Cara Membuat Masker Di Rumah Untuk Mencegah Virus Corona Covid 19

Sebenarnya masker diperuntukkan bagi mereka yang benar-benar sakit agar tidak menyebarkan virus. Untuk yang sehat sebenarnya tidak perlu namun, perlu diperhatikan bahwa agar tetap menjaga jarak dari seseorang atau biasa disebut social distancing. Karena kelangkaan, ada baiknya mengikuti cara membuat masker di rumah dengan bahan yang mudah.

Menjaga jarak aman sekitar 1-2 meter agar terhindar droplet dari orang lain. Hal itu tentunya cukup membahayakan dimana sedang maraknya virus korona di Indonesia. Baca juga: Hasil Rapid Test Belum Bisa Memastikan Positif Virus Corona

Namun, tidak ada salahnya juga untuk mengenakan masker di tengah wabah ini. Dikarenakan edukasi masyarakat tentang covid-19 ini belum merata seluruhnya.

Ditakutkan terdapat segelintir orang yang terinfeksi namun tetap berjalan bebas tanpa mengenakan masker. Virus ini terdapat pada percikan air liur orang yang sakit ketika bersin, batuk, atau bahkan saat berbicara.

Sehingga pemerataan jumlah masker pada setiap daerah di Indonesia memang perlu. Langkah pemerintah sudah jelas akan hal itu, namun masih saja ada segelintir orang yang menimbun masker demi keuntungan pribadi.

Hal itu yang memang perlu diluruskan dan perlu kesadaran seluruh masyarakat. Harapannya hanya satu yakni Indonesia terbebas dari virus korona yang kehadirannya banyak meresahkan dan menjadi momok bagi Indonesia sendiri maupun dunia. Baca juga: Penyebab Utama Cacar Air Pada Anak

Untuk mengatasi kelangkaan masker covid 19 di Indonesia ini, ada baiknya untuk membuat secara mandiri yang disinyalir ampuh dan tidak kalah baiknya dengan masker buatan pabrik. Berikut alat dan bahan yang harus disediakan :

Alat

  1. Alat pelubang kertas
  2. Gunting

Bahan

  1. Klip atau penjepit kertas
  2. Kawat yang dilapisi plastik
  3. Kertas tissue
  4. Kertas dapur
  5. Karet gelang
  6. Selotip kertas – lebar 5 cm

Cara membuat masker pun cukup mudah. Berikut tata cara pembuatannya:

  1. Hal pertama yang dilakukan ialah menyeterilkan tangan dan seluruh peralatan yang akan digunakan. Untuk tangan bisa cuci tangan dengan baik dan benar. Peralatan jika memungkinkan disemprot dengan alkohol guna menghindari bakteri atau mikroorganisme lain yang mungkin menempel.
  2. Menumpuk kertas dapur menjad 2-3 lapis.
  3. Selanjutnya yakni menumpuk kertas tissue diatas kertas dapur.
  4. Setelah ditumpuk, lalu potong tumpukkan tersebut menjadi 2 bagian.
  5. Setelah itu letakkan selotip pada kedua ujung kertas dapur dan kertas tissue.
  6. Lubangi bagian ujung yang sudah diberi selotip tadi dengan alat pelubang kertas.
  7. Selanjutnya menyelipkan kawat diantara tumpukan kertas dapur dan kertas tissue dan pastikan betul untuk menempel.
  8. Langkah terakhir, mengikatkan karet gelang agar bisa ditempel di telinga dan bisa menempel erat pada permukaan wajah
  9. Masker siap digunakan.

Masker buatan ini sudah menjadi salah satu cara yang dilakukan di Tiongkok guna mencegah penyebaran virus korona atau covid-19. Baca juga : Cara Tepat Menangani Meningitis Pada Anak

tips membuat masker murah dengan bahan seadanya ini digunakan jika keadaan benar-benar mendesak dan masker sudah jarang beredar atau langka.

Membuat masker dengan bahan kain dan kapas masih diperbolehkan tetapi tidak untuk bahan yang terbuat dari plastik. Sebab plastik akan menghalangi sepenuhnya respirasi udara. Lihat juga: Usir tikus dengan lada

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply