Website

Cara Mendaftarkan Situs Website ke Google

Hi, guys. Tema kali adalah belajar SEO, khusus cara mendaftarkan situs website ke Google. Banyak pemilik website, bingung bagaimana mendaftar url website ke Google. Untungnya ada artikel ini, yang akan membantu.

Panduannya juga cukup mudah untuk dipraktekkan.

Apa Akibatnya Jika Situs Website Tidak Didaftarkan Ke Google?

Yang pasti website Anda tidak akan ditemukan di Google. Selain itu, situs Anda tidak akan mendapatkan trafik organik dari mesin pencari khususnya Google.

Situs Anda tidak terdaftar di Google adalah kerugian terbesar. Karena Google merupakan wadah promosi gratis, yang memiliki target pasar cukup besar di Indonesia. Pengguna Google di Indonesia mencapai 100 juta setiap hari.

Kebayangkan, jika 1% dari jumlah pengguna tersebut menjadi pengunjung website Anda? Berapa keuntungan yang Anda dapatkan?

Cara Mendaftarkan Situs Website ke Google

Berikut tahap-tahap cara mendaftarkan situs website ke Google :

1. Langkah pertama memulai dengan mendaftar link atau url website Anda di Google Search Console. Di bagian ini, Anda wajib mendaftar dan memiliki akun Google terlebih dahulu. Agar bisa menggunakan GSC ( Google Search Console ).

Setelah itu daftarkan url website dengan menggunakan menu Add Property yang terletak pada menu sebelah kiri. Lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Cara Submit Website ke Google Search Console

Pada kotak merah sebelah kanan gambar, ganti dengan url website Anda. Setelah itu nanti akan ada konfirmasi dari GSC ke email Anda. Berupa petunjuk untuk memasukkan variasi url website Anda. Yakni dalam variasi http://, https://, http://www, dan https://www.

Lalu masukkan juga peta situs Anda yang berektensi .xml. Dengan cara klik menu sitemap di sebelah kiri, kemudian masukkan url sitemap website Anda. Lihat gambar di bawah.

Submit Sitemap Dalam belajar SEO

Jika masih bingung dengan bagian submit sitemap di GSC, langsung saja tanyakan di kolom komentar ya. Mana tahu ada yang bingung dengan alamat url peta situs website. Jangan sungkan-sungkan bertanya. Malu bertanya, stress melanda.

Setelah itu, saatnya menunggu. Tunggulah bot Google mengindex semua link di dalam website Anda. Mungkin membutuhkan 2 hari hingga 2 Minggu. Tergantung konten situs Anda. Bisa juga paling cepat hitungan jam. Lamanya bot Google mengindeks website tidak bisa ditentukan. Mungkin saja bot Google libur dulu atau lagi jam istirahat. Sabar ya.

Cara ini salah satu solusi untuk mengatasi situs web tidak terindeks di Google.

Itulah tadi belajar seo dasar. Dengan memiliki pengetahuan dasar seo, Anda tidak perlu menyewa jasa seo untuk mengurus optimasi marketing website Anda di Google. Tapi ada pelajaran basic seo harus juga Anda ketahui. Terutama dalam pembuatan konten berupa artikel di website Anda.

Harga jasa seo itu mahal dan hasilnya pun tidak selalu maksimal seperti yang diharapkan. Stop, menggunakan jasa orang lain jika modal ngepas. Jika bisa sendiri, kenapa tidak? Optimalkan semua dengan biaya murah. Cek disini >>> Berapa Harga Jasa SEO Sebenarnya?

Penasaran dengan memilih jasa seo, cari tahu dengan seksama di >>> kumpulan artikel jasa seo

Mengenal SEO

Apa itu SEO? Dan apa fungsinya? SEO adalah teknik optimasi meningkatkan kunjungan website dari mesin pencari atau search engine. Selain meningkatkan kunjungan, SEO juga berfungsi menempatkan website di nomor pertama atau halaman pertama di mesin pencari dengan keyword yang ditentukan.

Misalnya, Anda memiliki website dengan bisnis konveksi. Anda pasti ingin website konveksi Anda menjadi nomor satu atau berada di halaman pertama mesin pencari. Nah berarti keyword yang ditargetkan haruslah berhubungan dengan konveksi. Sebagai contoh keywordnya “bisnis konveksi”.

Maka, setiap pengguna mengetikkan “bisnis konveksi” di mesin pencari, selalu ketemu dengan website Anda. Nah itulah gunanya SEO. Berfungsi menjadi website di peringkat pertama dengan keyword yang ditentukan.

Oh ya, ada juga yang berpendapat bahwa seo adalah sebuah tindakan yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan struktur dan konten pada situs Anda.

Manfaat SEO

1. Meningkatkan kunjungan atau traffic visitor ke website.
2. Menjadikan website menguasai keyword yang diinginkan.
3. Meningkatkan penjualan bisnis.

Manfaat SEO masih berhubungan dengan marketing online. Karena memiliki satu tujuan. Yakni memasarkan atau mengenal sesuatu ke banyak orang. SEO hanya berperan seperti yang disebutkan tadi hanya menggunakan website atau situs.

Jadi bisa disimpulkan SEO merupakan bagian teknik marketing di dalam dunia digital saat ini. Yakni era digital 4.0. Dimana semuanya didigitalisasi. Semua industri menggunakan digital. Baik itu untuk sebagai kantor online dan memasarkan produk.

Peran Penting SEO

Membahas tentang peranan SEO di dunia marketing sudah pasti sangat penting. Terutama jika Anda mengandalkan website sebagai pemasaran online bisnis Anda. Marketing dengan biaya gratis dan terbukti berhasil meningkatkan kemajuan bisnis Anda. Gunakan SEO. SEO berperan penting untuk popularitas website Anda.

Dengan belajar seo dasar,Anda juga bisa menghindari pengeluaran besar untuk biaya pasang iklan di website iklan. Untuk apa mengeluarkan iklan jika website Anda bisa menghasilkan trafik kunjungan yang banyak per harinya dengan optimasi seo sendiri.

Selanjutnya adalah membuat konten-konten menarik berupa artikel sesuai dengan niche website Anda. Untuk panduan menulis artikel silahkan cek disini >>> Cara Menulis Artikel SEO

NB : artikel berkaitan dengan artikel Manfaat Tags Untuk SEO Dan Website.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button