Shadow

5 Cara Ampuh Hindari Kebiasaan Memegang Wajah [Cegah Corona]

5 Cara Ampuh Hindari Kebiasaan Memegang Wajah [Cegah Corona]. Pemerintah selalu dan selalu menghimbau serta mengajak masyarakat untuk ikut membantu memutus rantai penyebaran wabah corona.

Penerapan physical distancing, menjaga imun tubuh, dan tetap berada di rumah saja jika tidak ada kepentingan yang begitu mendesak. Penyebaran virus ini seperti yang diketahui ialah melalui cairan dalam tubuh atau droplet orang yang terinfeksi.

Sehingga penting dipatuhi untuk selalu cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sebuah kegiatan. Jika tangan tidak higenis dan barangkali membawa virus tersebut lalu menyentuh wajah bukan tidak mungkin bahwa orang tersebut akan tertular wabah ini. Baca juga: Sejak Wabah Corona, Pembuatan Paspor Menjadi Lama.

Dikarenakan jika sudah menyentuh wajah virus akan dengan mudah masuk ke saluran pernapasan dan mulai menginfeksi. Maka dari itulah penting dan perlu diingat bahwa memegang wajah sangat dilarang jika tangan belum steril.

Namun, bagaimana jika sudah menjadi sebuah kebiasaan. Biasanya seseorang memiliki kebiasaan seperti memecah jerawat, menarik kumus di bagian dagu (untuk laki-laki) dan melihat kelopak mata.

Sehingga perlu adanya cara untuk mencegah seseorang menyentuh wajah sebelum steril atau mencuci tangan diatanranya ialah :

  1. Selalu diniatkan dan berhati-hati. Cara ini harus termindset dalam otak agar selalu sadar saat akan menyentuh bagian wajah. Apabila sudah terlanjur dan baru sadar setelah menyentuh wajah, segeralah mencuci muka dengan sabun dan niatkan agar tidak terpapar oleh virus corona. Baca juga: Gejala-Gejala Corona Dari Waktu Ke Waktu
  2. Menyibukkan tangan, cara ini juga terbilang cukup ampuh untuk mencegah seseorang menyentuh bagian wajah. Menyibukkan tangan bisa dilakukan dengan bermain gawai, bercocok tanam, memasak dan hal positif lainnya yang bisa dilakukan di rumah.
  3. Mengetahui pemicu tangan dalam menyentuh wajah. Perlu dipahami mengetahui hal tersebut bisa dilakukan pencegahan untuk kedepannya. Diambil contoh seperti memegang wajah lantaran jerawat. Hal ini bisa dihindari dengan menggunakan masker atau topeng saat beraktifitas. Namun, sebelumnya bisa dilakukan pembersihan atau perawatan wajah itu sendiri.
  4. Memberi memo atau catatan yang mudah terlihat. Cara ini untuk orang yang cukup susah mengingat. Sehingga perlu namanya catatan pada berbagai tempat misalnya pada kamar mandi, lemari kaca, bahkan di layar handphone.
  5. Menggunakan sarung tangan. Hal ini menjadi langkah terakhir dalam pencegahan seseorang untuk menyentuh bagian wajah. Dengan sarung tangan inilah seseorang akan menyadari dan bisa menyentuh wajah ketika sarung tangan itu dilepas. Namun, jika memikirkan dampak dan sedang berada di luar hal ini tentunya tidak akan dilakukan oleh masyarakat yang paham akan penyebaran dari wabah virus corona.

Paling penting dari poin-poin diatas ialah sebisa mungkin tidak dilakukan menyentuh wajah jika sedang berpergian. Karena kembali pada prinsip awal yakni lebih baik mencegah daripada mengobati.

Hal ini bisa memacu daya ingat jika terus-terusan muncul niat untuk tidak menyentuh wajah dan akan menjadi sebuah kebiasaan kelak jika wabah ini nantinya berhasil ditangani oleh Indonesia. Lihat juga: usir tikus dengan teh celup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *