Peluang Usaha

Cara Berjualan Online Di Website Anda Sendiri

Kini semakin banyak orang berjualan online. Dan tidak jarang berakhir dengan kesuksesan. Sehingga usaha jualan online tetap menjadi pilihan nomor 1 untuk menghasilkan uang di internet. Selain itu ada banyak keunggulan dari peluang usaha ini.

Yang pertama, melakukan usaha berjualan online sangat cocok untuk orang yang memiliki banyak kesibukan. Melakoni bisnis jualan online tidak memerlukan banyak waktu.

Yang kedua, menjual barang di internet bisa dilakukan dimana saja dan waktu kapan saja. Upload produk mulai dari judul, deskripsi, harga dan beriklan bisa di rumah atau dari mana saja, selama koneksi internet bisa diakses.

Yang ketiga, berjualan online di website tidak menghabiskan banyak biaya atau modal. Hanya mengeluarkan modal kisaran sekitar 1-4 juta rupiah per tahun. Jika dibandingkan dengan menyewa toko, etalase, dan perlengkapan toko lainnya, sudah pasti lebih murah dengan membuka toko online sendiri.

Namun, tidak semua orang menganggap jualan online merupakan usaha yang mudah. Rata-rata orang gaptek yang tidak mau belajar. Dan cepat memutuskan bahwa peluang bisnis ini ribet dan sulit.

Modal Membuat Website Jualan Online

Seperti yang dibahas sebelumnya, modal yang dikeluarkan untuk membuat website jualan tidak mahal. Modal ini untuk digunakan membeli hosting, domain dan platform toko online yang akan digunakan. Berikut harga pembuatan toko online :

  1. Domain + Hosting + platform cms wordpress perlu modal 1-4 juta rupiah per tahun.
  2. Instagram salah satu media sosial populer yang bisa digunakan untuk berjualan online. Modal yang dikeluarkan hanya koneksi internet dan waktu upload produk.
  3. Shopify salah satu platform membuat website jualan dengan fitur lengkap dan pengoperasian yang mudah.
  4. Webpraktis salah satu situs yang menyediakan toko online pribadi untuk Anda dengan membayar sekitar 700 ribu per tahun.
  5. Jejualan merupakan situs penyedia toko online instan paling laris digunakan saat ini. Harga mulai 99 ribu per bulan.
  6. Marketplace juga bisa digunakan untuk berjualan online. Baik itu stok produk maupun dropship. Biaya mendaftar gratis, tapi ada potongan layanan sekitar 1,5 % s/d 5% dari harga produk. Pilihan marketplace bisa dimulai dari Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.
  7. Dan masih banyak lagi.

Pilih sesuai dengan menurut Anda yang bagus mana. Pada dasarnya semua platform yang disebutkan berfungsi sebagai website jualan online.

Setelah memilih dan cocok platform yang digunakan untuk berjualan online, selanjutnya menyiapkan produk. Produk apa sih yang memilik prospek bagus?

Menyiapkan Produk

Ada banyak yang bisa dijual di internet. Produk apa saja bisa. Lebih bagus lagi punya produk sendiri. Bagaiman jika belum punya produk sendiri? Tidak perlu khawatir dan resah gelisah. Kami akan memberikan solusi untuk produk apa sih yang bagus untuk dijual?

Pertama, tentukan produk yang dijual. Untuk menentukan produk mana yang bagus dijual dan memiliki peluang cepat laku. Memulai dengan browsing produk terlaris atau sedang trending di marketplace. Setelah itu, pilih produk yang sesuai dengan pengamatan Anda.

Disarankan memilih produk yang sering dibutuhkan dan digunakan dalam kehidupan sehari. Misalnya alat rumah tangga, pest control, alat dapur dan sejenisnya. Selain itu, mulailah dengan harga kecil. Artinya Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar.

Belilah produk dengan yang dijual murah dari supplier yang Anda pilih di marketplace. Stok sedikit saja. Minimal 10 pcs per jenis produk. Misalnya :

  • Untuk dispenser sabun cuci piring harga Rp. 10 ribu per pc, Anda stok 10 pcs.
  • Lap tangan harga 3 ribu per pc, stok 10 pcs.
  • Dan produk-produk yang terlaris atau sedang trending yang dijual murah dari supplier.

Utamakan produk yang jual di website jualan Anda beraneka ragam. Selalu pentingkan kelengkapan jenis produk. Anggap Anda sedang membuka minimarket sendiri. Namun yang dijual hanya produk terlaris atau trending saat ini.

Jika modal Anda sudah habis untuk biaya pembuatan web berjualan online, Anda bisa berjualan dengan sistem dropship. Di dalam usaha dropship, peran Anda hanya menjadi perantara antara supplier dengan pembeli Anda. Anda memark up harga dari supplier ke harga untuk jual ke pembeli Anda.

Dalam bisnis dropship, usahakan Anda tidak mematok keuntungan tinggi. Selalu fokus peningkatan jumlah produk yang terjual. Persentase mark up harga dilakukan dropshipper biasanya 5% hingga 30 %.

Penasaran dengan bisnis online dropship? Anda bisa mengetahui dan memahami bisnis ini secara detail di artikel Kiat Sukses Berjualan Dropship.

Memilih Supplier Terpercaya

Pastikan juga Anda telah mendapatkan supplier produk yang terpercaya. Setidaknya Anda memilik 3-4 supplier yang bisa Anda percayakan untuk kemajuan bisnis jualan online Anda. Kualitas supplier terpercaya ditentukan beberapa kriteria, seperti berikut :

  1. Harga murah.
  2. Pengiriman cepat.
  3. Aman.
  4. Mudah retur jika barang tidak sesuai atau rusak.

Rekomendasi mencari supplier bagusnya di marketplace. Alasannya, transaksi aman dan bisa komplain jika produk tidak sesuai atau rusak.

Promosi

Setelah website toko online Anda sudah jadi, produk sudah lengkap untuk dijual dan pemilihan supplier sudah dilakukan. Maka langkah selanjutnya adalah promosi. Rajin-rajin promosi. Bikin iklan semenarik mungkin dan selalu memberikan penawaran-penawaran menarik di iklan Anda.

Media iklan gratis yang bisa Anda gunakan dan terbukti bisa mendongkrak penjualan, Anda mencoba media sosial dan Pasang Iklan di OST Trading. Media iklan ini tidak menggunakan biaya. Gratis.

Untuk media iklan berbayar, Anda bisa mencoba beriklan di situs-situs portal besar yang populer di Indonesia, menggunakan selebgram dan youtuber terkenal, menggunakan Google ads atau Facebook ads dan sejenisnya.

Bingung membuat iklan yang baik? Pelajari cara membuat iklan terbaik di artikel Cara Mudah membuat Iklan Menarik.

Optimasi SEO

Jangan lupa mengoptimasi SEO website jualan Anda. Caranya sangat mudah. Dalam hitungan menit, langsung beres. Untuk mengoptimasi SEO web jualan Anda, Anda bisa mempelajari di artikel Cara Cepat Dan Mudah Praktek SEO.

Itulah tadi cara berjualan online di website sendiri. Sangat mudah untuk dilakukan. Yang sulit itu jika tidak mau belajar, memulai dan takut dengan kegagalan. Berjualan online bisa dilakukan dengan menggunakan komputer, laptop, hp dan smartphone.

Sekian dulu artikel peluang usaha ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-teman ya. Jika ada pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komentar. Pertanyaan langsung dijawab. Percayalah.

NB : Artikel ini berhubungan dengan artikel Hal-Hal Yang Perlu Disiapkan Membuat Toko Online dan artikel Solusi Mengatasi Toko Online Sepi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button