Peluang Usaha

7 Cara Menjadi Admin Media Sosial Yang Handal Dan Profesional

Lowongan kerja sebagai admin media sosial kini semakin terbuka. Karena pada zaman digital seperti saat ini, penggunaan media sosial semakin meningkat. Tapi, apakah Anda tahu cara menjadi admin sosmed yang handal dan profesional?

Hampir setiap bisnis menggunakan media sosial, untuk memasarkan bisnisnya dan juga mencari target market mereka. Untuk bisa menjalankan media sosial dengan optimal, para pemilik bisnis membutuhkan seorang admin medsos.

Seorang admin media sosial adalah seseorang yang bertugas dalam mengoperasikan seluruh aktivitas yang ada di akun media sosial perusahaan tersebut.

7 Cara Menjadi Admin Media Sosial yang Handal

Sebagai admin medsos perusahaan, Anda harus dapat bekerja secara profesional dan maksimal. Supaya mendapatkan penilaian yang terbaik dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Berikut ini adalah 7 cara menjadi admin media sosial yang baik.

1. Mengetahui Tugas Admin Media Sosial

Anda harus mengetahui tugas pokok seorang admin sosmed. Ada 5 tugas seorang admin media sosial perusahaan. Yakni:

  1. Membuat konten.
  2. Menjaga akun.
  3. Menyusun jadwal.
  4. Berinteraksi dengan followers.
  5. Mengamati perkembangan media sosial.

5 tugas tersebut merupakan salah satu cara menjadi admin media sosial yang harus Anda miliki, sebelum menekuni pekerjaan ini. Yuk, mari kita bahas satu per satu kelima tugas admin media sosial ini.

A. Membuat Konten Media Sosial

Media sosial tidak jauh-jauh dari konten yang ditampilkan untuk mengundang audience, atau followers baru datang ke akun media sosial milik Anda.

Salah satu cara menjadi admin media sosial adalah mengetahui tugas utama Anda, yakni membuat konten untuk media sosial perusahaan. Namun, pada setiap perusahaan akan memiliki ketentuan mengenai tugas pembuatan konten yang berbeda-beda.

Ada perusahaan yang menggunakan jasa pihak ketiga, untuk membuatkan konten untuk media sosial mereka. Ada pula perusahaan yang menggunakan jasa admin media sosial mereka untuk pembuatan kontennya.

Namun, sebagai seorang admin media sosial tugas Anda tetap berhubungan, dengan konten yang ditayangkan di media sosial perusahaan terlepas dari, apakah perusahaan Anda menggunakan jasa pihak ketiga atau tidak untuk pembuatan kontennya.

Seorang admin media sosial bertugas merencanakan tema, atau topik konten apa yang akan mengisi halaman media sosial perusahaan tersebut. Bisa dikatakan Anda adalah orang yang bertanggungjawab, untuk mencari ide untuk tayangan yang ada di media sosial perusahaan.

Ide konten yang ditayangkan beragam bentuknya. Mulai dari giveaway, edukasi, infografis, tips dan trik, humor, video, hingga berita sehari-hari. Seorang admin media sosial dituntut untuk memiliki kreatifitas yang tinggi, agar konten yang ditampilkan dapat menarik minat calon pembeli yang melihatnya.

Selain itu, dalam pembuatan konten juga dibutuhkan skill khusus seperti membuat desain, mengedit video/foto, memotret, merekam video, dan lain-lain. Anda sebagai seorang admin media sosial harus memahami skillskill tersebut, agar tidak kaku ketika harus mengelola suatu konten.

B. Menjaga Akun Media Sosial Perusahaan

Media sosial memiliki password dan juga username, untuk keamanannya dari serangan hacker atau orang yang berniat jahat.

Sebagai admin media sosial, Anda akan diberikan tanggungjawab untuk menjaga keamanan akun media sosial perusahaan, dengan menjaga kerahasiaan username dan juga password akun media sosial perusahaan.

Sudah banyak kasus kejahatan yang menimpa perusahaan melalui peretasan, atau pembajakan akun media sosial mereka dan berakibat kepada sejumlah kerugian.

Jika Anda mengoperasikan sejumlah akun media perusahaan, pastikan Anda mencatat dan menyimpan semua username dan passwordnya, di tempat yang aman dan hanya Anda saja yang dapat mengaksesnya.

C. Menyusun Jadwal Konten

Selain membuat konten, admin sosial media juga harus menyusun jadwal untuk penayangan konten tersebut.

Performa media sosial yang baik adalah yang memiliki aktifitas konten yang rutin. Agar aktifitas konten bisa rutin, maka media sosial harus menayangkan konten setiap hari, atau secara rutin agar bisa dijangkau oleh banyak akun lain.

Penyusunan jadwal konten bisa Anda lakukan secara manual maupun otomatis. Untuk penyusunan secara manual, Anda bisa menuliskan jenis konten dan tanggal penayangannya.

Sedangkan, untuk cara otomatis yaitu dengan menggunakan aplikasi atau program khusus jadwal penayangan konten.

Anda bisa mengatur juga jenis-jenis konten yang ditampilkan setiap harinya. Pastikan agar jenis konten yang ditampilkan setiap harinya bervariasi, agar tidak membuat audience bosan melihat akun media sosial perusahaan Anda.

D. Berinteraksi Dengan Followers

Media sosial seperti namanya yaitu tempat untuk bersosialisasi dengan orang lain. Ketika akun media sosial perusahaan dapat berinteraksi dengan baik, maka akan memuaskan bagi calon pembeli yang masuk ke akun media sosial perusahaan.

Admin media sosial juga bertugas untuk menjalin interaksi dengan followers media sosial perusahaan. Tugas ini meliputi menjawab pertanyaan yang ada di kolom komentar/pesan pribadi, mengadakan siaran langsung, menyukai/mengomentari konten dari akun calon pembeli, dan lain-lain.

Sama seperti profesi admin pada umumnya, tugas admin media sosial adalah menjadi perantara komunikasi antara perusahaan dengan pembelinya. Sebagai admin media sosial, Anda harus memiliki respon yang tanggap ketika ada pertanyaan masu, terutama pada saat jam operasional perusahaan atau jam kerja.

Selain itu, Anda harus bersikap profesional dalam berinteraksi dengan para followers, atau audience media sosial perusahaan. Berkomunikasi dengan formal dan sopan, merupakan sikap profesional yang harus dimiliki oleh seorang admin media sosial.

E. Mengamati Perkembangan Media Sosial

Performa media sosial dalam menghasilkan konversi, dan juga penjangkauan terhadap calon pembeli dapat diamati dari perkembangannya.

Sebagai admin media sosial, tugas Anda adalah mengamati dan mengevaluasi perkembangan media sosial yang Anda operasikan. Perkembangan media sosial ini meliputi data interaksi, jumlah likes/comments/followers, jumlah reach, jumlah share konten oleh audience/followers.

Data-data tersebut harus Anda susun menjadi suatu laporan yang rapi, untuk diserahkan kepada perusahaan sebagai pertanggungjawaban Anda sebagai admin media sosial perusahaan.

Kenapa harus mempelajari tugas seorang admin media sosial?

Admin media sosial merupakan profesi yang tergolong baru karena kehadirannya juga tidak terlepas dari perkembangan media sosial dan kebutuhan bisnis di era modern. Namun, profesi ini juga sangat dibutuhkan oleh setiap bisnis yang mengelola media sosialnya.

Admin media sosial biasanya adalah seseorang yang memiliki kemampuan menggunakan media sosial dengan baik dan juga adaptif terhadap perubahan dan perkembangan teknologi yang ada yang kebanyakan berasal dari generasi milenial atau gen Z.

Pada zaman seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang mencari admin media sosial adalah kaum milenial atau gen Z, karena kemampuan mereka dalam menggunakan gadget dan media sosial yang lebih unggul dibandingkan dengan generasi yang lebih tua.

Profesi admin media sosial juga tidak bisa dianggap remeh, karena tanggungjawabnya untuk mengoptimalkan media sosial perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan konversi penjualan dan pemasaran.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang bingung dengan job description seorang admin media sosial. Ditambah lagi dengan zaman seperti saat ini dimana lapangan pekerjaan semakin sulit, maka seseorang yang akan melamar pekerjaan sebaiknya sudah membekali diri mereka dengan kemampuan dan pengetahuan yang cukup untuk bisa bersaing dengan para pencari kerja lainnya.

Jika, Anda adalah seseorang yang ingin melamar posisi sebagai admin media sosial di suatu perusahaan, maka artikel ini sangat tepat untuk Anda baca terlebih dahulu agar Anda semakin memahami tugas dari seorang admin media sosial.

2. Mengenali Perusahaan Anda Bekerja

Konten-konten yang akan dibuat oleh admin media sosial perusahaan, secara tidak langsung akan menjadi sarana untuk mengenalkan kepribadian dari perusahaan kepada calon pembelinya.

Agar konten-konten yang Anda buat relevan dengan karakter perusahaan tempat Anda bekerja, sebaiknya Anda mengenali sejarah dan latar belakang perusahaan terlebih dahulu.

Latar belakang perusahaan seperti visi dan misi serta perjalanan perusahaan sejak awal berdirinya, dapat menjadi inspirasi untuk konten yang akan Anda buat.

Selain itu, jika Anda memahami kepribadian perusahaan Anda. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kesalahan informasi pada konten yang Anda buat.

3. Mengenali Bisnis Perusahaan

Konten yang ditayangkan di media sosial perusahaan atau bisnis tidak jauh-jauh dari mempromosikan jasa atau produk kepada audience atau calon pembelinya.

Maka, sebagai admin media sosial Anda harus memahami produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Sehingga Anda dapat membuat konten yang mengarahkan pembeli untuk membeli produk perusahaan Anda.

Dengan mengenali produk dari perusahaan Anda, maka konten media sosial yang Anda buatpun dapat bervariasi dan semakin spesifik untuk calon pembeli, dan menghindarkan Anda dari kesalahan informasi pada konten yang Anda buat.

4. Mengenali Calon Pembeli

Agar dapat menjangkau calon pembeli yang tepat untuk bisnis perusahaan Anda bekerja, maka Anda harus mengetahui siapa calon pembeli atau target market perusahaan Anda.

Sehingga Anda dapat:

  1. Membuat konten-konten untuk media sosial yang relevan dengan mereka.
  2. Dapat menyesuaikan cara berinteraksi yang sesuai dengan target market perusahaan.

Misalnya, jika target market perusahaan Anda adalah ibu rumah tangga yang membutuhkan peralatan masak, maka Anda dapat menyusun konten yang berhubungan dengan cara masak atau menu masakan keluarga.

Gaya berkomunikasi Anda juga harus menyesuaikan dengan gaya berkomunikasi ibu-ibu rumah tangga, jika target market Anda adalah ibu-ibu rumah tangga.

Anda juga bisa menggunakan sapaan yang sesuai dengan target market Anda, seperti “moms”, “bund”, “sis”, “bro”, dan lain-lain untuk menciptakan keakraban dengan audiens Anda.

5. Profesionalitas

Ketika bekerja sebagai admin media sosial, Anda juga harus tetap bersikap profesional seperti profesi lainnya.

Apalagi jika Anda adalah seorang admin media sosial yang bekerja secara remote, dimana tidak ada yang mengawasi Anda ketika bekerja, maka Anda harus pandai-pandai mengatur waktu dan juga sistem bekerja Anda.

Bersikap profesional juga harus Anda lakukan ketika melayani berbagai pertanyaan dari media sosial, yang terkadang mungkin akan memancing emosi Anda jika pertanyaannya tidak sopan atau menyinggung. Namun, inilah tugas Anda untuk memberikan sikap yang baik dan sopan sebagai perwakilan dari perusahaan Anda.

6. Mengetahui Jam Traffic Media Sosial

Media sosial sama seperti jalan raya yaitu memiliki jam-jam kemacetan atau istilahnya traffic tertentu.

Jam-jam tersebut akan menentukan jangkauan dan interaksi terhadap konten yang Anda tayangkan di media sosial. Biasanya, jam-jam media sosial ramai digunakan yaitu pada jam makan siang yaitu jam 12.00-13.00, dan jam pulang kantor yaitu 18.00-21.00.

Nah, sebagai admin media sosial, Anda harus sigap dalam menggunakan jam-jam tersebut untuk menjangkau calon pembeli Anda.

Konten yang telah Anda buat, sebaiknya juga ditayangkan pada jam-jam traffic tersebut agar dapat dilihat oleh banyak audiens.

7. Kuasai Kemampuan Soft Selling

Berjualan di media sosial berbeda dengan berjualan pada umumnya, karena berjualan di media sosial membutuhkan teknik tertentu agar mendatangkan minat orang untuk melihat produk yang ditawarkan.

Soft selling sering diterapkan untuk berjualan di media sosial. Soft selling yaitu berjualan secara tidak langsung dengan cara bercerita atau mempromosikan produk dengan cara yang “halus” atau tidak terang-terangan.

Sebagai admin media sosial, sebaiknya Anda juga menguasai teknik soft selling ini, sehingga konten yang Anda buat tidak terkesan berjualan melulu.

Supaya Anda tidak bingung dengan jenis-jenis konten soft selling, Anda dapat melihat-lihat referensi dari berbagai akun media sosial kompetitor.

Selanjutnya >>> Lowongan Kerja Admin Sosial Media.

1 2 3 4 5 6 7Next page

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button