Cara Sederhana Menulis Artikel SEO Friendly Di Web dan Blog

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Cara Sederhana Menulis Artikel SEO Friendly Di Web dan Blog. Website atau blog memang sangat dibutuhkan saat ini. Penggunaannya selalu berhubungan dengan berbagai kebutuhan. Baik itu bisnis, pribadi dan organisasi. Tapi tanpa konten apalah arti semua itu. Untuk itu perlu anda belajar cara menulis artikel seo friendly.

Tidak semua mengerti akan arti dan manfaat SEO. SEO adalah search engine optimization. Dalam bahasa Indonesianya optimasi mesin pencari. Manfaat seo adalah menginput alamat web atau blog anda ke mesin pencari.

Sehingga banyak pelaku bisnis menggunakan jasa seo untuk meningkatkan kualitas performa banyak klik dari search engine. Dengan membaca artikel ini membantu anda mengerjakan optimasi seo blog sendiri tanpa bantuan orang lain. Salah satunya meningkatkan kualitas konten web atau blog.

Sehingga para pengguna internet yang mencari informasi lewat mesin pencari bisa menemukan domain web atau blog anda. Untuk memaksimalkan dan mempopulerkan web atau blog di mesin pencari, sudah seharusnya anda mmebuat konten bermanfaat.

Membuat web dengan banyak konten, semakin besar peluang bagi banyak pengguna internet mengakses website atau blog anda. Alias jumlah kunjungan meningkat ke web anda. Jumlah trafik kunjungan membuat website menjadi senjata ampuh untuk mempromosikan secara online.

Makanya banyak perusahaan-perusahaan menggunakan SEO sebagai alat promosi online paling jitu. Untuk itu, dari sekarang mulailah membuat konten yang memberikan informasi bermanfaat.

Konten yang dimaksud adalah artikel. Artikel bersifat informatif. Mampu memberikan panduan, berita terbaru ataupun pembelajaran. Menulis artikel online bisa dikatakan mudah-mudah susah. Hanya dibutuhkan fokus untuk memberikan penjelasan secara detail untuk 1 topik.

Lalu bagaimana cara sederhana menulis artikel seo friendly? Cukup mudah jika anda mengikuti petunjuk dibawah ini.

2 Cara Sederhana Menulis Artikel SEO Friendly

Kami sudah menentukan 2 cara yang tepat dan mudah untuk diterapkan, yaitu:

  1. Menulis artikel
  2. Mengikuti panduannya disini

Mudah sekali bukan. Hanya mengikuti petunjuknya disini dan menerapkannya. Yuk kita bedah secara mendalam. Isi artikel seo ini panjang. Siapkan yang dibutuhkan untuk membaca artikel seo ini.

1. Memilih tema artikel

Dalam pemilihan tema artikel sebaiknya menentukan keyword atau kata kunci yang ditargetkan. Setelah menemukan 1 kata kunci, rangkai dengan kata lain. Sehingga anda bisa membuat judul mengandung keyword utama artikel.

Jangan lupa memperhatikan jumlah persaingan kata kunci yang anda pilih. Untuk melihat besar jumlah persaingan, anda bisa mengetikkan kata kunci di kolom pencarian Google. Lalu akan muncul jumlah hasil pencariannya.

Contohnya jika anda membidik keyword ‘cara menulis artikel seo‘ maka hasil pencarian adalah 526.000 hasil. Artinya persaingan tidak terlalu ketat. Biasanya sudah mencapai jutaan hasil merupakan persaingan berat. Selengkap lihat gambar di bawah ini.

Cara Menulis Artikel SEO

2. Carilah keyword atau kata kunci yang menarik

Carilah keyword atau kata kunci yang menarik

Untuk urusan yang ini tidak terlalu wajib ya. Karena pengguna internet itu banyak, sudah pasti pencarian topik informasi berbeda masing-masing. Pencarian keyword atau kata kunci sesuaikan minat anda. Atau berdasarkan pengalaman pribadi. Bisa juga menurut eksprimen sendiri.

Tetapi anda bisa memilih topik yang sedang ngetrend saat ini. Berbau viral juga bisa. Apa saja. Itu bebas. Tidak diharuskan. Yang wajib hanya memilih 1 kata kunci utama.

Dari 1 keyword utama anda bisa mengembangkan dengan banyak kyword turunan. Contohnya seperti ini, pilihan keyword utama adalah ‘menulis artikel seo’. Lalu keyword turunannya bisa begini ‘cara menulis artikel seo’ atau ‘cara menulis artikel seo mudah’.

Variasikan sebanyak-banyak kata kunci utama. Katanya, seringnya muncul kata kunci utama akan memperburuk kualitas seo artikelnya. Jawabanya tidak ya. Tidak perlu memikirkan ini. Yang penting anda bisa menulis artikel sesuai dengan kata kunci lalu menerangkan dengan jelas sampai akhir.

Berikan manfaat sebenarnya dari maksud isi artikel yang anda tulis. Jika benar sangat bermanfaat, otomatis artikel anda akan terkenal. Informasi bermanfaat dari artikel anda akan disebar pembaca. Dari pembaca satu ke pembaca lain-lainnya.

3. Menggunakan bahasa yang enak dibaca

Tanyakan pada diri anda. Apakah artikel membutuhkan bahasa yang enak dibaca? Jawabannya pasti iya. Dengan membacanya enak, tentu semakin mudah dipahami dan diingat.

Apalagi dijelaskan secara detail pokok permasalahanya. Ditambah adanya tips atau solusi pembahasan. Ini membuat daya pikir pembaca semakin bersemangat menerapkan maksud dari artikel.

Seperti contohnya artikel panduan atau tutorial, informasi seputar wisata, tentang kesehatan, pendidikan, artikel website atau blog dan lain-lainnya.

Untuk mahir memilih bahasa menarik dibaca, lugas, mudah dimengerti atau dipahami. Sering-seringlah membaca. Referensinya bisa di cari search engine. Cari hasil pencarian paling atas. Biasanya posisi teratas memiliki nilai plus dan sering dibaca orang.

Disarankan menulis artikel layak dibaca berisi miimal 300 kata. Maksimal 1500 sampai 2000 kata. Jika bisa mencapai 2000 kata per artikel, akan mendapatkan nilai plus. Tetapi kalau bisa sertakan gambar pendukung. Agar semakin dipahami dan menarik di baca.

Jangan lupa menggunakan H1, H2, H3, dan H4 jika dibutuhkan. Pemberian heading ini untuk menerangkan judul, subjudul dan informasi tambahan.

Penggunaan bold dan italic jangan terlalu banyak. Italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah asing. Sedangkan bold untuk menekankan inti-inti pembahasan.

4. Penggunaaan focus keyword dan keyphrase

Penggunaaan focus keyword dan keyphrase

Jangan lupa menyebarkan focus keyword sewajarnya di sepanjang isi artikel. Lalu keyphrase secara merata. Biasanya focus keyword diletakkan pada Headings. Sedang keyphrase di sebar ke tiap paragraf.

Tetapi jika anda dipusingkan dengan penggunaan keyphrase. Hiraukan saja, fokus saja menulis. Namun untuk focus keyword wajib anda gunakan ya.

Jangan overdosis menggunakan focus keyword dalam artikel. Nanti pembaca yang membaca menjadi bosan karena sering berulang-ulang. Misalnya contoh focus keyword ‘menulis cepat‘. Lalu diterapkan ke artikel, dan muncul setiap paragraf. Itu namanya penggunaan sangat berlebihan.

5. Menambahkan gambar di artikel

Menambahkan gambar di artikel

Bukanlah rahasia umum, bahwa menambahkan gambar di artikel blog atau web agar semakin mudah dipahami. Usahakan gambar berkaitan dengan topik pembahasan dalam artikel.

Ukuran gambar sebaiknya diperkecil sehingga pembaca tidak mengalami loading page lama karena ukuran gambar besar. Cara compress gambar bisa dilakukan dengan menggunakan photoshop atau secara online. Compress gambar online bisa dilakukan di :

  • https://compressjpeg.com
  • https://kraken.io
  • https://tinypng.co

Ketiga website diatas memberikan alat compress foto. Sehingga membuat gambar menjadi ringan tanpa merusak kualitas. Gunakan layanan ketiga situs diatas, jika anda tidak tahu cara compress image di photoshop.

Pemberian alt image pada gambar. Ini wajib dilakukan. Karena mesin pencari seperti Google membaca gambar seperti tulisan melalui pemberian alt image.

Ini yang disebut optimasi gambar. Dengan melakukan optimasi seo gambar, maka setiap bagian artikel berperan penting di mata search engine. Walaupun tidak penting, tetapi optimasi image ini memberikan kunjungan ke artikel anda. Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar diatas.

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

6. Pemberian link internal atau link eksternal

Pemberian link internal atau link eksternal

Pemberian link di artikel banyak tujuan. Untuk mengarahkan ke link artikel dalam web atau blog anda. Dan menambah nilai artikel jika menambahkan link eksternal menuju website sumber yang berhubungan topik pembahasan di artikel.

  • Link internal sering digunakan untuk mempromosikan artikel lain di dalam blog atau web anda.
  • Link eksternal sering digunakan sebagian sumber tulisan anda. Atau sebagai dasar pengetahuan menulis sebuah pembahasan dalam artikel.

Kedua link memiliki fungsi berbeda-beda tetapi memiliki peran penting dalam penilaian konsep seo artikel. Selain itu membantu Google menilai kualitas artikel ditulis. Apakah itu berbobot atau karangan sendiri.

7. Mempersingkat url artikel

Mempersingkat url artikel

Sering penulis melupakan persyaratan mempersingkat alamat url artikel. Penulisan url permalink artikel seharus mengandung focus keyword dan singkat.

Contohnya anda menulis judul “cara mengatasi bokek karena kantong kering dan bolong’ maka permalink artikel menjadi : https://www.osttrading.com/cara-mengatasi-bokek-karena-kantong-kering-dan-bolong/. Ini terlalu panjang url.

Anda harus memendekkan url tersebut menjadi : https://osttrading.com/cara-mengatasi-bokek/.

Menurut sumber terpercaya, bahwa panjang url artikel maksimal 5 kata. Jika lebih dari 5 kata, maka secara otomatis Google akan memotong beberapa kata dari akhir.

Tapi peranan penulisan jumlah kata url tidak terlalu penting. Tapi wajib anda coba. Yang sangat penting itu, usahakan focus keyword berada di depan bukan di akhir.

8. Konten unik bukan pasaran

Konten unik bukan pasaran

Agar semakin dikenali dan mendapatkan banyak pembaca di online. Sebaiknya menghindari bahasa penjelasan. Karena menggunakan bahasa penjelasan membuat orang enggan membaca. Alasannya sebab tidak membuat orang penasaran. Buatlah konten unik. Jangan pasaran. Jika pasaran akan tinggi persaingan di Google.

Membuat headline penasaran sangat dibutuhkan untuk menarik minat membaca. Selain itu penempatan heading dalam artikel haruslah tersusun rapih.

Sesuaikan dalam urutan tepat. Setiap kerangka artikel tersusun dalam kerangka. Yakni pendahuluan, isi, akhir berupa tips-tips, atau mengajak pembaca melakukan sesuatu ataupun berkomentar.

Sebelum membuat artikel memang wajib membuat struktur artikel. Tetapi bagi yang terbiasa menulis, struktur artikel tidak berlaku. Namun bagi pemula ini wajib dilakukan. Karena peranannya membimbing penulis menjelaskan dari awal sampai akhir tanpa melenceng dari topik pembahasan.

9. Jumlah kata dalam paragraf

Jumlah kata dalam paragraf

Kebanyakan orang menulis langsung saja tanpa memperhatikan kenyamanan pembaca. Salah satu faktor kenyamanan membaca artikel online ada jumlah kata dan kalimat tiap paragraf.

Paragraf berisi 4-5 baris merupakan paragraf berbobot. Selain itu menjadikan artikel semakin mudah dipahami. Tanpa ada jeda, pembaca juga akan bosan. Berpikir kok panjang amat lalu menjadi bosan.

Seperti artikel online berisi ribuan kata dengan 1 topik pembahasan. Mereka selalu memberikan paragraf singkat. Paling banyak 5 baris. Jikapun ada yang lebih panjang, biasanya berisi penjelasan yang tak bisa diberikan sepenggal-sepenggal. Mungkin juga akan menjadi sulit dipahami jika diberikan jeda.

Menurut wikipedia bahwa dalam 1 paragraf itu terdiri dari 3 sampai 7 kalimat. Dan dalam 1 paragraf harus mengandung 1 topik pembahasan.

10. Memperhatikan relevansi konten dan spesifik

Ini memiliki relasi tentang focus keyword anda pilih. Jangan pernah memberikan tambahan yang tidak menyambung dengan focus keyword atau topik pembahasan.

Sebab Google dengan metode terupdatenya mampu membaca dan menganalisa artikel yang tidak sesuai mulai dari judul dan isi artikel. Gunakan lah konten relevan. Misalnya pembahasan mengenai blog kesehatan makanan begizi. Tetapi anda memperdalam informasi tentang dokternya. Ini kesalahan fatal.

Jangan pernah mengejar kunjungan dengan membohongi pembaca. Jika anda teruskan seperti ini, siap-siap saja jika Google tidak menganggap artikel anda ada.

Buatlah lebih spesifik sesuai tema artikel. Jika anda menemukan kesulitan merangkai kata. Simpan saja dalam draft. Lanjutkan setelah pikiran tenang.

11. Memberikan title dan description pada artikel

Memberikan title dan description pada artikel

Ini memberikan nilai pada snippet di hasil pencarian Google. Bisa juga digunakan sebagai kata-kata promosi agar menarik minta pengunjung Google untuk klik dan membaca artikel anda.

Trik ini lumayan berhasil menjaring banyak pembaca. Untuk title biasanya maksimal 60 karakter, sedangkan description 150 kata.

Penulisan title bisa berbeda dengan judul artikel tapi masih ada kaitan ya. Dan description diisi dengan makna singkat artikel. Atau bisa menggunakan bahasa promosi untuk menarik minat klik pengunjung.

Menggunakan plugin SEO sangat membantu mengisi title dan meta description ini. Bahkan mengakali secara aman juga menjadi mudah. Osttrading menggunakan All In One Seo Pack. Plugin memudahkan anda mengatur title dan description artikel blog atau web serta media sosial.

12. Mempromosikan artikel

Mempromosikan artikel ke media sosial

Setelah anda yakin bahwa artikel yang anda buat berguna bagi banyak orang. Langkah berikutnya adalah mempromosikan artikel. Tempat promosi biasa digunakan adalah media sosial.

Promosi artikel berarti mempromosikan blog atau web anda. Jika anda memiliki teman dan followers banyak di media sosial. Itu sangat baik sekali dijadikan tempat promosi.

Promosi di media sosial bukanlah teknik SEO. Karena konsep seo mengutamakan hasil dari mesin pencari bukan web media sosial. Atau istilahnya secara organik.

Namun bisa digunakan untuk mempromosikan dan mengenalkan konten terbau blog atau web anda. Juga meningkatkan jumlah kunjungan. Semakin banyak kunjungan, semakin tinggi nilai blog atau web.

Kesimpulan

Menulis artikel online berdasarkan kaidah seo diperlukan ketelitian. Tapi itu dulu. Sekarang ini Google hanya memberikan nilai plus untuk artikel berkualitas. Yang memberikan manfaat bagi pembacanya.

Jadi konsep seo dasar itu penting tapi tidak menjadi mutlak penting dalam artikel. Perdalam menulis artikel anda. Berikan pemahaman lebih detil. Memulai menulis artikel online bukanlah berdasarkan pemikiran mencari trafik blog ataupun menghasilkan uang cepat. Tetapi berguna bagi banyak orang.

Tetapi perlu diketahui, menulis bagus itu bakat. Namun belajar menulis bisa membuat menjadi penulis terbaik. Bagi anda tidak memiliki waktu senggang, bisa memilih solusi lain. Yakni menggunakan jasa penulis artikel online.

Tambahan: Penulisan artikel membahas seo ini ditulis berdasarkan pengalaman blogger sukses. Selamat mencoba.

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply