Website

Cara Mempercepat Loading Website Untuk Pemula

Tidak bisa dipungkiri, cara mempercepat loading website harus Anda ketahui. Karena kecepatan loading website merupakan faktor penting dalam meningkatkan penjualan Anda. Selain itu juga menjaga pengalaman pelanggan agar selalu setia kepada website Anda.

Percuma memiliki website bisnis dengan tampilan wow dengan penawaran sejuta produk menarik tetapi memiliki kinerja loading web yang lambat. Bahkan calon pelanggan keburu menutup pikirannya untuk membeli produk di toko online Anda karena lelet diakses.

Jadi kecepatan website wajib Anda miliki untuk mengembangkan bisnis Anda di internet. Hal ini berlaku kepada pengusaha yang memiliki website sendiri.

Artikel ini ada hubunganya dengan artikel Cara Meningkatkan Penjualan Di website Bisnis.

Cara Agar Loading website Menjadi Cepat

Pembahasan artikel kali lumayan panjang. Tapi diusahakan sesingkat mungkin dan mudah dipahami. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan website. Dan di artikel ini hanya membahas faktor-faktor penting penyebab loading website sangat lambat. Berikut cara mengatasi website lemot :

Kualitas Server Hosting

Pilihlah server hosting yang berkualitas tinggi. Boleh pilih murah tetapi usahakan tetap mendapatkan kualitas yang bagus. Memilih server hosting yang bagus dimulai dengan memilih lokasi server yang sesuai dengan lokasi pengunjung atau target marketing bisnis Anda.

Jika targetnya pengguna internet di Indonesia, maka Anda harus memilih server hosting yang lokasinya di Indonesia. Saat Anda membeli hosting, pastikan bertanya ke perusahaan hosting tentang dimana lokasi servernya. Dan beritahukan juga server yang tercepat dengan harga murah yang bisa diakses cepat pengunjung dari Indonesia.

Dan jangan lupa tanya juga ke perusahaan penyedia hosting, pilih server dari litespeed. Sekarang ini server buatan litespeed memiliki performa kecepatan bagus dan banyak pebisnis online menggunakan server hosting dari litespeed untuk website mereka.

Untuk pilihan perusahaan penyedia hosting lokal terbaik, bisa Anda cek di Google ya. Jika Anda menanyakan hosting yang kami gunakan, kami menggunakan hosting dari Idwebhost. Maaf ya, bukan promosi. Selama menggunakan idwebhost belum ada kendala parah yang terjadi. Costumer service sangat cepat merespons.

Memilih Theme Website Yang Ringan

Pilihlah theme atau tema yang ringan untuk website Anda. Pilihlah dengan tampilan dan fitur sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak perlu memilih seperti tampilan situs-situs besar atau terkenal. Agar seperti kelihatan wow banget tetapi kecepatan website sangat lambat.

Sesuaikan dengan server hosting yang Anda gunakan. Anda tidak mungkin menggunakan mobil sedan untuk memamerkan dan memampangkan perabotan mewah rumah Anda di atas mobil. Sudah pasti akan menjadi berat dan mobil menjadi rusak.

Sama seperti dengan penggunaan theme berat yang tidak sesuai dengan kemampuan server hosting yang Anda pilih. Carilah theme yang ringan. Ada banyak theme yang ringan yang bisa di download gratis dari internet. Jadi hemat ya.

Mengurangi Penggunaan Plugin

Pemakaian plugin yang banyak dan over untuk tampilan serta fitur website, salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan website Anda. Jadi gunakan plugin yang diperlukan saja. Yang memiliki peranan penting.

Jangan lupa selalu mengupdate plugin. Plugin yang tida terupdate dengan benar akan membuat website Anda lemot. Hindari plugin page builder. Biasanya plugin seperti banyak memakan bandwidth server.

Mengurangi Script Iklan

Pada bagian hanya berlaku untuk blogger ya. Blogger yang mengandalkan penghasilan dari konten-konten yang dibuat berupa artikel. Seperti website seperti toko online dan jasa tidak menyediakan slot atau media iklan. Karena merka fokus pada penjualan.

Hindari penggunaan script iklan khusus banner-banner iklan. Dengan banyak script iklan di website akan menyebabkan proses permintaan atau proses request http. Semakin banyak permintaan seperti ini, membuat pekerjaan server hosting semakin berat.

Menghapus File Sampah

Jangan lupa selalu membersihkan sampah atau trash pada website Anda. Mulai dari postingan, kategori, draft, komentar, gambar, user dan password. Berlaku juga untuk plugin yang tidak aktif. Jika tidak aktif segera delete.

Dengan menghapus dan delete file sampah atau tidak berguna lagi akan mengurangi kapasitas database website. Jangan lupa melakukan ini ya. Karena bisa mempercepat loading website Anda.

Itulah tadi cara mempercepat loading website Anda. Yang gunanya meningkatkan pengalaman pengunjung Anda. Sehingga menciptakan calon-calon pelanggan yang memiliki prospek tinggi membeli produk di website Anda. Bagaimana? Mudah sekali bukan?

Mempercepat kecepatan loading website merupakan langkah mengoptimasi SEO website. Dengan melakukan ini Anda bisa melakukan optimasi SEO sendiri tanpa bantuan ahli SEO. Jika belajar dasar seo, bisa belajar dari artikel Belajar SEO Untuk Pemula.

Mau tahu seberapa cepat loading website Anda? Gunakan tools ini : https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Sekian dulu artikel cara mempercepat loading website ini. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, gunakan kolom komentar di bawah artikel ini. Jangan lupa share ke teman-teman ya.

Artikel ini bagian dari artikel Fungsi Kecepatan Website Dalam Situs Bisnis Online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button