Benarkah Blog Bisa Menghasilkan Banyak Uang Pasif

Benarkah Blog Bisa Menghasilkan Banyak Uang Pasif. Banyak orang berpikir apa gunanya membuat blog? Kerjanya hanya menulis tanpa di bayar? Baik banget ya. Ada juga yang menganggap penulis blog hanya orang kurang kerjaan.

Baca juga : Belanja online tanpa menggunakan uang

Blog tempat menulis
Ngeblog istilah khusus digunakan para blogger. Menghabiskan waktu luang untuk menulis di internet. Berharap tulisannya bisa terkenal. Atau minim-minimnya pernah dibaca orang lain.

  • Bisa dilakukan dimana saja. Asal ada koneksi internet.
  • Menulis di blog bisa kecanduan. Bahkan ada lupa waktu saking senangnya menulis.
  • Rata-rata blogger memiliki sifat penyabar dan santai. Karena menulis adalah hobi mereka.
  • Sebagai sarana melampiaskan hobi menulis anda.
  • Sebagai alat promosi produk anda.

Baca juga : Membuat Website Dengan Dana Minim

Suka duka menjadi blogger
Secara pribadi dan murni. Saya tidak pernah mengejar sesuatu urusan ngeblog. Yang saya kejar hanya memberikan sebuah tulisan bermanfaat. Dan membuat orang senang membaca tulisan saya. Dukanya ya artikel hasil tulisan saya tidak dilirik sama sekali.

Pemahaman Blog Bisa Menghasilkan Uang
Jangan pernah berharap anda menulis di blog cepat menghasilkan uang. Atau menjadikan penghasil utama anda. Ini salah besar. Membuat blog menjadi terkenal itu dibutuhkan waktu lama.

  1. Mulai membuat blog dengan berpikir menghasilkan uang itu salah besar. Karena memerlukan waktu dan banyak konten dalam blog.
  2. Uang akan datang sendiri jika anda sudah membuat blog berisi konten bermanfaat.

Tapi jika anda berpikir membuat blog bisa menghasilkan uang. Itu tidak salah. Ada baiknya mencoba. Selainnya memberikan tulisan bermanfaat. Blog bisa juga dijadikan promosi online untuk menjual. Baik itu jasa atau barang.

Membuat Blog Bisa Menjadi Penghasil Uang

Memulai dengan membuat blog
Zaman dulu memiliki blog itu agak susah. Karena mewajibkan memahami sedikit kode html website. Tapi kini semakin mudah. Karena program cms yang memudahkan. Anda hanya mendesain dan menulis.

Memilih platform blog
Ada banyak situs menyediakan pembuatan blog dengan platform. Bahkan gratis. Contohnya wordpress, blogspot dan lain-lainnya. Pilih yang menurut anda gampang dan tidak bikin ribet.

Menentukan nama domain
Pilihlah nama domain sesuai anda inginkan. Misalnya iniblogku.com. Gunanya domain sebagai alamat domain anda. Agar orang bisa mengetahui blog anda.

Memilih desain menarik untuk tampilan blog
Ada banyak tema atau desain blog yang disediakan platform cms blog. Seperti wordpress. Banyak theme gratisannya. Pilihlah yang menarik. Ringan sehingga cepat diakses pembaca atau pengunjung.

Membuat konten blog bermanfat dan berkualitas
Disini anda diwajibkan mengisi konten berupa tulisan. Perbanyak tulisan yang berkualitas. Menarik dibaca dan memberikan manfaat banyak orang lain. Dengan begini blog anda banyak disukai. Topik apa saja bebas. Baik asuransi, kesehatan, wisata, hiburan, film, musik dan lain lain.

Mempromosikan blog
Setelah anda menulis konten bermanfaat. Selanjutnya mempromosikan tulisan anda. Ada banyak cara mempromosikan blog anda.

  • Menggunakan sosial media. Jika anda memiliki banyak teman atau pengikut di akun media sosial anda. Gunakanlah sebagai tempat promosi artikel anda.
  • Grup wa atau teman-teman di wa anda.
  • Berkomentar di banyak blog sambil menitipkan alamat blog anda.
  • Memberitahu kepada banyak orang.
  • Submit blog ke situs search engine seperti Google.

Setelah blog tulisan anda menjadi lebih dikenal banyak orang. Disaat inilah anda mulai memikirkan mencari penghasilan. Lewat trafik kunjungan blog, ada banyak penghasilan anda keruk. Berikut penjelasannya.

Darimana sumber penghasilan blogger?

Ada banyak penghasilan dilakukan blogger di blognya. Anda bisa memilih salah satu atau menggunakan semuanya. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Menjual iklan atau penghasilan dari iklan
Memiliki pengunjung ribuan orang per hari ke blog anda sangat menguntungkan.

  • Anda bisa menawarkan pelaku usaha online untuk memasang iklan di blog anda. Berikan penawaran menarik. Dengan bayaran sesuai.
  • Menggunakan Google adsense juga lumayan penghasilannya.

Traffic blog wajib banyak ya. Jika tidak, pemasang iklan ogah pasang iklan di blog anda. Sama halnya seperti koran. Jika peminat membacanya sedikit, pemasang iklan tidak akan mau beriklan di koran tersebut.

Mengikuti afiliasi penjualan
Cara ini dimulai menjadi member sebuah web penjualan. Anda bisa googling daftar penyedia afiliasi penjualan. Disini anda membuat sebuah konten yang isinya mengarahkan pembaca jadi pembeli. Dari hasil penjual anda akan mendapatkan komisi. Besar jumlah komisi penjualan tergantung masing-masing penyedia afiliasi.

Menjual produk sendiri atau produk orang lain
Apa salahnya anda langsung menjadi penjual. Jika pengunjung blog melimpah, menjual produk seperti barang dan jasa sangatlah tepat. Anda bisa menjadi dropshipper dari supplier. Atau stok barang dagangan. Pilih yang membuat anda praktis.

  • Jasa atau layanan. Jika anda memiliki kemampuan yang dibutuhkan banyak orang. Anda bisa menjual jasa atau layanan anda menggunakan blog. Pasti banyak pembaca setia blog anda memilih jasa anda.
  • Membuat event. Memang jarang dilakukan blogger. Tapi ada baiknya anda mencoba sendiri. Yakni membuat acara temu penulis dengan pembaca. Disini anda bisa menggunakan tiket dan mencari sponsor event.
  • Menjual produk digital. Para blogger sering menggunakan ini. Menjual ebook berisi panduan-panduan. Lumayan juga hasil penjualan ini.
  • Membuat membership. Dari program member, anda bisa menetapkan tarif untuk mendapatkan konten premium dari anda. Cara ini disebut recurring income.

Begitulah kira-kira mencari uang di blog. Namun perlu anda ketahui. Membuat blog untuk menghasilkan uang jangan anda jadikan sumber pendapatan utama anda. Karena menghasilkan uang dari blog bukanlah dalam waktu singkat.

Perlu minimal 1 tahun. Itupun tergantung dari konten yang anda hasilkan. Serta kemampuan SEO anda. SEO adalah panduan membuat blog anda sering menjadi hasil pencarian di Google.

Tips

  • Ubah pikiran menghasilkan uang cepat dari blog. Tetapi mulailah dengan membuat konten bermanfaat dan menarik dibaca banyak orang di blog anda.
  • Blog bukanlah penghasilan utama. Jadikanlah penghasilan sampingan. Dan tidak perlu buru-buru mengerjakannya. Karena setiap menulis membutuhkan fokus dan pikiran tenang.
  • Memerlukan waktu dan proses panjang. Persiapkanlah mental dan kesabaran anda. Membangun sebuah blog terkenal sangat banyak berkorban waktu.
  • Buatlah blog 1 topik. Artinya membahas 1 pembahasan. Seperti blog kesehatan, blog hiburan, blog game, blog film, blog bisnis, blog asuransi, blog review dan lain lain.
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply