Pesona Wisata Sejarah Di Goa Selomangleng Pas Jadi Daftar Liburan

Kota Kediri memang memiliki banyak sekali lokasi wisata menarik di dalamnya. Baik objek wisata air, wisata alam hingga sejarah semua ada di kota ini. Salah satunya di kota Kediri yang menjadi favorit wisatawan adalah Goa Selomangleng.

Sejarah

Tahukah kalian bahwa Kata Selomangleng ini berasal dari kata “selo” yang berarti “batu” dan kata “Mangleng” memiliki arti “miring”. Jadi, Goa Selomangleng ini berarti batu yang miring. Mengapa miring? Baca juga: Melirik Keindahan Air Terjun Nyarai Wisata Pariaman

Karena permukaan tanah yang terletak di lokasi tersebut berada di kaki Gunung Klotok sehingga membuat bangunan disini tampak miring.

Hal unik lainnya yang membuat diburu para turis adalah karena adanya bongkahan batu yang berserakan diantara goa tersebut. Ada batu yang dipahat dan di bagian luar goanya juga ada berbagai relief yang menghiasi goa tersebut.

Bila kalian memasuki area gua tersebut, kalian jangan heran jika kalian akan mencium aroma dupa yang cukup menyengat.

Perlu kalian ketahui bahwa Goa Selomangleng ini dulunya merupakan tempat pertapaan Dewi Kilisuci, yakni Putra Mahkota dari Raja Airlangga. Konon katanya di Goa inilah Putri Dewi kilisuci menghabiskan sisa umurnya untuk bertapa.

Hal ini dilakukannya agar rakyatnya terhindar dari marabahaya. Pada akhirnya, Dewi Kilisuci menghabiskan umurnya dengan tidak menikah dan bertapa demi kesejahteraan masyarakatnya. Lihat juga: Daftar Restoran Romantis Di Yogjakarta

Daya Tarik

Daya Tarik Goa Selomangleng
Sumber gambar https://www.nativeindonesia.com/wp-content/uploads/2019/07/relief-arjuna-wiwaha.jpg

Goa Selomangleng merupakan salah satu target wisata di kota Kediri yang wajib kalian kunjungi karena wisata ini memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Goa Selomangleng sudah lama menjadi target tour wisata yang menarik untuk kalian kunjungi.

Penduduk di sekitar lokasi wisata tersebut juga sangat ramah kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Gua ini terletak di kaki gunung klotok dan letaknya terlihat miring.

Banyak bongkahan batu yang bisa kalian abadikan dengan mengambil gambar dan pastinya tidak lupa untuk mengunggahnya ke media sosial ya guys. Lihat juga: Daftar Kafe Romantis Nuansa Flora Di Bogor

Lokasi

Goa Selomangleng terletak di Jalan Mastrip No. 1, Mojokerto, Kediri, Jawa Timur. Untuk dapat menuju lokasi tersebut, jika kalian dari Alun-alun kota Kediri, kalian bisa segera menuju arah barat melalui Jembatan Sungai Brantas.

Kemudian kalian lurus hingga bertemu Terminal Kediri. Selanjutnya kalian ke kanan hingga menemui perempatan Sukorame, dan kalian belok kiri dan lurus saja hingga lokasi liburan satu ini.

Jika kalian masih bingung, kalian bisa coba pakai google maps ya guys. Lihat juga: Daftar Tempat Wisata Romantis Di Batu Malang

Fasilitas

Saat kalian berada di kawasan Goa Selomangleng, kalian tidak perlu khawatir mengenai fasilitas apa yang terdapat disana. Kini sudah dikembangkan menjadi objek wisata nasional dan internasional sehingga ada beberapa fasilitas seperti kolam pemandian, toilet dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk memasuki Goa Selomangleng, kalian perlu mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp. 4.000/per orang untuk dewasa dan Rp. 2.500/per orang untuk anak-anak. Lihat juga: Destinasi Wisata Terbaik Di Yogjakarta

Untuk memasuki kolam yakni objek wisata lainnya, kalian akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 4000/ per orang. Perlu kalian ketahui, harga tiket yang tertera bisa berubah tanpa ada informasi dari artikel ini ya..

Sebenarnya, dulu untuk memasuki tempat wisata ini tidak dipungut biaya. Hanya saja karena saat ini sudah dikembangkan sebagai objek wisata sejarah jadi kalian perlu membayar untuk membantu menjaga kebersihan lokasi wisata tersebut.

Itulah informasi lengkap tentang wisata sejarah Goa Selomangleng. Untuk itu, jika kalian berlibur di sekitar Kediri maka sempatkan diri kalian untuk mengunjungi wisata sejarah alam yang satu ini. Lihat juga: cara usir tikus di atap rumah

Video informasi Goa Selomangleng

Share on:

Leave a Comment