Tips

16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Pemula, Dijamin Cepat Page One

Cara Menulis Artikel Buletin

Artikel buletin yaitu artikel yang dimuat pada buletin yang merupakan bentuk publikasi dari organisasi. Berikut adalah panduan penulisan artikel buletin Pos dan Telekomunikasi.

  1. Judul. Judul berisi maksimal 15 kata dengan jenis huruf Times New Roman dan berukuran 14. Judul harus mencerminkan isi dari tulisan artikel dan memiliki sifat singkat, padat, dan menarik perhatian pembaca untuk membacanya. Judul dituliskan dengan huruf kapital dan diberi cetak tebal atau bold. Judul bahasa Inggris ditempatkan di bawah judul bahasa Indonesia dan dicetak miring atau italic.
  2. Nama dan alamat penulis. Nama penulis dituliskan secara lengkap beserta gelar akademik ataupun jabatan yang dimiliki pada bagian bawah judul artikel. Penulis yang lebih dari satu orang, dituliskan berurutan sesuai dengan kontribusi masing-masing penulis yaitu dituliskan mulai dari penulis dengan kontribusi terbesar sampai terkecil.
  3. Abstrak. Abstrak berisi ringkasan dari artikel secara keseluruhan dan mencakup bagian latar belakang, tujuan, metode dan hasil penelitian. Jumlah kata pada abstrak yaitu antara 150-200 kata. Abstrak dituliskan dengan menggunakan font Times New Roman berukuran 9 dan spasi 1. Abstrak dalam bahasa Inggris dituliskan di atas abstrak dalam bahasa Indonesia.
  4. Kata kunci. Kata kunci diletakkan pada bagian bawah abstrak bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jumlah kata untuk penulisan kata kunci yaitu antara 3-5 kata dan mewakili kata penting yang ada di artikel.
  5. Pendahuluan. Berisi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitan.
  6. Tinjauan pustaka. Berisi literartur atau acuan yang digunakan untuk penelitian.
  7. Metode penelitian. Metode penelitian mencakup rancangan atau model penelitian, variabel penelitian, sampel dan data penelitian, tempat dan waktu penelitan, teknik penelitian, dan teknik analisis data.
  8. Hasil dan pembahasan. Hasil penelitian ditampilkan dalam bentuk grafik atau tabel dan kemudian dilakukan pembahasan terhadap data yang diperoleh.
  9. Kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisi ulasan singkat seputar hasil penelitian dan memberikan saran mengenai penelitian yang telah dilakukan.
  10. Implikasi penelitian (opsional) berisi implikasi dari hasil penelitian.
  11. Ucapan terimakasih. Berisikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berperan dalam penelitian dan penulisan artikel tersebut.
  12. Daftar pustaka. Daftar pustaka memuat seluruh rujukan yang digunakan dalam penulisan artikel dan dituliskan dengan menggunakan format APA style.

Sebelumnya >>> Jenis-Jenis Artikel yang Sering Digunakan di Website

Selanjutnya >>> Cara Menulis Artikel di Liputan 6

Previous page 1 2 3 4 5 6 7Next page

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button