Peluang Usaha

7 Cara Menjadi Admin Media Sosial Yang Handal Dan Profesional

Suka duka menjadi admin media sosial

Profesi admin media sosial sepertinya terlihat mudah karena tidak membutuhkan banyak tenaga untuk mengerjakannya. Hanya dengan modal laptop dan internet saja sudah bisa bekerja.

Namun, Anda perlu mengetahui bagaimana suka duka yang akan dihadapi jika Anda menjadi seorang admin media sosial. Berikut ini adalah penjelasan mengenai suka duka yang mungkin dihadapi oleh seorang admin media sosial.

1. Riset konten

Tantangan yang sering dihadapi oleh setiap admin media sosial yang bertugas dalam pembuatan konten yaitu riset konten.

Konten merupakan kekuatan dan daya tarik utama dari media sosial di mata para audiens atau followers.

Ide konten yang unik akan menjadikan media sosial Anda dilirik oleh banyak orang dan akan memiliki dampak positif bagi bisnis Anda.

Namun, sayangnya untuk membuat konten yang menarik membutuhkan kreatifitas agar bisa tampil unik dari konten-konten yang sudah ada.

Seorang admin media sosial dituntut untuk mencari ide konten yang unik dan tidak plagiat dengan konten yang sudah ada di media sosial.

Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda, terutama jika semua ide yang Anda miliki telah Anda keluarkan, maka Anda harus memutar otak untuk mencari ide baru.

2. Merespon pertanyaan yang kurang sopan

Seringkali media sosial menjadi sarana penyampaian berbagai jenis komentar dan pertanyaan yang kurang sopan dan tidak mengenakan.

Anda akan sering menghadapi berbagai model pertanyaan dan respon dari audiens media sosial yang terkadang menguras emosi Anda.

Sebagai perwakilan perusahaan, Anda harus menampilkan sikap profesional dan ramah dalam menanggapi berbagai pertanyaan dan respon dari audiens.

Hindari sikap emosional ketika menghadapi pertanyaan yang kurang sopan, karena ini juga merupakan tuntutan pekerjaan yang harus Anda jalankan.

3. Jam kerja yang fleksibel

Jam kerja admin media sosial pada sebagian perusahaan mungkin bersifat fleksibel dimana tidak ada jam operasional tertentu untuk admin media sosial menanggapi calon customer yang bertanya melalui media sosial.

Jam kerja yang fleksibel ini bisa membawa dua dampak bagi Anda. Dampak yang pertama yaitu Anda memiliki waktu yang banyak untuk bekerja, dan dampak kedua yaitu Anda juga dituntut untuk selalu responsif setiap waktu.

Tuntutan untuk responsif terkadang juga membuat Anda harus mau bekerja di luar jam kerja Anda. Misalnya, jika ada pertanyaan dari customer pada malam hari, Anda harus bersedia untuk menanggapinya.

4. Menghadapi berbagai model customer

Anda akan sering berhadapan dengan berbagai karakter customer sama seperti seorang customer service.

Anda juga harus siap untuk menanggapi dan bersikap terhadap setiap customer yang memiliki karakter yang berbeda-beda.

Terkadang, Anda juga harus siap untuk menjadi tempat penampungan suara customer terhadap bisnis perusahaan Anda. Misalnya, ketika customer memberikan komplain terhadap produk perusahaan atau saran untuk perbaikan pelayanan, maka Anda harus siap untuk menampung suara mereka.

5. Memiliki koneksi yang luas

Berurusan dengan berbagai pihak seperti influencer, fotografer, pihak marketing, dan lain-lain akan membuat Anda memiliki banyak kenalan di dalam maupun di luar perusahaan.

Koneksi yang banyak dan luas akan memberikan keuntungan untuk karir Anda kedepannya yang mungkin membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak.

6. Waktu istirahat yang fleksibel

Waktu kerja yang fleksibel membuat Anda juga dapat beristirahat kapanpun ketika Anda merasa lelah ataupun jenuh.

Hindari bekerja terlalu berlebihan ketika Anda merasa lelah terutama karena pekerjaan Anda mengharuskan Anda duduk di depan layar HP atau laptop dalam waktu yang lama.

Anda bisa menyelingi kesibukan Anda dengan melakukan kegiatan lainnya seperti berjalan santai ataupun melihat pemandangan di taman untuk mengistirahatkan mata Anda sejenak.

Sebelumnya >>> 7 Hal Yang Sering Ditanyakan Di Interview Admin Sosial Media.

Selanjutnya >>> Cara Membuat Laporan Admin Sosial Media.

Previous page 1 2 3 4 5 6 7Next page

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button