Wisata

Goa Jatijajar | Pesona Situs Alami Tersembunyi Di Kebumen

Jatijajar Cave | The Enchantment of Natural Sites Hidden in Kebumen

Mendengar kata Kebumen, pasti yang terpikirkan oleh kalian pantainya bukan? Ya, memang Kebumen memiliki banyak sekali pantai yang indah. Namun, pantai bukanlah satu-satunya objek wisata di kota ini. Ada satu objek wisata yang sangat indah sehingga tidak heran jika wisatawan menyebutnya surga tersembunyi namanya adalah Goa Jatijajar.

Goa Jatijajr adalah salah satu objek wisata di kebumen tepatnya di kawasan wisata air. Lokasi Goa Jatijaja terletak di Jalan Jatijajar, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Goa ini merupakan situs geologi alami yang berasal dari kapur dan membentuk suatu goa dengan stalagtit dan stalagmite yang sangat menakjubkan.

Staglatit dan stalagmite ini terbentuk dari endapan tetesan air hujan yang terdapat di atap goa dan kemudian bereaksi dengan batuan kapur karena disini banyak sekali kapur. Goa ini dikembangkan menjadi objek wisata sejak tahu 1975. Dalam proses pengembangan Goa ini, pemerintah membebaskan tanah seluas 5,5 hektar milik masyarakat, dan goa ini dibentuk dengan sedemikian artistik sehingga memiliki nilai seni yang tinggi dengan adanya trap beton dan patung diorama.

Daya Tarik

Goa Jatijajar merupakan salah satu objek wisata favorit wisatawan karena memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Goa ini dipenuhi dengan stalaktit dan stalagmite yang sangat eksotis.

Goa Jatijajar ini dikelola dengan sangat professional sehingga goa ini memiliki daya tarik tersendiri. Di dalam goa ini juga dibangun jembatan yang mempermudah pegunjung saat berwisata dan menikmati keindahan goa ini.

Selain itu, goa ini juga dilengkapi berbagai patung diorama dengan bentung Lutung Kasarung yang mengisahkan romantisme kisah cinta Raden Kamandaka dan Dewi Ciptasari. Kemudian di setiap sudut goa ini juga ditambah lampu dan berbagai fasilitas lainnya yang mendukung kalian selama berwisata disini.

Mendengar kata goa mungkin yang terpikirkan kalian goa yang gelap dna menyeramkan. Namun saat kalian berkunjung ke goa satu ini pasti kalian akan berfikir tidak semua goa menyeramkan. Goa jatijajar ini sudah dilengkapi kemajuan teknologi dimana sebagian goa diterangi lampu listrik, jalanan betom dam trap yang sangat nyaman bagi para pengunjung yang melaluinya.

Meski sudah dilengkapi kemajuan teknologi, keindahan dan pesona dari goa ini tetap tidak berkurang justru semakin indah. Stalaktit dan stalagmite disini mampu mempercantik goa ini terlebih dengan lampu yang dibiaskan.

Saat memasuki goa ini, kalian akan disambut patung dinosaurus besar yang memuntahkan air dari mulutnya menuju kolam. Kolam ini biasa digunakan anak-anak dan pengunjung untuk melempar koin dan berebut koin.

Setelahnya, kalian akan dtiba di mulut goa dengan anak tangga yang bentuknya sebagian datar sebaian menanjak. Begitu sampai di dalam goa kalian akan terpesona dengan keindahan goa tersebut.

Selain pemandangan goa yang menakjubkan, kalian juga akan disuguhkan pemandangan unik dari puluhan patung diorama yang seakan-akan hidup karena efek sorotan cahaya yang ditata dengan sempurna. Kemudian terdapat juga sendang di dalamnya.

Fasilitas

Di Goa ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas mulai dari area parkir yang luas, area bermain anak, warung makanan khas kebumen, took souvenir, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Selain itu, di dalam goa ini terdapat kursi melingkar yang bisa kalian gunakan untuk beristirahat sejenak atau sekedar berfoto atau menikmati keunikan diorama yang ada.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Operasional

Untuk menjelajahi dan menikmati goa ini kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 7000/per orangnya. Jam operasional objek wisata ini dibuka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Agar kalian puas menjelajahi dan menikmati stalagtit dan stalagmite disini kalian bisa datang di hari biasa yaitu pada senin- jumat karena di hari libur wisata ini selalu ramai pengunjung dan pasti akan sangat melelahkan jika harus bergantian berjalan melewati diorama yang ada.

Itulah surga tersembunyi dari Goa Jatijajar. Jika kalian berkunjung ke kota Kebumen, jangan lupa berkunjung ke Goa ini ya guys..

Lihat juga : Review Tempat Wisata Pantai Pasir Jambak

1 2Next page

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button