5 Makanan Pengganti Nasi Jika Beras Susah Didapatkan

5 Makanan Pengganti Nasi Jika Beras Susah Didapatkan. Nasi seakan menjadi makanan wajib bagi masyarakat Indonesia. Banyak orang mengatakan bahwa jika belum makan nasi (hanya makan roti) maka belum dikatakan telah makan. Nasi merupakan makanan dengan tinggi karbohidrat. Kehadirannya menjadi penting untuk memenuhi gizi setiap harinya.

Namun, bukan berarti nasi menjadi makanan berkarbohidrat satu-satunya yang menjadi makanan pokok. Banyak makanan pokok lain yang bisa menggantikan peran nasi. Makanan pokok ini berada di sekitar anda yang mungkin jarang terpikirkan. Lihat juga: 7 Langkah Tepat Belajar Pasar Saham Bagi Seorang Pemula

5 Makanan Pengganti Nasi

Berikut makanan pokok pengganti nasi :

1. Pisang

Buah berbentuk lonjong ini bisa menggantikan posisi nasi sebagai makanan pokok. Hal ini karena pisang mengandung kalori, potassium, magnesium, zat besi, serat, vitamin B6 dan vitamin C.

Mengonsumsi dua buah pisang saja saat sarapan bahkan dikatakan dapat memberikan cukup energi untuk berjalan kaki penuh dalam satu setengah jam. Pisang sendiri mimiliki manfaat yakni sumber energi yang baik, melancarkan pencernaan, dan sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh.

2. Ubi

Umbi-umbian yang satu ini bisa menjadi subtitasi dari nasi. Bagi seseorang yang sedang melakukan diet atau ingin mengurangi jumlah nasi, ubi bisa menjadi pengganti yang cukup sehat. Karena makanan ini merupakan sumber energi yang baik sekaligus mengandung serat, mineral, dan vitamin.

Bahkan, ubi sendiri sangat kaya akan vitamin C, vitamin A, dan mineral pangan. Ketiga vitmain tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan dapat mengurangi risiko terhadap munculnya berbagai penyakit yang berbahaya.

Selain itu Ubi dapat menjaga kesehatan mata, melindungi sistem pencernaan, dan dapat meningkatkan kinerja otak.

3. Jagung

Sebagai pengganti nasi, jagung juga penting dalam memberikan energi bagi seseorang. Jagung biasanya dicampur dengan nasi dan menghasilkan nasi jagung.

Makanan tersebut sudah populer di daerah madura dan jawa yang menjadi makanan turun temurun. Jagung memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, vitamin, mineral dan serat yang cukup. Dalam satu porsi jagung atau dengan berat sekitar 160 gram, terdapat 41 gram dan karbohidrat 177 kalori.

Selain itu makanan ini juga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan vitamin B1, vitamin B9, vitamin C, serta magnesium dan kalium harian.

Banyak manfaat jagung yang perlu diketaui yakni dapat mencegah anemia, mencegah diabetes dan hipertensi. Selain itu jagung juga baik untuk membantu pencernaan dalam tubuh.

4. Singkong

Makanan jenis umbi-umbian ini sudah banyak orang tahu bahwa makanan ini bisa dijadikan pengganti nasi. Singkong juga merupakan salah satu makanan dengan padat nutrisi.

Dalam sekitar 100 gram singkong bisa mengandung 165 kalori, 40 gram karbohidrat, dan 2 gram protein, serat, dan gula. Selain itu singkong memiliki manfaat membantu menurunkan berat badan, mengobati diare dan meningkatkan atau menjaga pencernaan.

5. Sagu

Sagu sendiri banyak dijadikan sebagai makanan pokok di daerah Indonesia bagian timur. Sagu pun sebenarnya tidak mengandung banyak nutrisi. Namun, makanan ini bisa menjadi sumber energi yang baik dan menjadi pengganti nasi.

Sebab kandungan kalori dan karbohidratnya terbilang cukup tinggi. Di dalam sagu juga sebenarnya terdapat berbagai mineral seperti kalium, zat besi, dan kalsium. Sagu disinyalir dapat mencegah darah tinggi, meningkatkan kesehatan tulan dan sendir serta melancarkan sistem pencernaan. Lihat juga: usir tikus kap mobil

Video daftar makanan penggantui nasi untuk Anda yang sedang diet atau menjaga kesehatan tubuh.

Itulah tadi daftar makanan yang bisa menggantikan peran nasi dalam kehidupan. Pilihlah yang Anda suka atau bisa selang seling menu harian. Semoga bermanfaat ya.

Share on:

Leave a Comment