Pacu Adrenalinmu Di Objek Wisata Janjang Saribu Bukittinggi

Pacu Adrenalinmu Di Objek Wisata Janjang Saribu Bukittinggi. Kalian tentu tidak asing dengan tembok besar di china bukan? Bagaimana tidak, kita semua pasti tahu bahwa tembok besar china menjadi salah satu dari 7 keajaiban di dunia.

Nah, tapi pada kesempatan kali ini kita nggak lagi bahas soal tembok besar di china loh ya, melainkan kita mau bahas lebih dalam salah satu objek wisata di kota Bukittinggi padang yang katanya memiliki bentuk yang menyerupai tembok besar di china. Hmmm kalian jadi tidak perlu jauh-jauh lagi nih untuk melihat tembok besar china. Lihat juga: Wisata Sejarah Di Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Lokasi dan Rute

Lokasi Rute Janjang Saribu
Anak tangga, pict by Google

Lokasi Janjang saribu berada di Bukit Apit Puhun, Kecamatan guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat. Rute menuju ke monumen ini cukup mudah, karena berada di pusat persimpangan, kalian hanya perlu membutuhkan waktu 10 menit saja dengan kendaraan bermotor dari kota Kediri.

Jika kalian naik kereta api kota Kediri, kalian perlu menaiki kereta jurusan Simpang Lima Gumul sejauh 9,1 kilometer. Jadi, dengan kereta kalian perlu waktu sekitar 20 menit sampai tiba di monumen tersebut.

Jika kalian berasal dari kota lain dan menggunakan transportasi udara atau pesawat terbang, kalian bisa naik pesawat menuju Bandara Juanda Surabaya. Lalu, naik kendaraan melewati Pare dan Kediri untuk menuju monumen tersebut. Dari Bandara Juanda, kalian perlu waktu kira-kira 2,5 jam. Lihat juga: Liburan Romantis Bersama Pasangan Ke Pantai Pasir Jambak Padang

Sekilas Tentang Janjang Saribu

Janjang Saribu dalam bahasa minang memiliki arti seribu anak tangga. Dikatakan demikian karena memang saat kalian berkunjung kesini banyak sekali jumlah anak tangga disini.

Meski tidak sampai seribu anak tangga, namun masyarakat sekitar menyebut bahwa anak tangga ini lebih dari ratusan. Tidak heran jika masyarakat sekitar menyebutnya sebagai miniature tembok besar china.

Janjang saribu memiliki panjang 780 meter. Dulunya janjang saribu hanyalah tempat terlupakan dan dianggap remeh orang-orang. Namun, pada akhirnya objek wisata ini dikembangkan sehingga tampil cantik.

Kalian hanya perlu berjalan 30 menit dari ujung ke ujung, namun disarankan kalian berhati-hati karena sepanjang jalan di objek wisata ini cukup curam karena anak tangganya memiliki sudut kemiringan hampir 90 derahat.

Mengapa disebut sebagai miniatur tembok besar china? Karena di janjang saribu ini ada tembok beton yang bentuknya memang menyerupai tembok besar china.

Saat kalian menyusuri objek wisata ini, kalian akan menemukan jembatan gantung yang biasa disebut sebagai jembatan merah. Jembatan ini sudah ada sejak zaman pemerintahan colonial Hindia-Belanda, dulunya lintasan ini disebut Janjang Batuang dimana terbuat dari tanah yang ditopang bambu. Lihat juga: Wisata Misteri Sejarah Di Goa Selomangleng Pas Jadi Daftar Liburan

Daya Tarik

Daya Tarik Janjang Saribu
Lempengan, pict by Blogspot

Objek wisata janjang saribu menjadi salah satu destinasi wisata primadona di Sumatera Barat. Saat kalian berada di puncak lintasan janjang saribu, kalian akan menemukan sebuah desa yang bernama Bukik Apik atau Bukit Apit. Masyarakat sekitar sini memang memanfaatkan janjang saribu ini dalam kehidupan keseharian mereka.

Saat kalian berjalan melewati anak tangga, maka mata kalian akan dimanjakan dengan indahnya kenampakan alam Ngarai Sianok. Disini kalian akan ditantang memacu adrenalin dimana kalian harus melalui ratusan anak tangga dengan kemiringan hingga 90 derajat.

Tidak lupa kalian bisa mengabadikan momen ini dalam gambar dan mengunggahnya di media sosial, hmm pasti bakalan instagramable banget ya. Lihat juga: Pesona Wisata Alam Air Terjun Nyarai, Yuk Liburan ke Wisata Ini

Harga Tiket Masuk Dan Jam Operasional

Untuk memasuki objek wisata janjang saribu, kalian jangan khawatir saat ini belum ada informasi terkait berapa harga tiket masuk objek wisata ini alias masih gratis guys.

Tapi kemungkinan kalian akan tetap dikenakan biaya tambahan parkir kendaraan apabila kalian membawa kendaraan yakni Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil. (untuk harga tiket masuk kemungkinan bisa berbayar ya guys sesuai ketentuan di lokasi tersebut).

Jam operasional objek wisata ini memang belum ditentukan secara resmi hingga saat ini, jadi kalian bisa dating kapan saja. Namun, disarankan kalian datang saat pagi hingga sore hari karena menurut para wisatawan saat datang di waktu yang tepat kalian akan mendapat keindahan pemandangan dari objek wisata ini.

Itulah ulasan tentang Objek Wisata Janjang Saribu. Objek wisata satu ini memang menyuguhkan pesona alam yang sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, jika kalian berkunjung ke Sumatera Barat, berkunjunglah dan nikmati objek wisata yang satu ini. Lihat juga: cara usir tikus di mobil

Video Janjang Saribu

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *