Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Tanpa Capek Dan Cepat

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Tanpa Capek Dan Cepat. Sebelum melatih ikan cupang aduan. Ada baik anda mengetahui cara memilih ikan cupang aduan bagus. Lalu lanjut dengan latihan serangan dan stamina.

Pengenalan ikan cupang adu dan hias

Sebelum memulai, mari kita mengenal ikan cupang. Ikan cupang merupakan jenis ikan tropis. Dan Indonesia salah satu negara beriklim tropis. Jadi habitat cupang adalah iklim hangat ya.

Sejarah ikan cupang

Ikan cupang atau nama ilmiah nya Betta sp. Merupakan jenis ikan hias yang digemari banyak kalangan. Baik kalangan bawah, menengah dan atas. Termasuk semua umur. Kecuali bayi ya.

Konon sejarah ikan cupang dikenalkan oleh bangsa luar dari Indonesia. Ada yang menyebut ikan laga. Ada juga menyebut katong atau katuang. Juga mengatakan ikan tempalo. Bahasa inggris betta fighter untuk aduan.

Keunikan ikan cupang adalah ketika dihadapkan dengan ikan lain. Baik itu sejenis atau beda jenis. Ikan langsung mengelurkan sifat agresif. Atau bahasa daerah ngerok.

Keagresifannya dilihat dari pipi ikan terbuka. Dan sirip atas dan ekor juga mengembang. Nah disinilah keindahan bentuk tubuh ikan cupang.

Jenis ikan cupang

Ada banyak jenis ikan cupang di dunia ini. Termasuk negara Indonesia. Namun ada beberapa saja dipelihara. Dan hidup di alam liar. Seperti rawa-rawa dan kolam kolam liar.

  • Ekor pendek. Biasanya tidak ada yang istimewa dari bentuknya. Sering dijadikan aduan. Habitatnya paling banyak di alam liar.
  • Ekor panjang. Jenis ini biasanya dijadikan hiasan ya. Sering dijadikan ajang kecantikan warna, fisik mulai dari ekor dan sirip atas. Banyak sekali penggemar cupang hias. Jenis serit, plakat, halfmoon, full halfmoon dan istilah lain yang sering mereka ciptakan.
  • Cupang liar. Yang satu ini biasanya ditemukan alam bebas. Rawa-rawa atau genangan air yang banyak eceng gondoknya. Tapi ada yang sudah langka. Biasanya hanya kalangan khusus mengoleksi jenis cupang ini. Lain kali akan dibahas secara detail jenis cupang liar ya.
  • Terakhir jenis Cupang buatan. Tidak pembahasan lebih jelas untuk ini.

Memulai latihan stamina cupang aduan

Sebelum memulai latihan fisik cupang . Ada baiknya mengetahui kesehatan cupang aduan. Ini sangat penting. Karena latihan tidak berlaku untuk cupang sakit.

Berikut ciri-ciri cupang sehat yakni :

  1. Berwarna cerah. Yang pasti warnanya enak dilihat.
  2. Tidak kaget. Ini salah satu penyakit cupang aduan. Jika lihat ada benda bergerak dikit langsung kabur. Jika lihat lawan atau disebengi, ciut alias diam aja. Di artikel berikutnya saya akan membahas lengkap cara mengatasi bacol pada cupang.
  3. Agresif. Jika dihadapkan dengan lawan, langsung bereaksi dan galak. Ini menandakan sehat.
  4. Kotoran. Warna kotoran cupang hitam dan padat. Membentuk lingkaran atau tabung padat. Itu menadakan kondisi sehat.

Jadi jika kriteria ikan cupang sehat diatas tidak satupun ada di ikan cupang anda. Itu berarti sakit. Ikan sakit tidak perlu dilatih tetapi diobati.

Cara Merawat Ikan Cupang Aduan

Merawat cupang aduan membutuhkan ketelitian. Tapi sebelum itu, diperlukan rasa hobi sebelum merawat cupang. Pastikan anda sangat menyukai ikan cupang. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan saja.

  • Tempat cupang aduan. Cupang aduan seharusnya diletakkan di botol air mineral 600 ml. Bagian atas botol dipotong 1/4. Lalu isi air ketapang yang telah diaerasi minimal 24 jam dan dikasih garam dapur secukupnya. Jangan pernah toples cupang aduan berukuran besar, terlalu dalam dan berbahan kaca. Ini khusus cupang aduan ya. Informasi selengkapnya tentang ini bisa dilihat di : Tempat Tepat Untuk Cupang Adu
  • Pemberian pakan sebelum dijemur. Berikan makanan cupang 1 jam sebelum dijemur di bawah matahari.
  • Menjemur cupang. Cupang wajib dijemur di pagi hari. Jam pagi paling adalah antara jam 7 pagi sampai jam 9 pagi. Dan wajib dijemur di sore hari antara jam 3 sore sampai jam 5 sore.
  • Saat dijemur di terik matahari pagi dan sore. Pastikan anda mengecek suhu air.
  • Jika air tempat cupang hangat, langsung sebengi atau hadapkan ke lawan. Biasanya di deret dan diberi penghalang berupa kertas atau pastik. Penghalangnya ini dibuka biar bisa lihat lawan. Jika langsung agresif emosi dan memukul toples. Artinya cupang bisa dibawa ke dalam. Taruh ditempat sejuk atau tempat semula.
  • Biasanya setelah dijemur kotoran cupang bentuk padat dan hitam. Ini tandanya cupang sehat banget.
  • Di malam hari, pastikan tidak ada cahaya ruangan cupang aduan. Agar cupang bisa istirahat total. Biar kuat latihan keesokannya.

Setelah penjemuran cupan adu. Mulailah kita melakukan latihan fisik cupang aduan. Ada berbagai cara melatih akan dijabarkan disini. Pilihlah yang masuk akal.

Ragam Cara Melatih Cupang Aduan

Berikut akan dibahasa berbagai cara pelatihan cupang yang salah dan benar. Pastikan anda membaca dengan seksama. Karena dibutuhkan fokus anda agar tidak tersesat. Salah aturan, sudah pasti hasilnya gagal.

Saya akan membedah semua cara melatih cupang adu secara singkat disini. Teknik yang sering dilakukan awam dan expert juga ngaku pakar. Termasuk peternak jejadian. Langsung ahli dalam hitungan jam.

Menggunakan jantur

Jantur adalah plastik bulat panjang. Diberi ring untuk alat gantungnya. Biasanya berukuran paling pendek 50 cm. Ini biasanya digunakan sebagai latihan pernafasan. Sesuai dengan pengalaman. Panjang jantur itu ideal untuk latihan 180 cm – 200 cm.

Banyak orang menganggap melakukan latihan jantur adalah sebuah latihan mempersiapkan hari H cupang aduan. Ini informasi salah. Biasanya yang baru tahu menjadi lebih pintar. Jadi paling jago berikan nasehat kepada pemalas.

Jantur hanya melatih nafas dan membentuk otot pinggang cupang. Bukan melatih serangan. Saya tidak menganjurkan latihan ini. Tapi sering saya gunakan untuk menjadikan cupang menjadi cupang binaraga.

Bahkan ada yang saking jenius, jantur dibungkus dengan kertas hitam atau putih atau warna lain. Katanya agar semakin agresif kejam dan sadis. Itu salah ya. Justru ikan jadi penyakitan.

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Pemberian pakan cupang di jantur seperti biasa ya. 2 kali sehari dengan jumlah secukupnya. Ada banyak kelebihan dan kekurangan jantur.

Kelebihan jantur :

  • Tidak capek mengganti air ikan
  • Nafas cupang lebih bagus dan panjang
  • Bentuk badan cupang cepat berotot. Berotot bukan berarti kuat atau anti pukul ya.

Kekurangan jantur :

  1. Ikan menjadi lambat karena terlalu berotot
  2. Banyak penyakit.
  3. Stress bahkan jadi bacol.

Informasi selengkapnya tentang latihan ini bisa anda baca di : Cara Melakukan Latihan Jantur Cupang Adu Di Rumah.

Menggunakan toples besar dari kaca atau plastik

Cara ini merupakan cara kuno yang diwariskan dari orang-orang jaman dulu. Teknik melatih ini salah total. Dan banyak penghobi cupang aduan menjadi korban dengan cara ini.

Menggunakan 2 toples kue kering terbuat dari kaca atau plastik. 2 ekor cupang aduan. Setiap toples diisi air 3/4 nya. Lalu masing-masing toples diisi 1 ekor ikan cupang.

Alat latihan menggunakan toples kue kering :

  • 2 toples besar. Bekas penyimpanan cemilan kering bisa digunakan. Atau beli yang baru jika ga nemu bekasnya.
  • 2 ekor cupang aduan. Wajib ada ya.
  • 1 buah alat pengaduk. Biasanya terbuat dari lidi atau tongkat kecil. Diujungnya biasa diberikan plastik hitam atau karet hitam. Buat bikin emosi ikan. Biar jadi ngejar gitu.
  • Penghalang pandangan atau pemisah.

Cara prakteknya. Kedua toples diisi air latihan ( air latihan akan dibahas di artikel berikutnya ), lalu masukkan 1 ekor cupang di tiap toples. Kemudian sebengkan. Jika sudah panas n ngamuk masing masing cupang, langsung tutup pandangan dengan pemisah.

  • Setelah itu aduk air di toples jangan sampai kena cupangnya ya. Untuk toples pertama aduk sebelah kiri, sedangkan toples kedua aduk sebelah kanan. Saat arus airnya kencang, buka pemisah atau penghalang pandangannya.
  • Nanti masing-masing cupang akan mengejar. Seperti mau memukul, menggigit. Jika sampai memukul toples, aduk lagi lebih kencang. Lakukan latihan ini selama 30 menit. Setelah itu istirahatkan.
  • Intensitas latihan aduk toples biasanya dilakukan para ahli 3-4 hari. Diistirahatkan 2 hari dan keesokan mulai pertandingan.

Keburukan latihan cupang adu di toples:

  1. Ikan gampang kaget. Khususnya ikan cupang adu berkualitas jelek. Belinya murah. Atau usia muda. Paling gampang kaget.
  2. Resiko kena pukul pengaduk. Jika tidak hati hati, pengaduk akan memukul kepala, ekor, sirip. Perlu waspada banget. Jika tidak, ikan cupang aduan mahal yang dibeli, bisa bacol nanti. Kl sudah bacol, ya dipelihara aja di kolam ikan.

Jika ada pertanyaan tentang latihan toples cupang adu ini, langsung saja diskusikan di kolom komentar. Untuk informasi detailnya, akan saya bahas di artikel berikutnya.

Menggunakan ember besar dan dalam

Latihan ember besar cupang adu ini dilakukan setelah 2 jam penjemuran cupang. Pelatihan memang membutuhkan tenaga dan boros biaya tetapi hasil didapatkan sebanding.

  • Belilah 1 ember berdiameter minimal 40 cm dan tinggi 60 cm s/d 100 cm. Isi dengan air latihan sebanyak 3/4 dari kedalaman ember tersebut. Kemudian masukkan 1 ekor cupang aduan.
  • Diamkan dulu. Lalu masukkan cupang bacol atau tidak punya keberanian lagi ke dalam ember. Jadi dibayangkan seperti, cupang dilatih mengejar cupang bacol.
  • Saat cupang dilatih mengejar cupang bacol. Aduk pelan-pelan airnya, dan lama-lama makin kencang. Jika sudah kencang aliran airnya, cukup mengaduknya.
  • Biarkan dulu cupang dilatih mengejar beringas ke cupang bacolnya. Jika sempat terpukul cupang bacolnya, aduk lagi.
  • Lakukan latihan seperti selama 1 kali sehari selama 3-4 hari. Kemudian 2 hari istirahat. Keesokannya ke arena.

Kelebihan latihan cupang adu di ember :

  1. Nafas dan stamina kuat
  2. Pukulan lebih dahsyat
  3. Lebih ganas, cepat mengakhiri
  4. Tidak gampang kaget
  5. Sifat kanibal hewaninya lebih terekspos

Latihan Cupang Aduan Palai Pale Palei

Latihan pale ini sangat sederhana, Karena menggunakan alat yang mudah dijumpai. Gunanya menguatkan sisik dan otot. Bukan menguatkan gigi ya.

  • Wadah latihan seperti piring, mangkok, baskom dan wadah lainnya. Bahan bebas apa saja. Mau terbuat dari besi, kaca, plastik atupun benda padat lainnya. Permukaan jangan kasar ya. Jangan gunakan busa kasur ya. Nanti cupangnya tidur pulas.
  • Sedikit air. Air secukupnya. Atau ditakar dengan 1 sendok teh atau setengah sendok makan.

Setelah peralatan melatih pale cupang adu disiapkan. Mari kita mulai cara melakukan latihan pale

  • Siapkan wadah latihan lau basahi dengan 1 sendok teh air atau 1/2 sendok makan.
  • Lalu taruh cupang adu yang mau dilatih ke wadah tersebut.
  • Diamkan minimal 2 jam atau semalaman.
  • Kemudian masukkan ikan ke toples biasa digunakan.

Manfaat latihan pale :

  1. Menguatkan sisik
  2. Membetuk otot kuat
  3. Melatih kesabaran dan ketabahan cupang karena beban diterima akibat melompat-lompat di permukaan keras.

Kekurangan latihan pale :

  • Ikan stress
  • Kelalaian menyebabkan kematian. Jika latihan ini tidak diawasi maka akan ada dampak buruk terjadi. Seperti ikan melompat keluar wadah latihan, Kekeringan sampai mati. Dimakan cicak atau tikus. Digerogoti semut.

Untuk mengatasi ikan melompat keluar saat latihan pale, bisa ditutupi dengan baskom. Namun dengan adanya penutup, air latihan akan berkurang. Bisa dehidrasi ikannya lalu jatuh sakit. Kalau udah sakit, ga bisa dilatih lagi. Kalau sampai mati, yang ada penyesalan. Rugi banget ya. Udh beli mahal, eh pas latihan mati.

Penutup latihan cupang adu

Sebenarnya ada 1 latihan cupang adu lagi yang belum dijelaskan. Tapi jangan khawatir. Karena keburu ngantuk, artikel pelatihan cupang ini akan saya update dengan latihan terakhir paling dahsyat diantara latihan-latihan dibeberkan diatas.

Jika ada pertanyaan atau bahan diskusi, jangan sungkan-sungkan mengutarakan disini. Kolom komentar selalu terbuka untuk keluh kesah anda. Selamat mencoba.

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

4 Responses

  1. Ronald says:

    Apakah latihan palai di piring bagus? Ternyata begitu efek latihan di jantur ya. Nice info. Thanks

    • NikoGanteng1712 says:

      Latihan palai, pale, palei. Saya akan membahas tentang ini di artikel berikutnya.
      Sebenarnya sesuai pengalaman saya. Latihan ini sangat bagus. Namun bukan di piring, mangkok, baskom dan wadah penampungan lainnya. Baik itu dilakukan dalam waktu singkat atau lama. Apalagi dibiarkan semalaman. Ikan nanti melompat, lalu ditemukan dalam keadaan mati dikerubungi semut.
      Saya tidak menganjurkan latihan ini. Kebayang ga beli ikan mahal, lalu mati percuma.

Leave a Reply