Marketing

Memahami Dan Mengenal Manfaat Analisis SWOT Di Marketing

Analisis SWOT merupakan analisis termudah dan terbaik yang dapat dilakukan perusahaan untuk memberikan peluang strategi pemasaran. Menggunakan SWOT, Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threat (Ancaman) biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan baru yang diwajibkan untuk mengerti lingkungan bisnis sekitarnya.

Untuk melaksanakan analisis SWOT ini, diperlukan kepekaan terhadap kewajiban dan juga hak yang dimiliki oleh perusahaan. Perusahaan perlu memperhitungkan apa yang boleh dilakukan dalam kondisi potensial, dan mana yang tidak boleh dilakukan pada saat kondisi yang sama atau bahkan lebih buruk.

Analisis SWOT sering dilihat sebagai langkah perencanaan yang penting. Analisis SWOT sebenarnya sangat sederhana, namun nilai yang ditawarkannya sangat besar (kekuatan dan kelemahan) dan isu eksternal (peluang dan ancaman).

Penggunaan analisis ini secara langsung memberikan informasi terhadap perusahaan untuk menentukan apakah terdapat faktor yang akan membantu tujuan spesifik dan juga memberikan informasi hambatan-hambatan apa saja yang harus dilewati demi merealisasikan strategi pemasaran perusahaan.

Proses analisis SWOT menentukan kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan juga ancaman potensial perusahaan yang tujuannya adalah untuk memberikan ilmu dan wawasan terhadap perusahaan mengenai isu yang beredar di pasaran. Analisis SWOT selalu mempengaruhi keseluruhan kesuksesan bisnis lewat Strategi Marketing.

Berikut 4 bagian analisis SWOT :

Tentukan Kekuatan Produk Dan Perusahaan

Kekuatan dalam perusahaan dapat dikategorikan sebagai senjata untuk memenangkan persaingan di dunia bisnis. Kategori kekuatan memiliki atribut internal yang akan berdampak positif untuk perusahaan.

Menentukan kekuatan dapat dilakukan dengan cara evaluasi sumber daya, keunggulan berkompetisi, sumber daya dalam perusahaan, Anda wajib berfokus pada semua komponen internal yang memberikan nilai plus untuk memenangkan persaingan dalam segi apapun.

Tonjolkan pula kekuatan dan keunggulan perusahaan anda yang tidak dimiliki perusahaan lain. Cara ini terbukti mampu memberikan keunggulan kompetitif dengan bisnis lain di pasaran. Tak lupa berikan keunikan tersendiri dalam mengelola kekuatan perusaahan Anda.

Contoh Penggunaan Analisis SWOT Strength ( Kekuatan ) Secara Real Time Business :

  • Kualitas produk makanan yang dibuat serasa bintang 5
  • Menu makanan yang ditawarkan memiliki harga yang sangat murah
  • Memiliki berbagai macam pilihan produk
  • Melakukan promo setiap minggu
  • Memiliki sistem pesan antar tercepat
  • Memiliki pekerja yang berpengalaman dan bersikap loyal terhadap perusahaan

Perhatikan Kelemahan Perusahaan

Melaksanakan development dan juga evaluasi untuk menemukan kelemahan dalam perusahaan merupakan sesuatu yang sangat penting. Melaksanakan analisis Weakness di dalam perusahaan diperlukan pemikiran yang kritis serta kepatuhan yang loyal. Setiap perusahaan pasti memiliki kelemahan. Karena itu mengetahui cara untuk mengelola kelemahan akan menjadi senjata yang baik untuk memperbaiki dan mempertahankan kegiatan bisnis Anda.

Untuk mengetahui kelemahan apa yang terdapat dalam perusahaan, pastikan Anda memposisikan diri sebagai konsumen. Konsumen memiliki rasa kritis dan lebih tahu dengan kekurangan yang terjadi dengan bisnis Anda. Analisis juga tentang hal apa saja yang dimiliki perusahaan lain namun tidak dimiliki oleh perusahaan Anda.

Terakhir, analisa pula faktor yang menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan, dan berusahalah untuk menghilangkan hal tersebut dengan melaksanakan pengembangan ataupun perbaikan.

Contoh Penggunaan Analisis SWOT Weakness ( Kelemahan ) Secara Real Time Business :

  • Bahan baku makanan yang susah didapat
  • Mengharuskan memiliki modal yang tidak sedikit untuk menjalankan bisnis
  • Memiliki standar tinggi untuk pemilihan pegawai
  • Menu sering kosong
  • Lahan bisnis tidak strategis

Temukan Peluang dalam Berbisnis

Peluang merupakan salah satu bagian eksternal perusahaan yang memiliki dampak signifikan untuk mengatur strategi marketing. Menemukan peluang dalam berbisnis berarti menentukan perkembangan perusahaan di kemudian hari.

Peluang dapat ditemukan dengan cara analisis tren dan kebutuhan pasar yang dapat anda hubungkan dengan kekuatan bisnis anda. Peluang harus ditemukan, karena hal ini membuat bisnis anda mampu bertahan dan diterima oleh masyarakat luas yang sifatnya dinamis.

Bisnis yang memiliki kemampuan untuk menentukan peluang dengan baik niscaya akan memiliki beberapa target pasar yang dapat ditarik dengan sangat mudah.

Faktor-faktor dalam menentukan peluang terdapat pada :

  1. Peluang spesifik tentang pertumbuhan pasar.
  2. Perubahan gaya hidup masyarakat luas.
  3. Bagaimana problem pasar dapat dipecahkan dengan mudah.
  4. Kemampuan bisnis Anda yang menawarkan tingkat produk atau jasa yang lebih tinggi dibanding dengan pesaing lain.

Salah satu unsur yang terdapat pada analisis peluang anda adalah Timing, anda dapat menggunakan timing untuk menentukan peluang anda harus terus berjalan, ataukah peluang anda harus stop sekarang demi mendapatkan peluang lain yang lebih baru dan menguntungkan.

Contoh Penggunaan Analisis SWOT Opportunity ( Peluang ) Secara Real Time Business :

  • Gaya hidup anak muda yang mengharuskan makan di tempat bermutu
  • Permintaan pasar yang tidak pernah berhenti
  • Kekuatan loyalitas para pelanggan
  • Pemasaran melalui media digital memudahkan bisnis berjalan tanpa adanya kontak fisik dengan pelanggan
  • Naiknya angka trend frozen food, sehingga bisnis dapat terus berjalan.

Antisipasi Ancaman yang Datang

Ancaman adalah faktor eksternal yang berada di luar kendali perusahaan Anda dan berpotensi membahayakan strategi pemasaran Anda atau seluruh perusahaan Anda. Ancaman utama yang selalu hadir adalah persaingan.

Ancaman lain dapat mencakup kenaikan harga pemasok, peraturan pemerintah, penurunan ekonomi, laporan pers, perubahan perilaku konsumen, dan pengembangan teknologi yang membuat produk atau layanan Anda menjadi usang.

Meskipun kekuatan ini bersifat eksternal dan karena itu di luar kendali Anda, analisis SWOT dapat membantu Anda membuat rencana darurat yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini dengan cepat dan efektif.

Analisis ini mencakup hal hal yang selalu dihadapi oleh perusahaan. Ancaman merupakan suatu unsur yang dapat menghambat perkembangan bisnis yang anda jalankan. Dengan evaluasi dan analisis ancaman yang datang untuk perusahaan anda, anda dapat menentukan bagaimana langkah kongkrit kedepan bisnis anda. Pertahanan dari ancaman bisnis ini merupakan kunci kekuatan perusahaan anda.

Contoh Penggunaan Analisis SWOT Threats ( Ancaman ) Secara Real Time Business :

  • Banyaknya pesaing di tempat strategis
  • Harga makanan lain yang bisa lebih murah
  • Ancaman tiruan produk dari pesaing
  • Kenaikan harga barang baku yang digunakan
  • Banyaknya modifikasi produk-produk sejenis.

Tujuan Pelaksanaan SWOT

Analisis SWOT bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam suatu perusahaan. Analisis ini bertujuan untuk menggambarkan situasi yang sedang atau mungkin dihadapi perusahaan.

Selain itu, Anda dapat menganalisis kelemahan apa yang dimiliki perusahaan untuk mencegah hal-hal yang dapat merugikan perusahaan dan ancaman yang dapat ada dalam dunia bisnis. Dengan menganalisis ancaman, perusahaan dapat dengan cepat mencegah hal-hal buruk terjadi yang dapat merugikan dan negatif

Setelah analisis SWOT, Anda akan mempelajari apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah yang ada. Anda harus dapat mengidentifikasi masalah saat ini diatasi yang dihadapi atau mungkin terjadi di masa depan.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan kekuatan perusahaan untuk menanganinya. Kekuatan perusahaan dapat menjadi daya tarik pasar, Anda harus dapat memanfaatkan kekuatan perusahaan dan terus berusaha untuk mempengaruhi perusahaan secara positif.

Melaksanakan Strategi Marketing Setelah Mengetahui Fungsi SWOT

Setelah Anda menentukan nilai spesifik untuk penawaran bisnis Anda di empat kuadran analisis SWOT, Anda dapat mengembangkan rencana strategis berdasarkan informasi yang telah Anda pelajari.

Misalnya, setelah Anda mengidentifikasi kekuatan bawaan Anda, Anda dapat memanfaatkan peluang yang paling sesuai dengan bisnis Anda dan dengan demikian secara efektif mengurangi potensi kerentanan terkait ancaman dengan rencana yang akan memungkinkan Anda untuk menghilangkan atau meminimalkannya sambil melanjutkan strategi pertahanan Anda terkait untuk penawaran Anda.

Perhatikan bahwa analisis SWOT dapat dipengaruhi (dan seringkali cukup parah) oleh mereka yang melakukan analisis. Oleh karena itu, merupakan ide yang baik untuk meminta konsultan bisnis luar meninjau hasilnya untuk membuat rencana yang paling objektif. Rencana objektif akan membantu anda tetap berada di jalur bisnis yang menguntungkan.

Kesimpulan

Contoh penggunaan analisis SWOT di atas akan membantu Anda memahami cara kerja analisis SWOT untuk meningkatkan kualitas bisnis. Analisis SWOT tidak hanya dapat berfungsi sebagai metode perencanaan yang efektif tetapi juga membantu dalam mengembangkan bisnis. Triknya adalah dengan memberikan informasi yang akurat dan analisis lengkap tentang situasi saat ini.

Bisnis Meskipun tidak dapat digunakan sebagai solusi untuk semua masalah, setidaknya analisis ini memberikan gambaran dunia nyata sehingga bisnis lebih sadar dan siap serta tahu apa yang harus dilakukan oleh perusahaan selanjutnya.

Itulah tadi penjelasan tentang analisis SWOT yang memiliki peranan dalam menyusun strategi pemasaran. Artikel ini bagian dari artikel sebelumnya yakni artikel Cara Menyiapkan Strategi Sempurna Untuk Marketing Perusahaan.

Sekian dulu artikel marketing ini. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan menggunakan kolom komentar di bawah ini. Dan jangan lupa share ke teman-teman ya.

Dapatkan kumpulan artikel marketing disini untuk membantu Anda mengembangkan bisnis ke masa depan yang sukses dan abadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button