Jamu Penangkal Corona, Pon-pon Di Pasaran Ludes Diborong Warga

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Jamu Penangkal Corona, Pon-pon Di Pasaran Ludes Diborong Warga. Merebaknya virus corona ini menjadikan pasar tetap ramai oleh warga. Masyarakat berbelanja kebutuhan makanan untuk mencukupi gizi pada tubuh. Tidak terkecuali pon-pon atau bahan minuman tradisional laku cepat dan diborong oleh pembeli.

Banyak orang yang menganggap bahwa minuman tradisional seperti jamu, wedangan, bahkan yang paling umum ialah teh hangat disinyalir ampuh dalam mencegah virus corona. Hal ini belum ada penelitian lebih lanjut. Namun, dari khasiatnya memang terbukti bagus meningkatkan daya tahan tubuh atau imun. Baca juga: Lockdown Di Inggris Hingga Pangeran Charles Terpapar Corona.

Bahan-bahan yang sering sekali diburu ialah jahe. Bahan satu ini memang tinggi akan kadar air sebesar 94%, 17% nya mengandung gingerol 21,15 mg/g. Jahe disinyalir mempunyai khasiat berupa mengurangi tekanan dalam darah dan beban kerja pada jantung, mengurangi masalah pencernaan seperti mual dan muntah, antiinflamasi, serta dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Jahe biasanya ada pada minuman tradisional yang sering dikonsumsi oleh masyarakat luas. Diantaranya yakni :

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">
  1. Wedang Ronde, khas Solo ini cukup dinikmati oleh banyak orang. Minuman ini terbuat dari bahan dasar air rebusan jahe yang diberi tambahan gula merah, irisan kolang kaling, daun pandan, potongan roti, kacang tanah, serai, dan juga ronde berupa bola bola yang telah direbus. Baca juga: Ternyata Ini Cara Tepat Antisipasi Kota Surabaya Menangkal Corona.
  2. Wedang Bandrek, khas Jawa Barat ini tersebar hampir merata di pulau jawa. Minuman ini bersikan jahe kental dengan tambahan berbagai rempah-rempah dan juga gula merah. Umumnya, bandrek disajikan dengan daging kerokan buah kelapa yang setengah tua.
  3. Wedang Sekoteng, khas Jawa Tengah cukup digemari di kalangan muda maupun tua. Minuman ini mengandung air resan jahe, tambahan bahan-bahan seperti kacang hijau, potongan roti, kacang tanah, pacar cina, dan tak ketinggalan pula kolang kaling. Saat dilihat sekilas, wedang sekoteng ini mirip dengan wedang ronde.
  4. Bir Pletok, minuman ini merupakan minuman khas Betawi. Minuman ini tentunya mengandung panda, kapulaga, merica hitam, serai, kayu secang, kayu manis dan tak lupa jahe. Warna minuman ini jadi merah karena kayu secang. Baca juga: Akhirnya Olimpiade Di Tokyo Ditunda Karena Corona.
  5. Bajigur, minuman khas Sunda ini berisikan santan, garam, gula aren, dan jahe, serta juga bubuk vanili.
  6. Wedang Secang, khas Mojokerto ini merupakan minuman hangat yang berisi jahe, daun pandan, sereh, kayu manis, kapulaga, dan gula sesuai selera.
  7. Wedang Uwuh, khas Jogja ini secara umum digemari banyak masyarakat luas. Minuman ini biasa disebut rempah-rempah atau sampah, lantaran bahannya yang begitu banyak. Banyak pula resep yang menawarkan wedang uwuh dengan bahan-bahan lain. Namun, umumnya minuman ini berisikan kayu secang, jahe, kayu manis, serai, cengkeh, dan pala.

Mongonsumsi jamu diatas dapat dilakukan setiap hari berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam keadaan yang tidak pasti akibat virus corona ini. Dianjurkan jika bisa paling tidak meminum minuman yang mengandung jahe apapun bentuknya. Tidak lupa untuk di rumah saja jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak. Lihat juga: usir tikus pakai kapur barus

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply