Manfaat Terbiasa Mandi Pagi dengan Menggunakan Air Dingin

Belum banyak orang tahu bahwa mandi pagi dianjurkan banyak dokter di seluruh dunia. Mandi pagi bisa dilakukan pada pukul 4 hingga 5 pagi. Tentu saja mandi pagi dilakukan dengan menggunakan air dingin. Bisa dilakukan berendam atau dengan mandi seperti biasa. Mandi pagi tentu memiliki banyak manfaat diantaranya :

1 Mandi pagi disinyalir bisa meredakan deperesi. Depresi disini bisa disebabkan oleh penurunan atau menaiknya berat badan, suasana hati yang gelisah, dan gangguan tidur.

Terapi air dingin ini tentu dapat mengaktifkan kinerja sistem saraf yang bisa meningkatkan aliran darah, serta melepaskan hormon yang dapat membantu orang yang sedang depresi merasa merasa segar atau lebih terjaga.

Selain itu, air dingin yang digunakan untuk mandi dapat memicu pelepasan hormon endorfin. Hormon ini bekerja melawan hormon stres, serta menghasilkan serotonin, zat kimia di dalam otak yang dapat meredakan depresi.

2. Mandi pagi juga bisa meningkatkan imun tubuh. Mandi pagi sebelum shubuh atau pada rentan waktu 4 pagi disinyalir dapat meningkatkan gerakan limfatik. Kinerja limfatik tersebut dapat mendorong sel darah putih untuk melawan infeksi serta virus dalam tubuh. Lihat juga: Cara Membuat Ecobrick Pengganti Batu Bata

Jika dilakukan secara rutin, mandi air dingin pada pagi hari juga dapat membuat sistem sirkulasi tubuh lebih efisien. Hal ini tentunya dapat membantu darah bergerak dengan lebih cepat dan dialirkan ke seluruh tubuh, dan juga dapat membuat kulit terlihat lebih sehat.

3. Mandi pagi bisa meredakan nyeri otot. Hal ini biasa ditemui pada orang-orang yang telah melakukan aktivitas berat. Seperti bekerja, olahraga dan sebagainya. Tentu mandi pagi bisa menjadi obat alami selain beristirahat.

ejauh ini belum diketahui dengan pasti apa yang dapat mengurangi nyeri otot setelah melakukan mandi pagi dengan air dingin. Namun, hal ini diduga berkaitan dengan aktivitas saraf yang dapat meredam efek nyeri dan efek relaksasi.

4. Mandi pagi juga bisa mempercantik rambut dan kulit. Mandi dengan air dingin akan membuat kulit menjadi lebih kencang. Pori-pori kulit juga akan menjadi tertutup, sehingga hal ini dapat mencegah debu dari luar tubuh masuk ke dalam kulit.

Air dingin juga akan memberikan manfaat yang cukup untuk rambut. Rambut dapat menjadi lebih sehat, lebih kuat dan tidak mudah kusam.

5. Mandi pagi dapat meningkatkan kinerja jantung dan memberi energi dalam memulai aktifitas. Mandi pagi begitu malas dilakukan seseorang apalagi jika menggunakan air dingin.

Namun ternyata, ketika tubuh seseorang tersiram air dingin terutama di pagi hari, maka tubuh akan memberikan respon yang cukup positif. Saat tubuh memiliki suhu yang dingin maka secara otomatis tubuh akan merespon untuk mencari udara hangat dari luar.

Hal inilah yang kemudian dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh. Kadar oksigen yang tinggi tentu akan membuat kinerja jantung akan menjadi lebih optimal dan secara otomatis akan menghasilkan energi yang baik bagi tubuh. Lihat juga: usir tikus dengan kamper

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply