Peluang Usaha

6 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Untuk Anda

Akhir-akhir ini bisnis online menjadi primadona di kalangan masyarakat. Banyak yang mendadak jadi pengusaha di online. Semua ini karena himpitan ekonomi semakin berat dan sesak. Salah satunya bisnis online shop baju.

Berjualan baju memang memiliki masa depan yang bagus. pasalnya baju merupakan kebutuhan pokok manusia. Sehingga permintaan pasar terhadapa produk pakaian tetap menjadi laris manis. Tapi apakah Anda tahu cara memulai bisnis online shop baju?

6 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Untuk Anda

Untuk memulainya, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum terjun bebas di bisnis pakaian online ini. Dan juga membutuhkan persiapan berupa pengetahuan tentang produk, media digunakan untuk berjualan online, promosi online, resiko dan tips mengatasi masalah seputar jualan baju online serta hal-hal lainnya.

Belum lagi cara menghadapi persaingan di dunia bisnis baju online. Jumlah pemain dalam bisnis baju di internet sangat banyak. Baik itu pemula atau pemain lama. Belum lagi persaingan menjadi sulit karena bersaing dengan pemain yang memiliki modal besar.

Tapi jangan khawatir dan lemas duluan, karena di artikel akan diberitahu rahasia sukses menjalankan usaha baju online. Mulai dari nol hingga bisnis Anda berkembang menjadi besar. Berikut cara memulai bisnis online shop baju untuk pemula :

1. Memahami Produk

Sebelum memantapkan dan memutuskan untuk usaha baju online, ada baiknya Anda memahami betul produk pakaian yang akan dijual. Mulai dari bahan, kualitas, desain yang sedang trend atau desain tidak ada matinya. Selain itu, tentukan target pasar Anda. Apakah ditujukan untuk semua gender, wanita, pria, anak-anak dan lansia.

Kemudian pahami juga kerusakan yang akan terjadi pada produk. Mulai dari penyimpanan dan perawatan produk. Ada beberapa jenis bahan pakaian harus disimpan di udara sejuk, misalnya loh.

Anda bisa membuat produk sendiri mulai dari pemilihan bahan dan desain. membuat produk sendiri lebih bagus daripada membeli dari supplier.

2. Riset Pasar

Pahami permintaan pasar. Mulailah melakukan riset di internet. Jenis baju apa yang sedang laku di pasaran. Cek semuanya mulai pakaian wanita, pria, anak, dan lansia. Juga baju kantoran, pesta, formal dan sejenisnya.

Sebagai saran, selalu menjual yang sedang trend. Ikuti perkmebangan yang lagi digandrungi masyarakat. Lengkapi koleksi jenis baju yang akan dijual sesuai dengan permintaan pasar yang laris. Stok sedikit-sedikit tetapi koleksi jenis pakaian lengkap di toko online Anda.

3. Memilih Supplier

Setelah meriset permintaan pasar, kemudian mencari supplier baju terpercaya. Sempatkan waktu Anda untuk memilih yang bisa dijadikan partner bisnis dalam jangka lama. Tidak usah terburu-buru.

Anda bisa mencari supplier baju di sekitar wilayah Anda tinggal atau mencari di internet. Tentukan mana yang menurut Anda lebih mudah.

Akan lebih baik lagi jika menemukan supplier pakaian melalui internet khususnya dari marketplace. Alasannya, Anda bisa menjadi reseller dan dropshipper. Setidaknya cara ini bisa memangkas modal produk yang Anda keluarkan. Terutama menjadikan Anda sebagai dropshipper baju online.

Tugas Anda sebagai dropshipper hanya menjadi perantara dari supplier dengan pembeli Anda. Sangat banyak penjual memilih sebagai dropshipper karena :

  1. Tidak perlu stok produk.
  2. Tidak repot packing dan pengiriman produk.
  3. Modal dikeluarkan sedikit.

Tugas Anda sebagai dropshipper hanya memasarkan produk pakaian dari pemasok ke pembeli Anda. Jika Anda bisa menjadi reseller dan dropshipper dalam waktu bersamaan, sudah pasti keuntungan semakin besar Anda dapatkan.

4. Membuat Website Penjualan

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan online shop. Buatlah website penjualan dengan domain yang mudah diingat dan beli hosting yang berkualitas bagus. Serta juga memilih platform website penjualan mulai dari tampilan produk, fitur pembayaran, jasa kurir dan ongkos kirim dan memiliki kecepatan loading yang cepat.

Kisaran dana untuk membuat online shop sekitar 2 – 4 jutaan setahunnya.

Bingung membuat online shop baju? Anda bisa memulai membuat toko online sendiri dengan membaca panduannya di artikel Cara Membuat Toko Online Cepat Laris.

Bagaimana jika tidak memiliki modal untuk membuat toko online?

Solusinya yakni membuat toko online di situs marketplace, Daftar untuk membuat akun, verifikasi lalu membuat toko. Setelah pajang produk yang akan dijual. Dengan menggunakan marketplace Anda menghemat jutaan rupiah. Namun kelemahan yang dirasakan :

  1. Mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku di marketplace.
  2. Pembayaran lebih lama.
  3. Persaingan tinggi.
  4. Jumlah produk yang dijual dibatasi.

Sedangkan keuntungan berjualan di marketplace :

  1. Anda tidak perlu memerlukan cara untuk berpromosi karena di marketplace sudah disediakan fitur promosi yang ditargetkan kepada pengunjung marketplace. Fitur promosi disediakan berbayar. Harga beriklan minimal 50 ribu.
  2. Gratis membuat toko online.
  3. Transaksi lebih aman karena menggunakan pembayaran pihak ketiga.

5. Menentukan Harga Jual

Gunakan hitungan yang rasional dan membuat produk Anda cepat terjual. Tentukan harga yang sesuai dengan norma-norma kenormalan. Yang penting bisa untung dan terjual cepat. Tidak perlu mark up harga tinggi-tinggi. Setidaknya 5% dari harga supplier, sudah menguntungkan.

Jika bisa menjual setiap hari, tentu dalam 1 bulan hitungan 30 hari, keuntungan bersih bisa mencapai 150% dari modal produk yang dikeluarkan.

Menentukan harga produk bisa dihitung dari harga jual pesaing Anda di internet. Jangan banting harga, tetapi Anda bisa turunkan harga dengan sedikit saja. Agar bisa bersaing dengan pesaing.

Jangan lupa menetapkan harga grosir atau harga khusus untuk pembelian dalam jumlah banyak. Serta potongan harga atau diskon. Biasanya harga murah paling sering dicari orang.

6. Promosi

Promosi diwajibkan untuk Anda yang memiliki online shop baju. Kegiatan mempromosikan tujuan utamanya memperkenalkan produk yang dijualn ke masyarakat luas khususnya pengguna internet.

Anda bisa menggunakan media sosial untuk promosi gratis. Seperti :

  1. WA ( Whatsapp )
  2. Facebook
  3. Instagram
  4. Twitter
  5. Dan media sosial lainnya.

Selain media sosial Anda jadikan tempat ajang promosi online, Anda bisa memasang iklan di situs-situs lain. Salah satunya di OST Trading. Anda bisa memasarkan produk dengan iklan gratis ke ribuan orang per harinya. Sepuasnya tanpa dibatasi asalkan isi iklan tidak sama.

Anda bisa memulai promosi online shop baju Anda di OST Trading di halaman Pasang Iklan Gratis. Di halaman tersebut, Anda mengisi kolom judul dengan maksimal 140 karakter dan deskripsi produk 8000 karakter. Anda juga mengupload gambar produk di halaman pasang iklan tersebut.

Buatlah iklan dengan desain yang bagus dan, kata-kata yang menarik minat membeli. Jangan pernah berbohong di iklan Anda. Memberikan isi iklan yang tidak sesuai kenyataan. Dalam iklan selalu utamakan menjelaskan manfaat dan kualitas produk Anda.

Jangan pernah sepelekan promosi atau iklan ya. Karena promosi atau iklan salah satu alat terpenting dalam pemasaran produk Anda.

Bingung memulai promosi online? Anda bisa memulainya dengan membaca artikel Tips Promosi Online Jitu Di Internet.

Itulah tadi 6 cara memulai bisnis online shop baju. Gunakan cara-cara ini untuk mendapatkan penjualan pakaian online laris manis dalam waktu singkat.

Sekian dulu artikel bisnis ini. Semoga bermanfaat. Jika ada yang mau ditanyakan, jangan sungkan menggunakan kolom komentar di bawah ini ya. Jangan lup share ke teman-teman.

Lihat juga : Cara Berinvestasi Anti Gagal Untuk Pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button