Mengenal Detail 7 Rahasia Manfaat kesehatan Buah Manggis

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">
Mengenal Detail 7 Rahasia Manfaat kesehatan Buah Manggis
Buah manggis pict by pexels.com

7 Manfaat Kesehatan Buah Manggis

Manggis adalah buah yang  berasal dari Asia Tenggara yang telah ditemukan diseluruh dunia termasuk di wilayah Indonesia. Manggis banyak ditemukan di Negara-negara yang ber iklim tropis.

Buah manggis memiliki kulit yang tebal dan berwarna ungu tua, dan  didalamnya memiliki daging yang tersusun seperti buah jeruk. Memiliki daging buah yang berwarna putih cerah dengan rasa manis dan asam yang menyegarkan.

1. Rendah Kalori

Buah manggis memiliki kalori rendah sebanyak 63 kalori per 100 gr dan 73 kkal dari 4% AKG.

Mengkonsumsi makanan rendah kalori dapat membantu mengurangi rasa lapar dan dapat menjaga berat badan pada batas normal sehingga dapat mencegah resiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

2. Kesehatan pembuluh darah

Buah manggis bermanfaat untuk mencegah anemia. Juga dapat menyebabkan vasodilatasi pada pembuluh darah dan mencegah penyakit seperti aterosklorosis, kolestrol tinggi, jantung koroner dan nyeri dada atau angina.

3. Mengandung vitamin C yang tinggi

Buah manggis kaya akan vitamin C yang dapat mencukupi kebutuhan hingga 12% kebutuhan tubuh per hari dalam 100 gram. Juga kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas sehingga terhindar dari penyakit kronis seperti jantung dan pembuluh darah serta kanker.

4. Membantu mengobati TBC

Buah manggis mengandung alfa mangostin, garcinone, dan beta mangostin yang dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab TBC yaitu Mycobacterium tuberculosis.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah manggis dan kulit manggis mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah radikal bebas yang juga berperan dalam proses terbentuknya aterosklorosis dalam pembuluh darah.

6. Mencegah  Penyakit Kanker

Manfaat antioksidannya sangat banyak dalam kesehatan.  Antioksidan dapat membantu mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular dengan cara melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkan stress oksidatif yang erat kaitannya dengan penyebab kondisi medis yang parah.

7. Anti-Inflamasi dan antioksidan

Buah manggis mengandung xanton. Di dalam tubuh xanton bermanfaat sebagai antioksidan, anti-inflamasi, serta sebagai anti mikroba. Kandungan gamma-mangostin pada kulit manggis dapat digunakan sebagai anti-inflamasi dengan cara menghambat produksi enzim COX-2  yang menyebabkan inflamasi. Gamma-mangostin memiliki efek anti-inflamasi yang tidak kalah baiknya darah produk obat anti-inflamasi di pasaran.

8. Mengobati Penyakit Alzheimer

Buah manggis juga memiliki manfaat kesehatan yang efektivitas untuk membantu mengobati penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer adalah penyakit yang disertai dengan gejala-gejala seperti kebingungan dan kesulitan dalam mengingat.

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">
Kandungan buah manggis untuk kesehatan
Buah manggis dijual di pasar modern pict by pexels.com

Kandungan dalam buah manggis

Buah manggis merupakan salah satu buah yang memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Selain buahnya, kulit manggis yang keras dan berserat, ternyata juga memiliki kandungan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi buah manggis

Dalam buah manggis dengan berat 100 gr, buah yang dapat dikonsumsi adalah 29%.

  • Zat besi  sebanyak 1 mg
  • Vitamin B1 sebanyak 0,03 mg
  • Vitamin C sebanyak 2 mg
  • Lemak 0,6 gr
  • Fosfor sebanyak 12 mg
  • Karbohidrat sebanyak 15,6 gr
  • Kalsium sebanyak 8 mg
  • Dan kandungan kalium, magnesium, dan Vitamin B kompleks

Manfaat kulit buah manggis

Selain itu manfaat diatas , kulit  manggis juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan seperti :

  • Serbuk kering dari kulit buah manggis dapat digunakan sebagai pengobatan disentri.
  • Sebagai ramuan untuk mengobati diare, sedangkan akar dari manggis yang direbus dapat digunakan untuk melancarkan menstruasi.
  • Dapat dibuat sebagai ramuan untuk mengobati diare,
  • Sebagai anti piretik yang bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh dan mengobati sariawan serta membantu meringankan gejala infeksi saluran kemih.

Sejarah dan habitat tumbuhan manggis

Manggis atau nama ilmiahnya Garcinia mangostana L adalah tumbuhan yang tumbuh di daerah tropika. Berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara.

Tumbuhan ini bisa tumbuh mencapai 7 meter sampai dengan 25 meter. Warna buah merah keunguan ketika sudah matang ( masak ). Buah manggis sering disebut ratu buah dalam perdagangan.

Buah ini sangat terkenal dengan kandungan antiinflamasi dan kadar antioksidan tertinggi dibandingkan buah-buahan lainnya.

Mengenal Detail 7 Rahasia Manfaat kesehatan Buah Manggis
Memilih buah manggis yang layak dikonsumsi

Tips membeli buah manggis

  1. Pilih warna ungu kehitaman. Hindari memilih kulit yang pecah dan ada noda getah kuning di permukaan. Tanda matang dan manis ditandai dari warna kulit yang ungu kehitaman mulus dan tidak noda kuning dari getahnya.
  2. Pilih kulit yang empuk. Jika ditekan dan keras, ini tandanya kualitas tidak bagus.
  3. Pilih bertangkai hijau segar dan memiliki daun kelopak utuh yang menempel pada tangkai.

Sumber

Baca juga : 7 Manfaat Rahasia Kandungan Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply