Peluang Usaha

7 Cara Menjadi Admin Media Sosial Yang Handal Dan Profesional

Interview Admin Media Sosial

Melamar menjadi seorang admin media sosial, juga harus melewati tahap wawancara kerja, atau job interview yang biasanya dilakukan oleh tim HRD perusahaan.

Anda harus menggali informasi yang lebih mendalam, mengenai apa saja yang akan ditanyakan kepada Anda ketika interview. Sehingga Anda dapat memberikan jawaban terbaik dan meyakinkan perusahaan yang Anda lamar.

Bagi Anda yang masih belum memiliki gambaran mengenai apa saja pertanyaan yang akan ditanyakan, ketika melamar sebagai admin media sosial, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Platfrom media sosial yang Anda kuasai

Pertanyaan ini biasanya diajukan, untuk mengetahui seberapa cakap Anda menggunakan media sosial. Selain itu, perusahaan juga ingin menilai wawasan Anda terhadap media sosial yang dikuasai, agar dapat diterapkan ke perusahaan.

Jawaban yang harus Anda berikan yaitu Anda menceritakan pengalaman dan kemampuan, yang Anda kuasai dari media sosial yang paling Anda pahami dan kuasai.

Kelancaran Anda saat menjawab, akan menentukan respon dari pihak interviewer . Interviewer akan menjadi yakin dengan Anda ketika Anda juga menjawab dengan yakin. Jadi berikanlah jawaban yang paling sesuai dengan kemampuan Anda mengoperasikan media sosial tertentu.

2. Platform media sosial yang paling cocok untuk bisnis perusahaan

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang umum ditanyakan kepada semua pelamar admin media sosial di setiap perusahaan.

Pertanyaan ini juga secara tidak langsung menuntut pengetahuan Anda terhadap identitas dan juga profil perusahaan.

Dengan mengetahui identitas perusahaan seperti bidang bisnisnya, sejarahnya dan pendirinya, target market perusahaan, dan citra perusahaan di mata masyarakat, Anda dapat memperkirakan jenis media sosial seperti apa yang sesuai untuk perusahaan tersebut.

Jenis media sosial yang sesuai dengan perusahaan akan memberikan manfaat kepada perusahaan dalam hal branding atau penyampaian citra perusahaan kepada target market yang tepat.

3. Pertanyaan contoh kasus

Sama seperti profesi-profesi lainnya, pertanyaan berjenis contoh kasus juga kemungkinan besar akan Anda terima dari interviewer.

Pertanyaan contoh kasus ini berupa pertanyaan seputar kejadian-kejadian tertentu yang mungkin akan Anda hadapi di lapangan sebagai admin media sosial dan memerlukan respon Anda yang tepat untuk menghadapinya.

Contohnya, pertanyaan mengenai bagaimana cara Anda menanggapi komplain dari seorang customer terhadap produk perusahaan. Melalui pertanyaan ini, interviewer ingin menilai pola berpikir dan sikap Anda dalam menghadapi masalah di bidang Anda.

Anda dapat mengumpulkan dan mendata referensi pertanyaan contoh kasus lainnya yang berkaitan dengan admin media sosial, sehingga ketika Anda mendapatkan pertanyaan serupa Anda siap menjawabnya dengan mantap.

4. Pengetahuan Anda seputar marketing digital

Tugas dari seorang admin media sosial tidak jauh dari pembuatan konten dan berinteraksi dengan calon customer. Namun, tidak menutup kemungkinan juga admin media sosial juga harus memahami sedikit banyak mengenai marketing digital.

Proses pemasaran melalui media sosial tidak terlepas dari marketing digital yang bervariasi bentuknya. Salah satu bentuk marketing digital yang sering digunakan untuk pemasaran bisnis yaitu melalui iklan.

Iklan di media sosial berbeda dengan iklan pada umumnya, sehingga membutuhkan kemampuan dan ilmu khusus yang harus dipahami sebelum beriklan.

Sebagai seorang admin media sosial, ada kemungkinan Anda juga harus menguasai pengetahuan seputar marketing digital dan nantinya akan bertanggungjawab dalam menghandle ikaln perusahaan di media sosial.

Tidak ada salahnya, Anda mulai mempelajari dan mempraktekan skill marketing digital seperti beriklan agar Anda memiliki pengalaman dan skill yang lebih lengkap lagi ketika ada pertanyaan yang berkaitan dengan marketing digital.

5. Pertanyaan simulasi

Pertanyaan simulasi ini mungkin juga akan ditanyakan kepada Anda untuk mengukur tingkat pemahaman dan penguasaan Anda terhadap media sosial.

Pertanyaan simulasi merupakan pertanyaan yang merupakan gambaran dari kejadian sesungguhnya. Misalnya, pertanyaan mengenai apa yang akan Anda lakukan pertama kali ketika menjadi seorang admin media sosial perusahaan tersebut.

Maka, jawaban yang bisa Anda berikan yaitu memberikan gambaran kinerja Anda secara garis besar sebagai seorang admin media sosial.

Anda juga bisa memberikan ide atau rencana baru untuk media sosial perusahaan yang ingin Anda terapkan untuk memperbaiki kualitas atau kinerjanya misalnya.

Dengan memberikan terobosan baru seperti itu, Anda bisa memberikan nilai plus yang akan dipertimbangkan lebih oleh interviewer.

6. Aplikasi atau program yang Anda gunakan

Sebagai seorang admin media sosial, pekerjaan Anda akan banyak berhubungan dengan aplikasi atau program mengedit foto dan video dan juga pengatur jadwal penayangan konten.

Anda kemungkinan besar akan ditanyai seputar aplikasi apa saja yang Anda gunakan untuk mengetahui skill yang Anda kuasai dalam menggunakan tools tersebut.

Semakin banyak tools yang Anda sebutkan, maka semakin kompeten Anda untuk menjadi seorang admin media sosial.

7. Kerjasama dengan pihak luar

Selain pembuatan konten dan menjalin interaksi dengan audiens, seorang admin media sosial juga sering berhubungan dengan proses promosi yang melibatkan pihak ketiga atau pihak luar seperti influencer.

Pertanyaan mengenai pengalaman Anda bekerjasama dengan influencer akan menentukan apakah Anda memiliki koneksi dan juga pengalaman yang dapat diterapkan untuk perusahaan tersebut nantinya.

Sebelumnya >>> Bayaran Seorang Admin Sosial Media.

Selanjutnya >>> Kesulitan Yang Dihadapi Sebagai Admin Sosial Media.

Previous page 1 2 3 4 5 6 7Next page

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button