Inilah 7 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

7 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh. Buah markisa adalah buah yang memiliki manfaat kesehatan yang dikenal sebagai Passiflora. Buah markisa banyak ditemukan di Negara-negara yang ber iklim hangat, termasuk di Negara Indonesia.

Buah markisa adalah buah yang berbentuk bulat dan mempunyai biji yang berselaput kuning dengan rasa dan aroma yang sangat enak dan segar.

7 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Kita

Manfaat buah markisa
Jus markisa pict by freepik

Berikut beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh yang bisa kita  kita nikmati manfaatnya, yaitu :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah markisa adalah buah yang memiliki manfaat dengan nutrisi yang mengandung vitamin A dapat membantu kesehatan kulit, penglihatan, dan system kekebalan tubuh.

2. Menjaga kesehatan syaraf.

Buah markisa kaya akan antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu untuk membersihkan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sehingga antioksidan penting untuk menjaga system tubuh dan meningkatkan aliran darah, khususnya darah yang mengalir ke otak dan system saraf

3. Mencegah gangguan pada pencernaan dan usus.

Buah markisa yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, buah markisa juga memiliki daging yang mengandung banyak serat makanan dapat membantu mengatur sistem pencernaan dan menjaga gangguan usus.

4. Menjaga tekanan darah yang sehat.

Tekanan darah dapat menyebabkan penyakit serangan jantung dan stroke. Namun, buah markisa yang memiliki manfaat untuk kesehatan, dapat menjaga tekanan darah dan menawarkan manfaat obat penenang, karena memiliki kandungan kalium tinggi dan natrium rendah, sehingga dapat melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan.

Buah markisa yang kaya akan serat, dapat memudahkan pergerakan usus, bahkan ketika dikonsumsi, dapat memperlancar pencernaan dengan bantuan enzim-enzim yang meningkatkan pencernaan diperut.

6. Merawat kesehatan kulit dan mata.

Buah markisa yang memiliki kandungan untuk kesehatan dapat digunakan sebagai diet, dimana diet ini merupakan sumber dari vitamin A. Oleh karena itu, buah markisa yang memiliki kandungan vitamin A sangat dibutuhkan untuk perawatan terhadap masalah penglihatan.

Selain itu, buah yang memiliki kandungan vitamin A dapat mencegah risiko katarak, rabun senja, dan degenerasi makula. Sehingga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit dengan mengurangi keriput.

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

7. Mencegah kerusakan sel dan kanker.

Buah markisa yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin antioksidan, dapat menetralisir radikal bebas dan melindungi kesehatan tubuh dari kerusakan sel dan penyakit kanker.  Di mana radikal bebas merupakan zat yang terbentuk secara alami saat terjadinya proses metabolisme di dalam tubuh.

Kandungan Dalam Buah Markisa

buah markisa
Buah markisa dibelah pict by freepik

Buah markisa yang kaya akan serat, memiliki kandungan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh seperti kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Selain itu, buah manggis juga memiliki kandungan vitamin C, yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut adalah kandungan nutrisi dari buah markisa, yaitu :

  • Buah markisa memiliki kalori sebanyak 17
  • Buah markisa mengandung serat sebanyak 2gr
  • Buah markisa mengandung vitamin C sebanyak 9% dari harian (DV)
  • Buah markisa juga memiliki kandungan vitamin A sebanyak 8% dari DV
  • Buah markisa memiliki kandungan besi  sebanyak 2% dari DV
  • Buah markisa memiliki kandungan kalium  sebanyak 2% dari DV

Sementara buah markisa yang memiliki kandungan hanya 17 kalori merupakan sumber dari kandungan serat, dan kandungan vitamin A. Buah markisa dalam kandungan serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mampu menurunkan risiko terhadap penyakit kardiovaskular.

Sementara buah markisa yang memiliki kandungan viatamin A dapat di artikan bahwa biji dalam buah markisa merupakan sumber dari vitamin A yang dapat memenuhi 8% dari konsumsi vitamin A yang dibutuhkan. Sehingga buah markisa banyak mengandung nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Tips membeli buah markisa

Membeli buah markisa tidaklah terlalu sulit apalagi memilih yang terbaik. Salah pilih akan mendapatkan rasa yang asam. Untuk itu mari kita mengetahu ciri-ciri buah markisa matang dan manis rasanya.

  1. Ciri matang adalah memiliki bintik-bintik hitam pada kulitnya.
  2. Hindari membeli kulit yang ada lubang-lubang kecil atau pecah.
  3. Kulit berkeriput dan lebih gelap menandakan terlalu matang. Terlalu matang juga bagus. Karena rasanya semakin manis dan segar.
  4. Selain memiliki bintik-bintik hitam dan berkerut, pilih juga bertekstur lunak lembut dan tidak ada tanda-tanda kebusukan di kulitnya.

Sumber

Baca juga : Manfaat Olahraga Untuk Pasangan Suami Istri

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply