Cara Memulai Bisnis Desain Logo Grafis Profesional Modal Minim

Cara Memulai Bisnis Desain Logo Grafis Profesional Modal Minim. Pernahkah Anda mendengar sebuah jasa pembuat logo?. Mungkin jasa yang satu ini tidak tarasa asing bagi Anda. Jasa pembuat logo memang bisa berkecimpung di dunia digital maupun non digital.

Namun, karena adanya pergerakan zaman menuju era yang lebih berkembang, pembuatan logo hampir 90% berada di dunia digital.

Jasa ini diminati oleh berbagai orang, komunitas atau perusahaan untuk memberikan simbol terhadap usaha mereka.

Untuk itulah jasa ini begitu penting dan keberadaanya sangat dicari. Bahkan untuk satu proyek saja, jasa ini bisa meraup keuntungan hingga jutaan.

Hal tersebut juga bergantung pada kesulitan dan makna yang terkandung dalam logo tersebut.

Untuk itulah sebenarnya banyak kelebihan dari jasa pembuat logo, diantaranya ialah :

  1. Modal yang dikeluarkan tidak begitu besar
  2. Keuntungan yang didapat bisa tembus jutaan dalam sekali project
  3. Bisa dilakukan dimana dan kapan saja tergantung mood Anda
  4. Risiko dalam pekerjaan juga terbilang kecil
  5. Termasuk jenis usaha yang cukup vital, karena semakin banyaknya bermacam usaha yang menginginkan simbol untuk usahanya tersebut.

Lihat juga:

  1. Peluang Usaha Pangkas Rambut Modal Minim.
  2. Tips Memulai Usaha Sedotan Bambu.
  3. Tips Menjalankan Usaha Jahit Di Rumah.

Berbicara kelebihan pasti terdapat kekurangan dalam usaha yang dijalankan.

Seperti jasa desain logo ini memiliki kekurangan yakni, Anda harus pandai memberi filosofi yang baik pada logo yang Anda buat.

Artinya sebuah tanggung jawab besar suatu pekerjaan ini. Selain itu, jika tidak diiringi dengan usaha yang maksimal, akan sulit untuk mendapatkan pelanggan.

Nah oleh karena itu, perlu adanya strategi khusus dalam mengatasi kendala tersebut.

Berikut tips sukses dalam usaha jasa desain logo :

Dalam langkah awal usaha ini, perlu sebuah niat dan tentunya bisa memposisikan dirinya ke arah profesional.

Artinya sudah pasti dalam usaha ini perlu yang keahian di bidang ini. Mengerti betul ilmu-ilmu desain logo. Mulai dari aplikasi yang dibuat, filosofis yang terkandung, jenis-jenis logo dan sebagainya.

Terdapat setidaknya ada 5 jenis logo yakni logo teks, indeks, ikon, dan logo simbol serta logo khas/campuran.

Selain itu Anda juga dituntut untuk paham betul tentang pembuatan logo yang baik dan efektif, diantaranya :

  1. Tidak membuat gambar begitu realistis. Maksudnya logo harus memiliki tingkat abstraksi yang tinggi. Gambar perlu disederhanakan namun, tetap dapat dipahami konteks logo tersebut.
  2. Membuat logo dengan ukuran yang simetris dan terbilang simpel untuk kebutuhan logo responsive dan adaptif.
  3. Fokuskan bentuk logo dalam keadaan mentah tanpa efek atau warna apapun. Hal tersebut bertujuan agar memudahkan proses percetakan pada media apapun.
  4. Memastikan logo tersebut tetap terlihat diatas latar belakang berwarna gelap, terletak di tengah dan logo terlihat terang. Apabila tidak memungkinkan, pastikan untuk membuat varian khusus guna ditempatkan diatas background warna hitam dan gelap.
  5. Hindari bentuk-bentuk yang terlalu umum seperti bentuk panah, lingkaran, segitiga dengan diberi bayangan dan sebagainya. Apabila Anda ingin menggunakan bentuk seperti itu, berikan sentuhan menarik yang membuatnya unik atau pun sesuatu yang terkait dengan ciri-ciri yang diberikan oleh penyewa jasa.

Analisa Usaha dan Modal Usaha

Analisa usaha dalam jasa ini sebenarnya untuk mengetahui seberapa untungnya yang didapat. Dengan melibatkan modal awal, biaya operasional dan sebagainya tentu Anda dapat mempunyai gambaran tentang jasa desain logo ini.

Berikut analisa usaha yang bisa dijadikan referensi usaha Anda.

Jenis Peralatan dan OperasionalBiaya Keluar
LaptopRp. 5.000.000
Pen tabRp. 500.000
Paket data / internetRp. 100.000
MouseRp. 100.000
Listrik Rp. 100.000
TotalRp. 5.800.000

Dalam kaitannya dengan usaha ini, akan lebih baik jika Anda memberikan ongkos jasa yang sesuai dengan kerumitan dan makna yang begitu dalam pada logo tersebut.

Berikan harga terbaik, bisa dicontohkan apabila Anda menerima job dengan waktu pengerjaan 3 hari dan Anda memberikan ongkos sebesar Rp. 300.000.

Maka selama 1 bulan Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 3.000.000 dan dipotong biaya operasional sebesar Rp. 200.000 (internet & listrik).

Sehingga keuntungan bersih sebesar Rp. 2.800.000. Waktu balik modal Anda jika diperhitungkan bisa kurang dari 5 bulan.

Promosi Maksimal

Promosi bisa dengan apa saja, bisa dengan media sosial bahkan media massa. Namun, dalam hal ini lebih disarankan untuk mempromosikan usaha dengan media sosial.

Gunakanlah media sosial apa saja dan mintalah orang terdekat Anda untuk ikut membantu promosi. Sebelum promosi dilakukan alangkah lebih baik Anda untuk membuat portofolio hasil kerja Anda.

Sehingga penyewa jasa akan lebih tertarik untuk menggunakan jasa Anda. Selain itu promosi bisa dengan menggunakan website. Banyak tata cara untuk membuat website mulai dari yang berbayar dan tidak berbayar. Gunakan sesuai kebutuhan saja.

Lihat juga:

  1. Tips Peluang Usaha Salad Rumahan.
  2. Peluang Usaha Laundry Rumahan.
  3. Peluang Usaha Keripik Mustofa Rumahan.

Kejar Pelanggan

Langkah ini dimaksudkan ialah untuk menjemput bola, bukan untuk menunggu bola datang, sederhananya seperti itu. Terkadang pelanggan cenderung akan melelang job ini.

Nah, disitulah Anda juga harus aktif untuk menghasilkan uang. Ikutlah berbagai sayembara untuk mengasah kemampuan dan menilai kualitas Anda dengan para pesaing.

Dengan begitu penghasilan Anda juga akan bertambah dengan adanya berbagai kontes desain logo. Hasilnya pun cukup besar, oleh karenanya Anda dituntut untuk serius dalam pengerjaannya.

Peningkatan Pelayanan

Nah, langkah ini apabila Anda menerima pelanggan dari promosi Anda. Layanan yang diberikan bisa berupa tutur bahasa yang sopan, respon yang cepat, dan waktu pengerjaan yang tepat jadwala atau sesuai dengan kesepakatan dua belah pihak.

Selain itu, pertajam kualitas Anda dan berikan harga yang terbaik. Dengan begitu akan membuat pelanggan puas dan tidak menutup kemungkinan pelanggan, bahkan rekan pelanggan akan mencoba jasa Anda.

Mintalah review atas hasil pekerjaan dan kritik serta saran. Agar Anda bisa terus membangun usaha Anda dan tetap mengevaluasinya. Sehingga akan berdampak positif untuk jasa Anda.

Dengan gambaran demikian Anda perlu untuk berusaha maksimal dan sungguh-sungguh. Hal tersebut semata-mata hanya untuk hasil yang maksimal pula.

Demikianlah artikel Cara Memulai Bisnis Desain Logo ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan ke teman-teman, kerabat dan orang-orang Anda kenal. Selamat mencoba.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *