Inilah 3 Efek Buruk Olahraga Malam Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah 3 Efek Buruk Olahraga Malam Bagi Kesehatan Tubuh. Olahraga ialah suatu aktivitas guna meningkatkan kebugaran tubuh. Tidak jarang seseorang memiliki waktu yang berbeda dalam berolahraga berdasarkan kesibukan yang dialami. Bisa pagi, siang, sore, dan malam hari.

Berbagai kesibukan yang padat sering kali membuat seseorang tidak punya waktu berolahraga di waktu pagi, siang, dan sore hari. Sehingga banyak orang yang memilih untuk berolahraga malam-malam. Lihat juga: 10 Cara Menanam Selada Hijau Hidroponik Di Rumah

Olahraga ini bisa dari berbagai cabang. Seperti futsal, bulu tangkis, basket, dan sebagainya yang apabila dilakukan malam hari terasa lebih enak. Tidak jarang dilihat di lapangan, gedung olahraga, dan taman kota terdapat berbagai orang yang masih sering berolahraga malam.

Untuk anda yang sering dan bahkan menyukai olahraga di malam hari tentunya perlu waspada. Berolahraga memang menyehatkan, namun jika dilakukan di malam hari dan tidak tahu waktu bisa berakibat buruk pada tubuh.

Hal ini mengingat akan jam biologis pada tubuh manusia. Di mana jam ini berkaitan dengan waktu tidur. Seseorang harus memastikan dirinya tetap sehat bukan?. Oleh karena itu tidur dengan waktu yang cukup ialah anjuran mutlah oleh semua dokter di dunia.

Memang, banyak studi atau penelitian mengungkapkan lebih baik berolahraga di jam berapa pun daripada tidak berolahraga sama sekali. Namun, perlu diingat akan waktu berolahraga tersebut. Jika terlalu larut juga tidak baik bagi tubuh.

Berolahraga juga perlu memperhatikan batasan tubuh yang dimiliki seseorang tersebut. Batasan tubuh yang dimiliki setiap orang pun berbeda. Apabila sudah terlalu letih alangkah lebih baik untuk berhenti dan sesegera beristirahat.

Inilah 3 Efek Buruk Olahraga Malam Bagi Kesehatan Tubuh

Efek samping ketika berolahraga terlalu larut diantaranya ialah :

1. Mudah sesak napas.

Hal ini berkaitan dengan oksigen yang pada malam hari lebih sedikit dibandingkan udara pada pagi hari. Berolahraga pada malam hari dan terlalu sering mudah lelah. Dan sesak menjadi risiko yang akan dihadapi.

Pasalnya beraktivitas seperti olahraga membutuhkan pasokan oksigen yang cukup besar. Hal ini bertujuan agar melancarkan aliran darah. Dan pernapasan pada tubuh manusia. Baca juga: Tips Mengatasi Sesak Nafas.

2. Sulit tidur

Juga menjadi efek dalam berolahraga malam hari. Dikarenakan malam hari adalah jam untuk tubuh beristirahat.

Melakukan olahraga berat pada malam hari dan lebih dari waktu tidur. Bukan hal tidak mungkin seseorang akan mengalami kesulitan tidur. Ada tips mendapatkan tidur berkualitas yakni: Tips Mengatasi Sulit Di malam Hari.

3. Mengurangi kekebalan atau daya tahan tubuh

Tubuh manusia akan kehilangan banyak energi. Jika tanpa ada jeda untuk beristirahat setelah seharian penuh beraktivitas. Apalagi jika intensitas olahraga yang dilakukan tergolong berat. Bahkan membutuhkan banyak tenaga.

Seperti pada olahraga angkat beban, berenang, sepak bola dan sebagainya. Daya tahan tubuh yang menjadi lemah membuat manusia akan rentan terhadap beberapa penyakit, seperti flu atau demam. Lihat juga: mengusir tikus dengan jangkrik

Itulah 3 hal buruk terjadi karena kebiasaan berolahraga di malam hari. Jangan pernah dicoba karena berakibat buruk bagi kesehatan. Semoga bermanfaat ya.

Share on:

Leave a Comment