Website

Manfaat Kecepatan Website Dalam Bisnis Online

Manfaat kecepatan website sangat dibutuhkan. Semakin cepat loading website, semakin tinggi pula minat pengunjung website Anda untuk menjelajahi seluruh konten dalam website. Ini membahas bisnis online yang dijalankan dalam sebuah website.

Kebayang gak sih, jika Anda mengunjungi sebuah website. Ketika Anda klik artikelnya atau konten lainnya, terasa lama sekali untuk melihat keseluruhan isi konten tersebut. Apa yang Anda rasakan dan pikirkan? Yang pasti Anda merasa bosan untuk menunggu dan membuat Anda berpikir “kok lemot sekali ya”.

Sehingga Anda malas untuk melanjutkan untuk browsing seluruh isi di dalam website tersebut. Dan akhirnya Anda mencari website lain yang sesuai dengan pencarian Anda.

Nah Anda tidak mau seperti itu kan? Memiliki sebuah website tetapi loading website lama sekali. Apalagi website tersebut digunakan untuk kegiatan ekonomi sebagai penghasilan utama Anda. Jangan sampai itu terjadi. Perih rasanya jika mendapatkan umpatan pengunjung walaupun tidak langsung.

Pengertian Kecepatan Website

Pengertian kecepatan loading website adalah lama waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan seluruh isi dalam satu halaman website. Baik itu mengaksesnya menggunakan laptop, komputer, smartphone dan gadget lain yang digunakan sebagai browser.

Temukan penyebab website lemot di artikel Penyebab Website Menjadi Lambat.

Cara Menilai Kecepatan Website

Menurut pakar SEO Geoff Kenyon, ada 4 cara menilai kecepatan website Anda. Semua dinilai dari hitungan detik mengakses website. Berikut cara yang digambarkan oleh seo Expert dari situs Moz ini :

  1. Jika 1 halaman website dimuat dalam waktu 5 detik, maka kecepatan website berada di posisi 25% dibandingkan kecepatan website lainnya.
  2. Jika 1 halaman website dimuat dalam waktu 2,9 detik, maka kecepatan website berada di posisi 50% dibandingkan kecepatan website lainnya.
  3. Jika 1 halaman website dimuat dalam waktu 1,7 detik, maka kecepatan website berada di posisi 75% dibandingkan kecepatan website lainnya.
  4. Jika 1 halaman website dimuat dalam waktu 0,8 detik, maka kecepatan website berada di posisi 94% dibandingkan kecepatan website lainnya.

Jadi bisa disimpulkan, jika Anda memiliki sebuah website dengan loading 1 halaman sampai selesai membutuhkan 5 detik. berarti situs Anda termasuk dalam kategori cepat. Dalam posisi ini, berarti kecepatan website Anda dalam posisi aman. Jadi rasa was-was takut mengecewakan pengunjung website akan sirna.

Untuk mengecek kecepatan website Anda bisa menggunakan tools ini : https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Tapi, apakah kecepatan 5 detik cukup untuk website bisnis?

Sebenarnya untuk bisnis kecil atau pemula, nilai kecepatan 5 detik masih lumrah. Tetapi lebih bagus lagi untuk ditingkatkan.

Berapa Kecepatan Website dalam Website Bisnis?

Berdasarkan sumber dari situs Google di artikel Cara Penilaian Google Dalam Menentukan Kecepatan Website, bahwa 53% pengunjung akan meninggalkan website jika kecepatan loading 1 halaman penuh memakan waktu lebih dari 3 detik. Jadi 5 detik masih terlalu riskan untuk mempertahankan kepuasan pengunjung website.

Manfaat kecepatan website memang sangat berpengaruh. Seperti yang dialami situs Modzilla. Di awal situs mereka sangat lambat untuk diakses. Setelah menambah kecepatan menjadi 2,2 detik, membuat situs memperoleh download browser firefox sebanyak 60 jta kali lebih banyak setai tahunnya.

Wow, segitu besar manfaat kecepatan website ya.

Bagaimana Meningkatkan Kecepatan Website

Ada banyak cara meningkatkan kecepatan loading website bisnis Anda. Anda bisa mencoba dengan membaca artikel Panduan Mempercepat Loading Website di situs OST Trading tercinta ini. Di artikel tersebut akan dijelaskan secara detail mulai dari awal memiliki website dan memiliki website setelah sekian lama. Cocok untuk pemula yang belum mengetahu pembuatan website.

Itulah tadi sekilas tentang fungsi kecepatan website di website bisnis Anda. Jangan biarkan Anda kehilangan peluang mendapatkan keuntungan besar dari website hanya karena kecepatan lelet.

Sekian dulu artikel tentang website ini. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan menggunakan kolom komentar. Tidak perlu mendaftar untuk berkomentar, bahkan Anda bisa meninggalkan backlink organik untuk SEO website Anda. Jangan lupa share ke teman-teman ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button