Langkah Cerdas dalam Memilah Berita Hoax Seputar Corona Covid-19

Situasi di Indonesia belum begitu stabil. Terdapat kepanikan dari beberapa warga akibat wabah covid-19. Itulah sebabnya masyarakat harus pandai untuk mencegah kepanikan minimal dari keluarga sendiri terlebih dahulu. Selanjutnya diedukasi kepada masyarakat sekitar.

Mencegah kepanikan sebetulnya cukup mudah. Dicari terlebih dahulu sebab apa yang membuat panik. Seperti berita, ekonomi, atau apapun yang Terkadang framing media juga bisa menyebabkan kepanikan. Lihat juga : Perbedaan Physical Distancing Dengan Social Distancing

Terlalu melebih-lebihkan yang lebih dan mengurangi yang kurang. Hal itu semata hanya untuk menarik penonton. Meskipun terkadang clickbait juga sering menjadi momok yang meresahkan. Belum lagi jika hoax yang bertebaran di media sosial.

Untuk itu sebagai manusia dengan sedemikian akal yang diberikan tentunya perlu memilah mana berita yang benar, aktual dan bisa dipercaya. Mengingat hampir semua media berlomba menarik penonton, jurnalis pun terkadang juga bisa menjadi peran penting dalam framing media.

Banyak orang mengatakan bahwa dari situlah media bisa berkembang, namun bukan cara yang bijak jika memanfaatkan situasi dengan perseran berita hoax hingga framing media.

Langkah berikut ini bisa menjadi solusi untuk menentukan berita itu kredibel atau hoax. Baca juga: Cara Tepat Menulis Meta Description Pada Artikel

1. Budayakan untuk membaca keseluruhan berita. Ingat keseluruhan berita bukan berarti mengambil cuplikan dan menelan mentah-mentah berita tersebut tanpa berpikir.

Berita yang baik tentunya banyak mengutip sumber dan jelas. Berita hoax yang banyak bertebaran sebenarnya dilakukan oleh orang-orang yang malas membaca.

Padahal jika di cross check berita yang sebenarnya pun berbanding terbalik dengan fakta yang ada.

2. Menelusuri kebenaran dan sumber informasi. Hal ini cukup penting sebab jika tidak dari sumber yang jelas maka dapat dipastikan bahwa berita yang tersebar merupakan hoax.

Selain melakukan cek menggunakan mesin pencarian masyarakat juga bisa menggunakan fitur Hoax Buster yang terdapat di laman resmi milik KOMINFO. Hal ini tentunya cukup membantu persebaran hoax tentang wabah covid-19. Baca juga: Pengertian Cinta Semu Sebenarnya

3. Jika sudah menentukan dan ketahuan bahwa berita yang dibaca bersumber dari sesuatu yang tidak valid maka lebih baik memberikan penjelasan sederhana.

Artinya pihak yang sadar akan berita hoax minimal bisa memutus rantai persebaran hoax dengan penjelasan sederhana dan tenang yang bisa diterima kepada masyarakat luas.

Hal itu sebagai penenang yang bahkan pihak pemutus rantai persebaran hoax tidak mengetahui bahwa ia berjasa bagi banyak orang yang mudah sekali panik.

4. Mengedukasi sebagian pihak yang disinyalir mudah sekali termakan hoax dengan memberi tahu secara perlahan dan mengajarkan untuk tidak termakan hoax apalagi ikut menyebarkan.

Jika langkah ini sudah dilakukan dan masih ada segelintir orang yang tetap bebal dan ingin menggaduhkan situasi bisa menghubungi pihak berwajib untuk diberikan penanganan lebih lanjut.

5. Mengurangi kegiatan bermedia sosial. Media sosial menjadi sarang penyebaran hoax. Sehingga dengan mengurangi kegiatan tersebut masyarakat bisa terhindar dari berita yang tidak valid itu. Lihat juga: usir tikus dengan bawang merah

Leave a Reply