Fisik Cupang Adu Yang Siap Diturunkan Ke Arena Kontes

Fisik Cupang Adu Yang Siap Dan Tips Membeli. Banyak penggemar cupang adu sering mengalami kesulitan. Dalam menyiapkan ikan yang siap untuk kontes. Untuk itu diperlukan ketelitian. Mulai dari membeli, merawat, latihan dan kondisi.

Melihat banyaknya informasi yang salah di internet. Dan juga dari mulut penjual-penjual ikan cupang adu. Membuat pemula sering salah kaprah. Sehingga tercipta kedongkolan hati yang tak terbendung.

Fisik Cupang Adu Yang Siap Kontes

Memastikan kondisi fisik fit dan agresif cupang adu sangat penting. Apalagi setelah melewati latihan keras banget, ternyata pemiliknya sendiri tidak mengetahu ciri cupang adu yang siap. Langsung saja kontes, eh taunya kalah.

Emosi memuncak, semuanya kena damprat. Inilah akibat kurang pengetahuan dan salah ajaran. Baiklah, kita langsung saja ya.

  1. Kotoran cupang. Inilah yang pertama kali dilihat. Jika kotoran cupang adu hitam dan padat. Artinya ikan dalam kondisi prima.
  2. Warna gelap dan cerah. Pembuktian menyatakan ikan agresif dan lincah. Jika disebengkan ke cupang lain, langsung siap menerkam.
  3. Sisik rapat, Membuktikan bahwa usia cupang telang matang untuk kontes. Dan hasil latihan sangat bagus. Jika masih ada warna putih samar di bawah perut. Artinya ada masalah di pencernaan dan usia ikan masih muda.

Setelah Anda mengetahui ciri fisik cupang adu siap. Selanjutnya menyiapkan wadah sebelum ikut kontes. Adapun wadah yang diperlukan tidak susah mendapatkannya. Anda bisa melihat info selengkapnya disini : Botol Cupang Adu Untuk Kontes.

Persiapan botol khusus untuk kontes cupang

Setelah Anda mengetahui botol yang tepat untuk cupang adu. Langkah selanjutnya, menjaga kenyamanan cupang adu selama perjalanan ke tempat kontes. Adapun caranya:

  1. Membungkus botol. Pembungkus botol cupang adu yang tepat adalah berwarna putih polos. Jangan pernah membungkus dengan warna hitam atau warna lain selain warna putih. Ikan akan menjadi malas dan mengurangi teknik dalam kontes.
  2. Wadah penyimpan botol. Pastikan Anda memiliki wadah penyimpan botol. Gunanya mengurangi getaran atau guncangan selama perjalanan ke tempat kontes. Pilihlah terbuat dari bahan anti getar seperti styrofoam. Anti panas juga.
  3. Hindari guncangan besar. Selama diperjalanan, usahkan menghindari jalan dengan permukaan tidak rata. Atau banyak polisi tidurnya, lubang dan kondisi jalan yang membuat guncangan.

Dampak buruk guncangan keras pada cupang adu

Mengapa memghindari guncangan besar di saat perjalan sangat penting? Karena akibat buruk yang akan terjadi, jika Anda membiarkan ikan cupang adu kesayangan mengalami guncangan di saat perjalanan.

Berikut dampak buruk terjadi jika cupang terkena guncangan keras di saat perjalanan:

  1. Stress. Akibat dari stress, dipastikan ikan Anda menjadi penakut. Bahkan berenang-renang tidak karuan dalam botol.
  2. Bacul atau bacol. Ada banyak penyebab permasalahan ini. Mulai dari usia, latihan, air dan terkena guncangan. Jika terkena penyakit bacul atau baco, akan sulit mengobatinya. Dijadikan indukan juga menghasilkan keturunan penakut. Jadi disimpan aja atau taruh di kolam pembesaran.

Nah itulah tadi informasi seputar fisik cupang adu yang siap. Langkah selanjutnya adalah mengukur. Ya mengukur cupang adu Anda dengan lawan. Alias trek.

Di lain waktu, akan ditulis tentang tips-tips mengetrek cupang adu. Pengetahuan ini sangat penting untuk menang. Akhir kata, selamat mencoba ya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *