Mengenal Lebih Dekat Keindahan Air Terjun 7 Tingkat Oehala

Mengenal Lebih Dekat Keindahan Air Terjun 7 Tingkat Oehala. Jika anda merencanakan liburan ke Nusa Tenggara Timur. Jangan lupa untuk singgah di air terjun 7 tingkat Oehala. Berada di Batu Putih. Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Ada banyak pesona di kawasan wisata air terjun Oehala. Mulai sejuknya udara karena dikelilingi banyak pohon rindang. Serta airnya segar keluar dari Gunung Mutis.

Banyak wisatawan mancanegara ataupu domestik berkunjung kesini. Sekedar melepaskan lelah sambil duduk santai. Bermain air atau merasakan berendam. Sambil menikmati keindahan sekitarnya.

Menikmati Kawasan Wisata Air Terjun Oehala 7 Pundak

deskripsi air terjun oehala soe

Keunikan bentuk Air Terjun Oehala

Alam memang memiliki banyak rahasia. Termasuk kawasan wisata air terjun ini. Memiliki 7 tingkat yang terbentuk secara alami. Ini uniknya.

Sebutan 7 tingkat karena memilik 7 anak tangga untuk menapaknya. Walaupun curah airnya deras tetapi kedalaman tampungan air tidak dalam.

Warna airnya bersih dan jernih. Jika dilihat dari jarak jauh seperti warna kebiruan kehijauan. Memancarkan bayangan maya awan. Sehingga terlihat alami. Sumber aliran air terjun Oehala berasal dari gunung Mutis.

Berfoto Selfie Ria Berlatarbelakan Air Terjun Oehala

Termasuk salah satu kawasan wisata foto selfie yang pas. Bersama keluarga, pasangan, buah hati, teman teman dan kerabat lainnya. Anda bisa foto selfie di tengah kolam berlatarbelakang air terjun. Yang ada batu kecilnya. Sambil duduk atau berdiri. Jika airnya lagi surut.

Jika anda sedang mencari objek wisata di Soe. Objek wisata air terjun timur memang cocok dijadikan destinasi liburan anda.

Di musin liburan. area wisata selalu kedatangan banyak wisatawan lokal atau luar. Tidak sedikit membawa bekal. Untuk makan di sekitar sambil menikmati keramahan alam di sana.

Berfoto Selfie Ria Berlatarbelakan Air Terjun Oehala

Lokasi Air Terjun Oehala 7 Anak Tangga

Menurut Google lokasi air terjun Oehala berada di kecamatan Oehala, Batu Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Tetapi ada juga menyebut berada di kecamatan Mollo Selatan. Atau 11 km dari Kota Soe, ibukota Kab. Timor Tengah Selatan.

Jika anda menjadikan provinsi NTT sebagai destinasi wisata. Anda wajib bermain ke pesona wisata air terjun Oehala.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Oehala

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Oehala Dari Kupang

Setelah anda tiba di Kota Kupang. Lalu menuju Kota Soe. Jarak kedua kota ini 110 km. Rute cukup jauh. Untuk menempuhnya. Anda bisa menggunakan angkutan umum berupa bus dari terminal Kupang. Atau menggunakan kendaraan travel. Bisa anda dapatkan di terminal Oesapa Bayangan Kupang. Tarif bus biasanya Rp.30.000. Dan tarif kendaraan travel Rp.40.000. Lama perjalanan dari kota Kupang ke kota Soe biasanya dua jam setengah.

Setibanya di tempat penurunan penumpang di kota Soe. Anda melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau angkutan umum. Tarif ojek biasanya Rp.20.000 per orang. Dan tukang ojek harus diminta menunggu sampai pulang. Karena tidak ada kendaraan lagi menuju ke kota Soe. Kecuali anda membawa kendaraan pribadi.

Jam buka lokasi wisata air terjun Oehala
Tempat wisata air terjun Oehala buka setiap hari. Jadi anda leluasa mengatur jadwal liburan anda ke tempat ini. Namun ada kekurangannya. Yakni faktor penerangan di jalan dan tempat wisata tersebut. Jadi usahakan anda pulang sebelum jam 5 sore. Selain kendaraan pulang susah. Ini berhubungan faktor keselamatan.

Harga tiket masuk air terjun Oehala
Tiket masuk tempat wisata ini sangatlah murah. Dan tidak dihitung berdasarkan umur pengunjung. Hanya dikenakan tarif Rp.3.000 per orang. Harga tiket tetap sama meskipun hari libur, weekend ataupun tanggal merah.

Fasilitas tempat wisata air terjun Oehala
Untuk masalah kamar mandi atau wc toilet. Anda tidak perlu risaukan masalah buang air sembarangan. Karena sudah disediakan 4 kamar toilet untuk melepaskan buang air besar atau kecil. Juga disedikan tempat ganti baju sesudah mandi atau berenang.

Harga makanan minuman di tempat wisata Oehala
Jangan pernah berharap mendapatkan harga murah untuk makanan minuman disini. Karena mahal. Tetapi harga mahal ini disebabkan biaya kirim ke lokasi pelosok. Harga minuman ringan disini bisa mencapai 2 kali lipat dari harga toko.

Jalan Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Oehala

Setelah anda membayar tiket masuk. Lalu menuju kolam Oehala. Anda harus rela menuruni ratusan anak tangga. Untuk itu anda perlu hati-hati menapakkan kaki untuk menuruni anak tangga.

Perlu ekstra kesabaran dan ketelitian. Sebab anak tangga ini licin. Tapi anda tidak perlu khawatir. Disarankan untuk memegang pagar anak tangga untuk menghindari jatuh. Dan tidak sampai 10 menit sudah sampai di kolam

Sambil menuruni ratusan anak tangga, anda bisa menikmati pemandangan alam sekitar. Ada banyak pepohonan tua dan batu dengan bentuk unik.

Jalan Menuju Loaksi Wisata Air Terjun Oehala

Daya Tarik Wisata Air Terjun Oehala

Setelah menuruni ratusan anak tangga. Sampailah di kolam air terjun Oehala. Anda akan menyaksikan air turun dari 7 undakan. Indah banget.

Didesain berundak-undak. Inilah menjadi keunikan air terjun Oehala. Untuk naik undakannya juga bisa. Tetapi anda harus hati hati ya. Sebab licin.

Setiap undakannya membentuk kolam. Jadi anda bisa bermain di masing-masing undakan. Dan sering dimanfaat pelancong lokal atau non lokal untuk mandi, bermain air dan berfoto selfie. Seru banget.

Dinginnya air terjun ini menambah kesegaran setelah berlelah ria dalam perjalanan menuju kesini. Jika anda telah capek bermain air, mandi, berenang dan foto selfie. Anda bisa mengistirahatkan diri di Lopo.

Lopo adalah tempat istirahat khas Timor. Beratapkan daun jerami. Fasilitas ini memang sengaja diadakan untuk kebutuhan para wisatawan. Terimakasih untuk dinas pariwisata Kab. Timor Tengah Selatan atas dibangun banyak lopo ini.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Oehala

Bentuk indah alami buatan alam

Jika melihat secara detail bentuk air terjun Oehala. Mustahil ada manusia bisa membuat seperti ini. Bagaimana bisa batu raksasa yang sangat berat membentuk tingkatan untuk kucuran air gunung Mutis.

Semua terbentuk secara alami. Setiap tingkatan memiliki ukuran berbeda. Paling sekitar 2 meter. Tiap tingkat membentuk kolam alami. Ada yang dalam ada juga dangkal.

Setiap tingkatnya bisa dijadikan latar belakang foto selfie anda. Sebagai kenang-kenangan liburan. Untuk momen momen menyenangkannya wajib anda rasakan sendiri.

Bentuk indah alami buatan alam Air Terjun Oehala

Tidak ada salahnya menjadikan air terjun Oehala sebagai tujuan tempat liburan nanti. Ajak teman-teman. Keluarga, pasangan atau keluara besar. Juga rombongan organisasi, kantor dan instansi.

Walaupun menempuh lokasi ini diribetkan dengan lama di perjalanan. Tetapi setelah sampai di lokasi. Rasa bosan dan lelah bisa hilang dengan menikmati kawasan wisata menyenangkan di air terjun Oehala 7 undak.

Untuk anda pecinta wisata alam. Suka berpetualang. Objek wisata air terjun Oehala bisa menjadi alternatif tujuan wisata anda. Selamat liburan ya.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply