Marketing

Cara Meningkatkan Pelanggan Dan Penjualan Produk Bisnis

Lagi menjalankan bisnis online atau jualan online? Jumlah pelanggan makin sepi atau segitu-gitu saja? Yuk simak artikel dengan pembahasan cara meningkatkan pelanggan di bisnis online Anda. Baik itu penjualan produk atau jasa di internet.

Apa itu Bisnis Online?

Bisnis online tercipta karena adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat di abad ini. Bisnis online merupakan sarana untuk mencari pundi-pundi penghasilan dari menjual produk atau barang tanpa harus bertemu dengan pelanggan secara langsung.

Pengertian lainnya adalah sebuah kegiatan cara promosi atau menawarkan barang dan jasa yang dilakukan melalui internet. Dampaknya, bisnis ini memiliki tantangan yang sangat berat, yaitu bagaimana cara menaikkan jumlah pelanggan secara signifikan.

Kunci dari meningkatkan jumlah pelanggan adalah bagaimana bisnis anda dapat muncul dipermukaan dengan nama brand yang baik. Pelanggan memiliki penilaian masing-masing untuk produk dan jasa apa yang ingin mereka peroleh.

Dengan kata lain, berilah sesuatu yang menarik namun sesuai dengan kebutuhan para pelanggan anda.

Jumlah pelanggan yang anda miliki mengindikasikan bahwa bisnis yang anda jalankan berhasil atau tidak. Hal itu pula yang mendasari bahwa meningkatkan penjualan kepada pelanggan adalah tujuan paling penting bagi bisnis secara umum.

Terlebih, bisnis online yang bersifat “come and go” atau datang dan pergi membuat bisnis akan terasa sangat dinamis dan menguntungkan.

Tata Cara Meningkatkan Pelanggan

Saat mulai berbisnis, pasti anda akan menawarkan barang atau jasa yang anda miliki untuk digunakan oleh orang lain di sekitar anda. Begitu pula saat anda berbisnis online.

Bisnis ini memiliki kemampuan untuk menggaet sejumlah pelanggan tanpa batas yang melihat iklan atau promosi yang anda lakukan untuk bisnis anda.

Pelanggan bisnis online sangat beragam dan dinamis. Meningkatkan jumlah konsumen pada bisnis online merupakan tantangan yang cukup menguras tenaga dan kreatifitas anda.

Oleh sebab itu, berikut kami ulas beberapa tips dan tata cara untuk meningkatkan jumlah pelanggan secara signifikan dan mudah.

Tata cara dibawah ini dapat digunakan untuk segala jenis bisnis, mulai dari bisnis online kecil hingga perusahaan bisnis online yang besar. Penggunaan internet merupakan kunci dalam melaksanakan semua bisnis online.

Namun kesempatan dalam mendapatkan pelanggan merupakan hasil dari kreatifitas dan kerja keras dari bisnis yang anda jalani.

Berikut ini kami rangkum tata cara meningkatkan jumlah pelanggan dengan mudah dan cepat versi carihargamurah.

  • Gunakan Platform Bisnis yang Anda Kuasai
  • Susun Strategi Marketing Online
  • Lakukan Penjualan dengan Jujur
  • Aktif Menunjukkan Testimoni Pelanggan
  • Perbanyak Metode Pembayaran
  • Tingkatkan Kecepatan Website dan Halaman Bisnis Anda

Mari kita bahas satu persatu tata cara yang disebutkan di atas.

Gunakan Platform Bisnis yang Anda Kuasai

Membuat platform bisnis dalam dunia digital adalah sebuah pondasi paling utama yang harus anda miliki. Platform bisnis dapat berupa web, marketplace, ataupun media sosial.

Anggap saja platform bisnis digital tersebut merupakan toko yang harus anda hias dan rawat demi memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan anda.

Platform bisnis terbaik yang dapat anda gunakan untuk media berjualan adalah WordPress, Instagram, Facebook, Marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dsb).

Dalam bagian ini, yang perlu ditingkatkan :

  1. SEO atau search engine optimization pada website Anda. Bagi Anda pemula yang belum mengetahu seluk beluk seo, ada baiknya memahaminya di artikel >>> Belajar SEO.
  2. Iklan. Rutin dan rajin-rajin mempromosikan produk bisnis Anda. Pilih situs iklan yang terpercaya. alau mahal tetapi hasil bisa meningkatkan penjualan, kenapa tidak? Atau mau coba yang iklan gratis, bisa menggunakan website OST Trading sebagai situs iklan Anda. Segera promosikan produk Anda di halaman >>> Pasang Iklan.
  3. Beriklan di marketplace. Sediakan budget iklan di marketplace yang Anda jadikan tempat jualan online. Biasanya hitungan biaya iklan di marketplace adalah hitungan klik. Minimal pembelian saldo iklan adalah Rp.50 ribu.

Susun Strategi Marketing

Strategi marketing dapat digunakan untuk menarik banyak pelanggan. Strategi ini sangat cocok digunakan untuk bisnis online yang sedang melakukan promosi dan juga pengenalan produk baru.

Dengan melaksanakan strategi marketing, bisnis anda akan diketahui oleh masyarakat umum. Dengan memberitahu pengguna awam tentang produk anda, niscaya pelanggan baru pun akan berdatangan untuk bisnis yang anda kerjakan.

Saat anda menentukan strategi marketing yang sangat penting. Jangan lupa menggunakan data dan fakta yang jelas dan akurat. Banyak aplikasi penunjang penting seperti Google Analytics yang dapat membantu anda melihat data yang anda dapatkan dari para pengguna awam yang melihat iklan atau promosi marketing anda.

Anda bisa mendapatkan informasi seputar pengunjung harian, penjualan, produk mana yang paling dilirik, dan halaman apa saja yang membuat bisnis anda dilihat banyak orang.

Bagaimana memulai menyusun strategi pemasaran? Anda bisa mengetahuinya di artikel Cara Menyusun Strategi Pemasaran.

Lakukan Penjualan Online dengan Jujur

Saat anda melakukan kegiatan bisnis online, anda harus memastikan bahwa produk yang anda jual memang benar-benar nyata dan sesuai dengan foto yang anda iklankan.

Pastikan barang dan jasa yang anda miliki tidak cacat dan kurang dari segi apapun. Dengan melakukan penjualan dengan jujur, anda bisa mendapatkan pelanggan yang loyal dan juga anda bisa mendapatkan testimoni terbaik dari para pelanggan anda.

Jangan pernah mencoba untuk berjualan tidak jujur. Baik itu berupa produk fisik maupun jasa. Lakukan apa adanya. Jelaskan produk Anda dengan apa adanya tanpa ada karangan indah yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Ada banyak penjual seperti ini dimarketplace. Dan akhirnya, penjualan berkurang bahkan nihil.

Aktif Menunjukkan Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan merupakan komentar atau saran dan kritik yang dapat anda gunakan sebagai senjata saat melakukan bisnis online.

Testimoni pelanggan yang positif tentunya akan mempengaruhi penilaian calon konsumen awam yang membutuhkan produk anda.

Pastikan anda meletakkan testimoni pelanggan anda di halaman yang dengan mudah dapat diakses oleh calon pelanggan baru, contohnya letakkan di halaman produk, landing page, atau mungkin di halaman website utama dan media sosial toko anda.

Perbanyak Metode Pembayaran

Pelanggan anda merupakan entitas yang paling dinamis dan memiliki banyak sekali perbedaan. Tak dipungkiri pula mereka memiliki cara pembayaran yang berbeda.

Ada yang menggunakan kredit card, debit, atau bahkan Paylater dari pinjaman online.

Pastikan anda memiliki semua fitur pembayaran tersebut, agar sistemasi pembayaran anda tidak terkesan minim dan tanpa pengalaman.

Sediakan berbagai macam metode pembayaran seperti ATM beda bank, Transfer M-banking, Gopay, OVO, Shoppepay, dan lain sebagainya.

Dengan menambahkan metode cara pembayaran, pelanggan anda akan dengan mudah berbelanja dengan hati yang tenang dan tanpa keribetan. Untuk itu, pelanggan baru akan sangat senang bila berbelanja melalui bisnis online anda.

Perbanyak Metode Pengantaran Barang

Memiliki berbagai opsi pengantaran barang merupakan suatu keunggulan bisnis online. Anda dituntut untuk memberikan akses cepat untuk pelanggan. Sehingga pengantaran barang yang cepat juga akan menjadi nilai plus bagi bisnis online anda.

Saat mengetahui bahwa bisnis yang anda jalankan sangat dinamis dan mudah dijangkau, saat itu pula para pelanggan baru akan berbondong-bondong untuk meningkatkan penjualan bisnis anda.

Pilihlah kurir yang sering digunakan dan disukai para pelanggan. Atau kalau bisa aktifkan kurir yang memiliki sistem tracking online. Dengan begini, para pelanggan bisa mengetahu status pengiriman secara online. Berikut kurir yang sudah mendukung sistem tracking online :

  • JNE
  • Tiki
  • Sicepat
  • Ninja Express
  • J&T
  • Wahana
  • Pos
  • Rex
  • Antar aja

Tingkatkan Kecepatan akses Website atau Halaman Bisnis anda

Para pengguna tidak akan senang apabila halaman bisnis anda terasa lemot saat diakses. Meningkatkan kecepatan akses website akan memberikan pengalaman baik untuk para pelanggan. Sehingga mereka akan dengan senang berbelanja di toko online anda.

Menurut riset yang dilakukan Google, hampir sebanyak 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang memiliki loading page lebih dari 3 detik.

Jika Anda menggunakan template atau theme untuk tampilan website, sebaiknya pilihlah yang ringan. Kurangi pemakaian menggunakan plugin atau script tambahan. Karena itu akan memperlambat loading website.

Masih bingung dengan kecepatan website? Cek di artikel Cara Meningkatkan kecepatkan Loading website.

Maksimalkan Fitur Mobile Apps

Mobile Apps merupakan aplikasi yang dapat diakses melalui perangkat smartphone anda. Dengan memaksimalkan fitur ini, para pelanggan akan dengan mudah mengakses website bisnis online anda.

Karena perilaku pengguna internet di Indonesia sendiri mayoritas menggunakan handphone untuk mengakses internet. Dimana hal tersebut merupakan kegiatan paling praktis yang dapat anda gunakan untuk mempromosikan bisnis anda dari genggaman tangan para pengguna.

Menurut riset yang dilakukan oleh Google, hampir sebanyak 94% pengguna Internet di Indonesia menggunakan handphone untuk mengakses internet.

Menggunakan handphone untuk mengakses internet terbilang lebih mudah dan lebih cepat untuk diakses.

Oleh sebab itu, hal ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan jumlah pelanggan untuk bisnis online yang anda jalani.

Kesimpulan

Menambah jumlah pelanggan untuk bisnis online anda merupakan kunci paling penting untuk mendapatkan keuntungan. Dengan Langkah yang tepat, tidak mustahil bisnis online anda akan berkembang dengan sangat pesat.

Para pebisnis online juga harus selalu belajar untuk menjadi lebih dinamis dan mementingkan keperluan pasar. Jangan menjadi monoton dengan menjual beberapa produk unggulan namun tidak mengikuti zaman.

Perlu diingat lagi, bahwa di zaman modern ini, para pelanggan akan terus berdatangan apabila bisnis yang anda jalankan bersifat revolusioner dan berkembang sesuai dengan perkembangan waktu.

Konsistensi ketersediaan produk di pasar online juga harus dipertimbangkan demi memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Gunakan cara meningkatkan pelanggan yang dijelaskan sebelumnya. Praktekkan dan lakukan analisa. Sehingga Anda bisa menemukan kelemahan dalam proses menambah jumlah pelanggan bisnis Anda.

Itulah tadi sekilas tentang trik menambah jumlah pelanggan produk bisnis. Artikel ini memiliki kekurangan, tapi ada baiknya Anda memberitahu kekurangan tersebut dengan menggunakan kolom komentar. Atau jika ada pertanyaan, jangan sungkan menanyakan langsung dengan memakai kolom komentar di bawah ini. Langsung kami respons.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa share ke teman-teman informasi ini.

Lihat juga : 6 Usaha Online Yang Memiliki Persaingan Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button