ditonton. Sekalipun dari awal film ini cukup membosankan bagi penonton yang tidak menyukai film dengan alur lambat.

Kisah percintaan Hugo dan Alita juga dibuat menggantung di film ini. Untuk dikatakan sebagai pemanis pun tidak ada faktor yang membuat penonton penasaran dengan hubungan mereka.

Juga selain kisah cinta Hugo dan Alita, alasan mengapa banyak penduduk Iron City yang terobsesi pindah ke kota Zalem pun tidak dijelaskan di film ini. Jadi penonton seakan – akan dibuat bingung sendiri ketika menonton film ini.

Mengingat penulis skenarionya adalah produser dari film Titanic, tentu penonton dibuat berharap banyak pada film ini. Tetapi sayang, scenario yang ditampilkan di film ini terlihat sedikit kacau dan akhir film yang dibuat menggantung diarahkan ke sekuel film.

Para kritikus film banyak yang memberi pujian untuk efek visual di film ini. Urutan aksi dan kinerja Rosa Salazar juga menuai banyak pujian. Beberapa dari mereka bahkan menyebut Alita : Battle Angel sebagai salah satu adaptasi manga yang terbaik.

Jika kalian penasaran bagaimana efek visual yang terlkihat sangat nyata di film ini, bisa menikmati nonton online di berbagai website film. Bagi yang tidak mengerti dan paham dengan bahasa Inggris, disediakan juga subtitlenya dalam bahasa Indonesia. Lihat juga: cara usir tikus rumah

Release Date
5 Februari 2019 (Indonesia)
14 Februari 2019 (Amerika Serikat)

Durasi: 122 menit

Negara Rilis: Amerika Serikat

Bahasa: Inggris

Sutradara: Robert Rodriguez

Produser
James Cameron
Jon Landau

Penulis Skenario
James Cameron
Laeta Kalogridis
Robert Rodriguez

Berdasarkan : Battle Angel Alita oleh Yukito Kishiro

Cast
• Rosa Salazar sebagai Alita
• Christoph Waltz sebagai Dr. Dyson Ido
• Jennifer Connelly sebagai Chiren
• Mahershala Ali dan Edward Norton (tidak terakreditasi) sebagai Vector[9] dan Nova
• Ed Skrein sebagai Zapan
• Jackie Earle Haley sebagai Grewishka
• Keean Johnson sebagai Hugo
• Michelle Rodriguez sebagai Gelda
• Eiza González sebagai Nyssiana
• Lana Condor sebagai Koyomi
• Jorge Lendeborg Jr. sebagai Tanji
• Idara Victor sebagai Suster Gerhad
• Marko Zaror sebagai Ajakutty
• Elle LaMont sebagai Screwhead
• Leonard Wu sebagai Kinuba
• Jeff Fahey sebagai McTeague
• Rick Yune sebagai Master Clive Lee
• Casper Van Dien sebagai Amok

Trailer

Share on:

Leave a Comment