6 Manfaat Alami Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kulit

6 Manfaat Alami Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kulit. Buah dengan teksur daging lembut dan manis ini, ternyata memiliki banyak khasiat. Dan dipercaya telah memberikan manfaat kesehatan luar biasa dari zaman dulu.

6 Manfaat Alami Pepaya Bagi Kesehatan

1. Melancarkan pencernaan

Enzim papain yang terkandung dalam pepaya bermanfaat untuk membantu memecah protein dalam proses pencernaan. Sehingga, buah pepaya atau bisa dibuat dalam bentuk jus direkomendasikan sebagai obat alami yang digunakan untuk mengatasi masalah-masalah pencernaan.

Selain enzim papain, pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi yang bermanfaat untuk mencegah sembelit dan meningkatkan paristaltik usus halus.

Baca juga : Temukan Rahasia Alami Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat

2. Anti inflamasi

Pepaya juga mengandung flavonoid. Flanovoid mempunyai beragam manfaat seperti, sebagai anti alergi, Anti inflamasi, anti mikroba, anti kanker dan anti virus.

Selain itu, flavonoid merupakan suatu antioksidan yang bermanfaat sebagai agen oksidatif dan mencegah kerusakan sel oleh radikal bebas.

3. Meningkatkan Daya tahan tubuh

Pepaya adalah sumber vitamin A, B, C, dan K yang bermanfaat untuk meningkatkan  daya tahan tubuh yang sangat baik. Kandungan vitamin A selain bermanfaat untuk meningkatkan imunitas juga dapat menjaga kesehatan kulit.

Kandungan vitamin B berperan penting untuk mencegah infeksi dan membantu proses pencernaan.

Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi dalam pepaya berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan sel oleh radikal bebas.

Sementara kandungan vitamin K dalam buah pepaya berperan penting dalam proses pembekuan darah, menjaga kesehatan tulang serta mengurangi risiko penyakit jantung.

4.  Pembersihan Kulit

Buah pepaya juga dapat digunakan dalam pelengkap kecantikan. Manfaat buah pepaya dalam kecantikan dapat mempercepat regenerasi sel dan membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit akan tampak lebih cerah.

Buah papaya dapat digunakan sebagai masker dengan cara menghaluskan buah papaya yang matang kemudian digunakan sebagai masker secara rutin dua kali seminggu. 

5. Pengobatan Deman Dengue ( demam berdarah )

Selain buah pepaya yang dapat bermanfaat bagi kesehatan, ternyata daun papaya juga mempunyai manfaat yang tak kalah penting untuk kesehatan. Daun pepaya dipercaya dapat digunakan untuk pengobatan demam berdarah dengan cara meningkatkan jumlah trombosit.

Cara membuat jus pepaya untuk meningkatkan trombosit

  • Siapkan beberapa lembar daun pepaya yang baru diambil dari pohonnya.
  • Cuci bersih daun pepaya yang sudah kita siapkan menggunakan air mengalir.
  • Masukkan daun pepaya, air dan juga dapat ditambah sedikit gula bila diperlukan, kemudian dimasukkan dalam blender.
  • Lalu blender bahan tersebut hingga halus.
  • Setelah selesai, tuangkan ke dalam gelas dan jus daun pepaya siap untuk dinikmati.

6. Menurunkan Berat Badan

Buah papaya memiliki  kandungan kalori yang sangat rendah, sehingga dapat menjadi pilihan buah dalam program penurunan berat badan.

Dalam satu porsi buah pepaya 140 gram buah hanya mengandung 60 kalori, dengan total lemak 0,4 gram, tanpa kolesterol, 15,7 gram karbohidrat dan 2,5 gram serat makanan.

Dalam kehidupan sehari-hari, pepaya mentah juga dapat digunakan untuk melunakkan daging.

Sedangkan daun muda dari  pepaya sering dikukus atau ditumis untuk dikonsumsi sebagai sayuran.

Sementara buah yang mentah dibuat menjadi kari dan semur bersama dengan rempah-rempah aromatik yang memberikan cita rasa yang sangat lezat.

Kandungan dalam pepaya

Disamping buah pepaya yang manis, sebagian orang tidak suka karena ada sensasi rasa pahit yang dirasakan, sehingga tak jarang anak-anak sangat susah sekali untuk menyukai buah ini.

Namun, tahukah Anda? Dibalik rasa yang jarang diminati orang, ternyata manfaat alami pepaya memiliki kandungan enzim papain dan beberapa nutrisi penting lainnya. Seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin D, vitamin C, vitamin K, serat tinggi, kalsium, kalium, asam folat dan magnesium. Dalam satu buah pepaya, setidaknya mengandung kurang lebih 235 mg vitamin C.

Asal muasal pepaya

Pepaya adalah tumbuhan yang tidak asing dalam kehidupan kita sehari-hari. Awal mula pepaya berasal dari Meksiko bagian selatan dan  amerika serikat bagian utara, namun saat ini  telah menyebar luas diseluruh daerah tropis, termasuk di Indonesia. Selain itu, buah ini memiliki daging buah yang berwarna oranye yang telihat segar dan begitu menggoda.

Demikian artikel kesehatan tentang 6 Manfaat Alami Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kulit. Semoga bermanfaat ya.

Share on:

Leave a Comment