Fakta Unik Tentang Lalat Mulai dari Antibiotik Hingga Penciuman

Siapa sangka binatang menjijikkan ini memiliki keunikan yang menarik untuk diketahui. Sekalian menambah wawasan dan bisa mengambil sikap untuk mengatasi lalat. Hewan satu ini termasuk kategori insecta dengan nama ilmiah diptera. memiliki sepasang sayap tipis yang digunakan untuk terbang sesuka hati.

8 Fakta unik lalat

Berikut ini ada fakta unik dari hewan lalat yang mungkin sebagian saja yang tahu. Sebagian besar gak mau tahu karena menjijikkan. Berikut fakta unik lalat yang mungkin menarik dan bermanfaat bagi kita.

1 Memiliki antibiotik tubuh canggih

Kita tahu bahwa lalat sering hidup di tempat penuh kotoran, bangkai, tempat sampah dan tempat jorok lain. Sudah pasti tempat bersarang banyak bakteri, patogen, kuman, virus yang merugikan manusia.

Menurut para ilmuwan, bahwa lalat memiliki antibiotik tubuh yang melindungi dari serangan bakteri, virus dan mikroba lainnya. Dan inilah yang masih diketahui kebenarannya dan dikembangkan untuk kebutuhan kesehatan manusia.

Antibiotik lalat terletak pada permukaan tubuh dan sepasang sayapnya. Diharapkan para ilmuwan bisa mengembangkan menjadi sebuah antibiotik baru bagi kesehatan manusia.

2 Pembawa biang penyakit

Lalat sebagai salah satu hewan terjorok di dunia, juga sebagai hewan pembawa bakteri, kuman dan virus. Tidak tanggung, 1 ekor lalat bisa membawa 200 bakteri. Salah satunya penyebab sakit perut dan penyakit lainnya. Bakteri E. Coli sangat berperan penting penyumbang penyakit serius pada manusia.

3 Berumur pendek

Umur lalat tidak panjang, hanya kurang atau lebih 30 hari akan mati sendiri. Namun urusan berkembang biak paling jagonya. Dalam waktu singkat, lalat betina bisa menghasilkan 2000 sampai 3000 butir telur. Dan itu biasanya menetas dalam 14 hari. Wow, banyak sekali ya.

4. Rabun

Mata lalat memiliki ribuan lensa yakni sekitar 4000 jumlahnya. Dengan ribuan lensa tersebut, lalat bisa melihat ke berbagai arah. Sayangnya, lalat tidak bisa melihat jelas dan rabun warna. Tetapi lalat sangat jeli melihat gerakan, makanya sulit untuk sentil atau memukul lalat.

5. Muntah dan sering buang air

Lalat tidak memiliki gigi. Cara lalat makan adalah dengan cara memuntahkan isi perutnya ke makanan. Dengan tujuan melunakkan dan mencairkan makanan agar mudah dicerna dengan bantuan enzim muntahannya tadi. Jijik banget ya.

Lalat sering buang air, kira-kira 4-5 menit pasti buang air. Nah, jika dihinggapi lalat perlu hati-hati ya. Apalagi hinggapnya sampai 4-5 menit, hampir dipastikan lalat akan membuang air di kulit atau bagian tubuh kita.

6 Penciuman tajam

Penciuman lalat tajam, bahkan bisa mencium makanan hingga jarak 2 km. Seperti komodo ya. Pantas aja kalau bikin sambel terasi selalu ada mahluk satu ini.

7. Jenis lalat

Menentukan jenis lalat bisa berdasarkan makanannya. Misalnya lalat buah pasti sering memakan sayuran dan buah-buahan. Lalat rumah sukanya menghinggapi makanan yang telah mengalami pembusukan atau fermentasi biasanya disebut juga lalat sampah. Lalat daging biasanya suka makan daging. Elit juga seleranya ya. Lalu lalat kotoran, ya itu suka makan kotoran.

8. Kebiasaan tempat tinggal

Lalat merupakan binatang aktif di siang hari. Malam hari pasti bobo atau istirahat. Kebiasaan mencari tempat tinggal atau istirahat dimana saja. Tapi yang bikin unik itu, lalat bisa mengingat tempat istirahatnya. Walaupun dilakukan secara berkala dan beda-beda tempat.

Itulah tadi 8 fakta unik dimiliki lalat. Tetap jaga kebersihan ya dan hindari dihinggapi lalat terlalu lama. Jika artikel ini bermanfaat, share ke teman-teman ya.

Share on:

Leave a Comment