Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Ke Dokter

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Anda dapat membersihkan karang gigi sendiri secara alami dengan cara dibawah ini

Membersihkan secara alami

  1. Rajin menggosok gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari. Dianjurkan menyikat gigi selama 2 menit. Selama 2 menit sikat gigi merata sampai bersih.
  2. Gunakan pasata gigi mengandung flouride. Dengan kandungan flouride di odol gigi membantu membersihkan gigi dan mencegah terjadinya plak pada gigi. Selain flouride, anda bisa memilih pasta gigi yang mengandung zinc citrate, pyrophospates dan triclosan.
  3. Flossing. Yakni dengan cara menggunakan benang khusus gigi untuk membersihkan sisa makanan pada sela-sela gigi.
  4. Cairan mouthwas. Cairan ini digunakan sebagai proteksi tambahan setelah menyikat gigi dan flossing. Selain itu manfaatnya menghilang bau mulut tidak sedap.
  5. Kurangi makan makanan manis dan bertepung. Kedua jenis makanan ini memicu bakteri mengeluarkan zat asam yang merusak kesehatan gigi.
  6. Kurangi merokok atau kalau bisa berhenti merokok. Merokok bisa menyebabkan timbulnya karang gigi. Meninggal noda di gigi, hingga gigi berubah warna menjadi kuning bahkan hitam kecoklatan.
  7. Baking soda. Selain digunakan sebagai bahan kue dan sebagai bahan pasta gigi, baking soda bisa juga memutihkan gigi. Yakni dengan cara sediakan 1 sendok makan baking soda, sejumput garam dan beri sedikit air. Lalu oleskan ke sikat gigi. Kemudian sikat gigi seperti biasa secara merata selama 2 menit. Lalu kumur-kumur. Lakukan cara ini dengan rutin agar mendapatkan hasil maksimal.
  8. Memakai kulit jeruk. Cara tradisional mampu menghilangkan karang gigi. Walaupun prosesnya lama tapi hasilnya terbukti memuaskan. Caranya ambil kulit jeruk, jangan lupa dibersihkan terdahulu. Lalu gosokkan ke gigi secara merata, kemudian diamkan semalaman. Lakukan cara ini menjelang tidur.
  9. Makan buah dan sayur. Buah yang dapat membersihkan karang gigi adalah apel dan melon. Sedangkan sayuran adalah wortel dan seledri. Selain bisa menghilangkan karang gigi, apel, melon, seledri dan wortel bisa mengurangi bau mulut tidak sedap.
  10. Mengunyah daun sirih dicampur sedikit cengkeh. Caranya siapkan 1 lembar daun sirih dan sebatang cengkeh. Lalu tumbuk sampai hampir halus, kemudian kunyah.

Efek buruk karang gigi

  1. Memberikan bau mulut tidak sedap.
  2. Membuat gigi berlubang.
  3. Mengakibatkan radang gusi atau infeksi.
  4. Periodontitis.Kondisi radang gigi yang parah, sehingga bisa menyebabkan gigi tanggal.

Catatan : Jika efek buruk karang gigi tidak sembuh dengan cara alami diatas, sebaiknya anda memeriksakan gigi ke dokter gigi. Tulisan artikel kesehatan gigi ini bersumber dari : liputan6.

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Baca juga : Jumlah Kematian Terbaru Disebabkan Virus Corona

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply