Tips

16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Pemula, Dijamin Cepat Page One

Artikel SEO friendly adalah artikel yang memiliki fungsi untuk mudah ditemukan oleh mesin pencari Google atau search engine optimization.

Penulisan artikel ramah SEO pada suatu website, akan memberikan manfaat kepada website tersebut, yaitu menjadikan website muncul di halaman pertama Google, atau mesin pencari internet.

Lalu bagaimana cara membuat artikel berpedoman SEO? Simak penjelasannya berikut ini.

16 Cara Dasar Membuat Artikel SEO Friendly

Artikel SEO friendly berbeda dengan artikel pada umumnya, karena memiliki kaidah penulisan dan peraturan tersendiri dalam pembuatannya.

Berikut ini adalah 16 cara dasar membuat artikel berpedoman SEO, yang akan membuat artikel Anda berada di halaman pertama Google.

1. Menentukan Kata kunci

Rahasia artikel SEO friendly dapat muncul pada halaman pertama Google atau mesin pencari yaitu, karena artikel tersebut memuat kata kunci yang dicari di mesin pencari.

Kata kunci merupakan kata-kata yang diketikkan seseorang ketika melakukan pencarian informasi mengenai suatu hal di internet, seperti “artikel seo friendly”.

Artikel dengan optimasi seo tepat, berfungsi untuk mencakup kata-kata kunci yang dicari seseorang tersebut, dengan batasan jumlah tertentu. Sehingga ketika kata kunci yang ditarget tersebut diketikkan pada mesin pencari, artikel SEO friendly dapat dimunculkan pada halaman pertama.

Semakin banyak kata kunci yang dituliskan, maka artikel semakin mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Namun, jumlah kata kunci yang dimasukkan pada artikel ramah seo tidak boleh secara asal saja, melainkan harus mengikuti batasan jumlah tertentu.

Penempatan kata kunci pada artikel harus diletakkan secara tersebar dan merata pada tiap sub judul.

Sub judul yang dimaksud yaitu Heading yang dibagi menjadi beberapa tingkatan yaitu Heading 1, Heading 2, Heading 3, Heading 4, dan seterusnya.

2. Riset Kata Kunci

Tidak semua kata kunci dapat digunakan untuk membuat artikel SEO friendly, untuk menentukan kata kunci apa yang akan digunakan, Anda perlu melakukan riset terhadap kata kunci terlebih dahulu.

Kata kunci yang digunakan untuk pembuatan artikel SEO friendly harus merupakan kata kunci yang sering dicari orang atau memiliki volume pencarian yang tinggi, sehingga artikel yang Anda tulis juga dapat ditemukan.

Namun, volume kata kunci yang terlalu besar juga akan menyulitkan Anda, karena tingkat persaingannya tinggi dan bisa menyulitkan artikel Anda untuk berada di posisi atas halaman pencarian Google.

Agar Anda mengetahui berapa volume kata kunci yang akan digunakan, Anda dapat menggunakan tools seperti Ubersuggest, KWFinder, Google Keyword Planner, dan Google Trends.

Anda tinggal mengetikan kata kunci apa yang ingin akan gunakan, untuk menulis artikel SEO pada tools tersebut. Dan nantinya akan ditampilkan volume pencarian terhadap kata kunci, dan juga beberapa ide kata kunci lainnya.

Anda bisa memilih keyword dengan volume pencarian yang rendah-sedang, untuk menghindari persaingan yang terlalu tinggi.

3. Gunakan Informasi Terkait Kata Kunci

Ciri artikel SEO friendly tidak berhenti hanya di penggunaan kata kunci atau keyword saja, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu mencari tahu informasi terkait kata kunci yang Anda gunakan.

Pada mesin pencari Google, biasanya ketika mengetikan suatu kata kunci maka akan ditampilkan artikel-artikel kompetitor, yang menggunakan kata kunci yang sama dengan Anda.

Nah, Anda dapat melihat judul utama ataupun informasi yang dituliskan pada artikel kompetitor tersebut, dan menggunakannya untuk penulisan artikel berpedoman SEO Anda.

Namun, untuk bisa mengungguli artikel kompetitor Anda, maka Anda harus menuliskan informasi yang lebih detil atau lebih banyak seputar keyword yang Anda gunakan.

Misalnya, jika Anda menggunakan keyword “cara menulis artikel seo friendly”, kemudian di halaman teratas Google dimunculkan artikel berjudul “5 cara membuat artikel seo yang benar”, maka Anda harus menuliskan lebih dari 5 cara menulis artikel ramah seo pada artikel Anda.

4. Buat Artikel yang Unik

Konsep artikel SEO friendly agar mudah ditemukan oleh Google atau mesin pencari lainnya, yaitu artikel harus bersifat unik atau tidak menjiplak atau memplagiarisme artikel yang sudah ada.

Plagiarisme sangat dilarang keras oleh Google, sehingga jika Anda menulis artikel dengan cara meng-copas (copy paste) saja, maka artikel Anda akan tidak dimunculkan oleh Google karena bersifat plagiat.

Nah, supaya hal ini tidak terjadi, pastikan kalau artikel Anda buat dengan menulis sendiri, atau tidak menjiplak atau menyalin artikel lainnya.

Menjiplak atau menyalin artikel lain boleh-boleh saja, namun harus dilakukan dengan cara memparafrase, atau menulis kembali dengan menggunakan kalimat sendiri.

Anda juga bisa menggunakan bantuan tools, untuk mencari persamaan arti kata. Contohnya sinonimkata.com yang digunakan untuk mencari sinonim dari kata kunci yang Anda gunakan.

5. Struktur Artikel yang Baik

Artikel berbasis SEO juga sama seperti artikel pada umumnya, yaitu memiliki struktur. Artikel yang memiliki struktur akan memudahkan pembaca, untuk memahami apa yang disampaikan di dalam artikel.

Struktur artikel yang baik, biasanya terdiri dari beberapa bagian yang berisi topik-topik pembahasan tertentu. Artikel bisa dibagi menjadi beberapa bagian seperti pembuka, isi, dan kesimpulan.

Artikel yang berstruktur baik akan memberikan kesan rapi, dan terstruktur ketika dibaca, sehingga pembacapun akan merasa nyaman ketika membacanya.

Namun, jumlah kata per paragraf juga perlu diperhatikan dalam pembuatan tulisan SEO friendly.

Hindari membuat kalimat yang terlalu panjang dalam satu paragraf, karena ini akan membuat pembaca menjadi jenuh membaca artikel Anda.

Struktur artikel yang rapi juga bisa diperhatikan dari spasi antar baris. Anda bisa memberikan spasi setiap sudah menulis 2-4 baris sebelum untuk memberi jeda membaca.

6. Penempatan Keyword pada Paragraf Pembuka

Artikel SEO yang benar harus mengandung kata kunci, atau keyword yang dicari di mesin pencari. Hal ini bisa dilakukan, dengan menempatkan keyword tersebut pada paragraf awal atau pembuka.

Perhitungan keyword dilakukan pada tiap sub bab termasuk paragraf pembuka. Biasanya penulisan artikel berbasis SEO, meletakkan keyword utamanya di awal kalimat artikel, dengan menandainya menggunakan bold ataupun italic.

Anda juga bisa menggunakan cara lain dalam menempatkan kata kunci, atau keyword artikel Anda, agar bisa tersebar di seluruh bagian paragraf pembuka yaitu dengan menggunakan konsep AIDA.

AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action, dan Attention. AIDA bertujuan memberikan kalimat yang bersifat menarik perhatian pembaca seperti kalimat pertanyaan.

Interest yaitu kalimat yang menarik pembaca untuk membaca artikel Anda lebih lanjut lagi dengan menyinggung permasalahan yang dialami oleh pembaca.

Desire yaitu kalimat yang memberitahukan pembaca bahwa artikel Anda memiliki solusi untuk permasalahannya.

Action yaitu kalimat untuk mengajak pembaca melakukan tindakan tertentu, bisa mengajaknya untuk membeli/mendaftar/membagikan artikel/dll setelah membaca artikel Anda.

Nah, tugas Anda selanjutnya yaitu dengan menyebarkan kata kunci atau keyword yang digunakan pada setiap bagian dari AIDA tersebut, sehingga ini akan memberikan kesan nyaman ketika dibaca karena keyword nya tidak berkumpul di satu tempat saja.

7. Metode Piramida Terbalik

Artikel SEO friendly menerapkan konsep penulisan yang berisi informasi dengan bentuk seperti piramida terbalik.

Maksud dari piramida terbalik yaitu, penulisan informasi pada artikel dimulai dari informasi yang paling general atau umum terlebih dahulu dan semakin ke bawah informasi yang diberikan semakin mengerucut atau detail.

Penulisan artikel bisa dimulai dengan menuliskan informasi secara garis besar terkait topik yang dibahas terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh informasi tambahan yang lebih detil pada sub bab di bawahnya.

Penggunaan heading akan memudahkan Anda untuk memilah-milah jenis informasi yang diuraikan dalam artikel SEO friendly.

8. Fokus Pada Satu Topik

Artikel SEO friendly tidak hanya harus bagus untuk dibaca oleh mesin pencari atau Google saja, melainkan juga harus bisa dibaca dan dipahami dengan mudah ketika dibaca oleh manusia.

Anda harus menghindari menuliskan informasi yang tidak berkaitan dengan topik utama pada artikel Anda, misalnya jika topik artikel Anda mengenai cara memasak nasi goreng jawa, maka Anda sebaiknya tidak menuliskan mengenai jenis-jenis nasi goreng.

Dengan menulis secara fokus pada topik utama Anda juga akan memberikan keuntungan yaitu artikel Anda akan mudah ditemukan oleh mesin pencarian karena keyword yang Anda gunakanpun menjadi lebih terkonsentrasi.

9. Penyebaran Keyword

Keyword adalah kunci dari sebuah artikel SEO friendly agar bisa ditemukan oleh mesin pencari atau Google.

Artikel SEO friendly yang mengandung keyword yang banyak akan semakin mudah ditemukan oleh mesin pencari, karena kerja dari mesin pencari yaitu dengan mengindeks kata kunci yang ada pada artikel yang dituliskan.

Namun, perlu diperhatikan jumlah keyword yang Anda gunakan agar jumlahnya tidak berlebihan karena akan menyebabkan penulisan artikel Anda terkesan tidak wajar.

Gunakan proporsi keyword secukupnya saja dan akan membuat kesan masih enak untuk dibaca. Anda bisa menyebarkan satu keyword pada setiap sub paragraf, sehingga tidak akan menimbulkan kesan spam.

10. Kata sambung

Kata sambung memiliki peran yang cukup penting pada artikel SEO friendly. Kata sambung akan memudahkan pembaca untuk menikmati proses membaca artikel Anda dan juga merupakan salah satu ketentuan yang digunakan dalam pembuatan artikel SEO friendly.

Tools untuk parameter penulisan artikel SEO friendly seperti Yoast SEO juga mengharuskan penulis menggunakan kata sambung pada tiap awal paragraf untuk menghubungkan antar paragraf.

Kata sambung yang digunakan juga bisa Anda letakkan di pertengahan paragraf atau kalimat seperti kata sambung pada artikel secara umum.

Contoh kata sambung yang bisa Anda gunakan yaitu tetapi, namun, sedangkan, kemudian, selanjutnya, dan lain-lain.

11. Internal Link dan Eksternal Link

Internal link dan eksternal link harus dicantumkan pada artikel SEO friendly yang berfungsi sebagai backlink artikel.

Internal link yaitu link atau tautan yang menghubungkan artikel ke artikel atau halaman lain yang berada di satu website yang sama.

Eksternal link yaitu link yaitu tautan atau link yang menghubungkan artikel ke artikel atau halaman lain yang berada di website lain.

Penggunaan internal dan eksternal link harus dikaitkan dengan informasi tambahan ataupun yang berkaitan dengan topik artikel Anda, sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca.

12. Gunakan Gambar dan Foto

Jenis media seperti gambar dan foto termasuk dalam persyaratan penulisan artikel SEO friendly.

Selain itu, penggunaan gambar dan foto pada artikel SEO friendly juga akan memberikan kesan yang baik bagi pembaca, karena pembaca mudah menjadi jenuh ketika membaca artikel yang berisi tulisan penuh.

13. Optimasi Gambar

File gambar atau foto yang Anda masukan ke dalam artikel SEO friendly harus memiliki ukuran file yang tidak terlalu besar.

Foto atau gambar dengan ukuran resolusi yang terlalu besar akan menyebabkan website mengalami kelambatan ketika diakses oleh pembaca.

hal ini akan menyebabkan website Anda mudah ditinggalkan oleh pembaca karena ketidaknyamanan durasi ketika membuka website Anda.

Foto atau gambar yang Anda masukkan ke dalam artikel SEO friendly harus dilakukan pengaturan terhadap beberapa pengaturan seperti nama file, alt text, format gambar, dan juga ukuran file agar bisa optimal ketika diupload ke artikel SEO friendly Anda.

14. Perhatikan Panjang Artikel

Panjang artikel juga merupakan persyaratan dari artikel SEO friendly yang baik. Jumlah kata yang disarankan untuk penulisan artikel SEO friendly adalah minimal 600 kata dan sebaiknya artikel memiliki minimal kata berjumlah 1.000.

Hal ini dikarenakan, artikel yang memiliki jumlah kata yang banyak akan memiliki informasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan artikel berjumlah kata yang sedikit.

15. Pengaturan Komponen Teknis Blog

Artikel SEO friendly juga perlu memperhatikan pengaturan komponen teknis blog seperti title, permalink, dan meta description.

Title atau judul yaitu komponen blog yang akan memunculkan judul artikel SEO friendly yang Anda tulis di mesin pencarian Google. Panjang title yang disarankan yaitu maksimal 60 karakter.

Permalink yaitu komponen blog yang ada pada link atau URL dari situs yang memuat artikel SEO friendly Anda ketika dilakukan pencarian oleh mesin pencarian Google.

Meta description adalah komponen blog yang memberikan deskripsi singkat mengenai isi artikel SEO friendly yang Anda tulis dan memuat satu kata kunci.

16. Plugin SEO

Penulisan artikel SEO friendly dapat dilakukan dengan bantuan plugin SEO yang akan memberikan panduan yang harus dilakukan dalam penulisan artikel SEO friendly.

Plugin SEO yang sering digunakan yaitu Yoast SEO. Plugin SEO akan memberikan sinyal berupa tanda warna hijau ketika artikel SEO Anda sudah memenuhi kriteria sebagai artikel SEO friendly yang baik.

Sedangkan, sinyal berupa warna merah akan muncul ketika artikel yang Anda buat belum memenuhi kriteria artikel SEO friendly yang baik.

Selanjutnya >>> Struktur Artikel Secara Umum

1 2 3 4 5 6 7Next page

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button