Langkah Jitu Mengelola Keuangan Saat Karantina di Rumah

Langkah Jitu Mengelola Keuangan Saat Karantina di Rumah. Tentu patut disadari bahwa dalam perjalanan dan perkembangan virus corona ada banyak aspek yang menjadi penting. Salah satunya yakni finansial atau keuangan pribadi dalam kondisi yang belum terkendali.

Barang-barang dan kebutuhan pokok yang saat ini naik ialah dampal dari wabah virus corona. Sebenarnya pemerintah sudah mengantisipasi lonjakan bahan pokok dan memiliki opsi untuk menyetabilkan harga di pasaran.

Namun, kembali kepada egois masyarakat yang belum sadar akan masalah yang dihadapai saat ini. Baca juga: Cara Ampuh mengatasi Kebiasaan Memegang Wajah.

Segelintir orang bahkan memanfaatkan kondisi ini untuk kepentingan pribadi. Bahkan kebutuhan medis pun bisa diborong dan dijual kembali dengan harga yang fantastis. Ambil contoh seperti masker dan hand sanitizer.

Ada pula yang memanfaatkan wabah ini untuk menipu orang lain dengan memberikan masker sortiran yang telah dipakai dan di jual kembali.

Hal itulah yang menyebabkan Indonesia susah untuk maju, jika masyarakatnya masih mementingkan diri sendiri tanpa tahu rasanya untu serasa. Lihat juga: Ternyata Ini cara memilih jenis biji kopi yang bagus.

Jika harga barang-barang ikut naik, mau tidak mau masyarakat harus mengatur pengeluaran. Berikut ialah cara untuk mengatasi masalah keungan saat ini :

Tips 1 Memastikan betul biaya hidup. Alokasi dana yang harus tetap terjaga ialah anggaran untuk kebutuhan pangan, perlengkapan yang mudah habis di dalam rumah, dan untuk kesehatan.

Untuk itu perlu adanya pengaturan pengeluaran sehingga dana yang tidak begitu penting seperti kebutuhan sandang dan barang-barang lain bisa dialihkan kepada kebutuhan pangan.

Lebih baik jika merasa kecukupan dan mampu bertahan hingga wabah dinyatakan telah usai, sebagian dana yang dimiliki bisa diberikan kepada yang lebih membutuhkan. Seperti ojek online, warung, penjual di pasar dan sebagainya. Baca juga: Kini Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Semakin Mudah.

Tips 2 Menabung, kegiatan ini memang harus sedari dulu menjadi sebuah kebiasaan. Namun, yang belum menjadi kebiasaan bisa dimulai dari sekarang. Menyisihkan uang saku atau gaji sebagai dana darurat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tips 3 Mengalokasikan dana bermain atau liburan sampai titik nol untuk kebutuhan pangan dan kebutuhan sehari-hari. Liburan juga menjadi sesuatu yang mustahil dilakukan sebab penyebaran covid-19 dan himbauan dari pemerintah yang harus diindahkan.

Sehingga tabungan untuk liburan bisa berguna bagi diri sendiri nantinya dan jika banyak sisa bisa diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Tips 4 Menjual barang-barang yang mungkin tidak begitu dibutuhkan. Seperti jika di dalam rumah sudah memiliki 2 kulkas, untuk survive maka kulkas bisa dijual. Hal ini bisa dilakukan segera sebelum toko-toko menjadi tutup. Lihat juga: Limbah Plastik Menjadi Ecobrick Pengganti Batu Bata.

Harapannya barang-barang yang belum begitu berguna itu bisa menjadi uang dan bisa mengisi kebutuhan. Namun, jika memang tidak memungkinkan untuk keluar rumah alangkah baiknya dilakukan secara online.

Tips 5 Tidak memakan makanan yang terkesan mewah. Hal ini cukup penting jika ingin mengelola keuangan. Makan dengan nasi dan telur saja sudah memiliki cukup kalori. Setidaknya keinginan untuk makan makanan mahal bisa ditahan sampai kondisi dunia khusunya Indonesia sudah berangsur pulih. Lihat juga: cara usir tikus

Itulah tadi 5 Langkah Jitu Mengelola Keuangan Saat Karantina di Rumah. Semoga bisa membantu dalam keadaan ekonomi sulit saat ini. Artikel ini pernah dibahas di: 3 Topik Paling Sering Dibahas Di Tahun 2020.

Leave a Reply