Inilah 6 Manfaat Kesehatan Minyak Zaitun, Jenis, Penggunaan, Penyimpanan dan Tips Membeli

Inilah 6 Manfaat Kandungan Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh. Minyak zaitun adalah minyak yang didapatkan dari buah zaitun dengan nama latin Olea europaea L. Tanaman zaitun ditemukan didaerah kawasan mediterania seperti daerah timur tengah, italia, spanyol, dan negara-negara lain disekitarnya.

6 Manfaat Kandungan Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah 7 Manfaat Kandungan Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh
Minyak zaitun murni pict by pexels.com

1. Kaya akan antioksidan terutama extra virgin olive oil

Minyak zaitun mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yaitu asam oleat sekitar 70% dari total kandungan minyak. Asam oleat dapat bermanfaat sebagai anti-inflamasi.

Selain kandungan asam oleat, minyak zaitun juga mengandung vitami E dan K. Selain itu minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang berperan aktif secara biologis dapat mengurangi resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Sebagai anti-inflamasi

Inflamasi dikaitkan dengan pemicu terjadinya penyakit seperti kanker, diabetes mellitus tipe 2, alzaimer, artritis, dan obesitas. Minyak zaitun jenis extra virgin olive oil mengandung senyawa oleochantal yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan bekerja mirip ibuprofen dan obat anti-inflamasi lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa 50 ml dari extra virgin olive oil mempunyai efek yang sama dengan 10%  dosis dewasa  dari ibuprofen. Selain asam oleat, asam lemak dari minyak zaitun dapat menurunkan kadar CRP (C-reactive protein) yang menjadi parameter terjadinya inflamasi.

3. Menurunkan resiko penyakit stroke

Stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak yang disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah atau pendarahan diotak.

Dalam penelitian terhadap 841.000 orang ditemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber asam lemak tak jenuh tunggal  yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Dalam studi lain sebanya 140.000 orang yang mengkonsumsi minyak zaitun memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi minyak zaitun.

4. Dapat mencegah dari penyakit jantung

Minyak zaitun mengandung polifenol yang dapat  membantu menurunkan resiko penyakit jantung.

Namun untuk terbebas dari penyakit jantung harus tetap diimbangi dengan olahraga yang rutin, menghindari stress, dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kadar LDL dan mempertankan kadar HDL dalam tubuh yang bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

5. Mencegah obesitas

Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun bermanfaat untuk pengolahan lemak dalam tubuh yang dapat menjaga berat badan dalam batas normal dan mencegah terjadinya obesitas.

6. Mencegah kanker

Selain mengurangi resiko obesitas dan sebagai anti-inflamasi, antioksidan juga bermanfaat untuk mengurangi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker.

Jenis dan macam-macam minyak zaitun

Jenis dan macam-macam minyak zaitun
Macam macam minyak zaitun pict by pexels.com

1. Extra virgin olive oil

Minyak zaitun jenis ini adalah minyak terbaik dari jenisnya. Untuk mendapatkan extra virgin olive oil harus dengan cara: 

  1. Buah yang digunakan harus dipetik minimal 24 jam sebelum proses produksi.
  2. Diekstraksi dengan cara non kimia, mekanis.
  3. Tanpa menggunakan panas berlebih yaitu dibawah 28o C.
  4. Tingkat keasaman harus kurang dari 0,8.
  5. Buah yang digunakan harus bagus, memiliki rasa dan aroma yang sempurna.

2. Virgin olive oil

Berasal dari perasan pertama dan syarat keasaman harus kurang dari 2% sehingga kualitasnya lebih rendah dari extra virgin olive oil. Namun, rasa dari virgin olive oil  lebih lembut dari exra virgin olive oil.

3. Rifined olive oil

Adalah jenis minyak zaitun yang telah dimurnikan dengan menggunakan zat kimia sepeti asam, alkali, dan panas untuk mengektraksi sebanyak mungkin dari buah zaitun yang tersisa dari perasan pertama.

Hasil dari ektraksi ini adalah minyak yang mengandung lemak  dan asam yang tinggi dan tidak memiliki rasa dan aroma serta kandungan antioksidannya lebih rendah, sehingga produsen biasanya menambahkan virgin olive oil sebagai campuran untuk memberikan rasa, aroma, dan warna.

4. Olive pamoce oil

Adalah jenis terendah dari minyak zaitun yang produksi  dari Kulit zaitun, pulp (daging buah biji) yang dipanaskan, kemudian minyaknya di ekstraksi menggunakan pelarut heksana. Hasil minyak pamoce kemiduan dimurnikan seperti pada pure olive oil. Rasa dari minyak pamoce hambar dan sangat rendah aktioksidan.

5. Lampante oil

Adalah minyak yang dihasilkan dari buah zaitun yang sudah rusak dan busuk dan dilakukan dengan cara yang tidak bener sehingga minyak ini tidak layak untuk dikonsumsi.

Cara penyimpanan dan penggunaan minyak zaitun

Kemasan botol sebaiknya jangan lupa tutup botolnya setelah penggunaan. Dan simpanlah ditempat gelap dan sejuk. Masa penggunaan minyak zaitun paling lama 2 tahun. Tetapi ada baiknya menggunakannya dan menghabiskan selama 6 bulan. Dikarenakan kandung anti oksidan dalam minyak zaitun bertahan paling lama 1 tahun.

Jika menyimpan di kulkas, minyak akan menjadi dingin dan agak membeku. Namun anda tidak perlu khawatir, karena kandungan oksidan tetap terjaga. Minyak akan cair dan jernih kembali jika diluar kulkas dalam waktu tertentu.

Tips Membeli minyak zaitun

  • Membeli minyak zaitun sesuai dengan penggunaan selama 6 bulan.
  • Pililah toko yang memiliki pengunjung ramai dan memajang jenis minyak zaitun berbagai merek dalam jumlah banyak. Biasanya toko seperti ini perputaran produk karena terjual cepat habis. Jadi persediaan selalu baru.

Sumber

  • Healthline. 2018. 11 Proven Benefits of Olive Oil. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-olive-oil. Diakses tanggal 08 maret 2020.
  • Anonim. The different types of olive oil. https//www.extravirginspain.com/the-different-types-of-olive-oil.html. diakses tanggal 08 maret 2020.

Baca juga : 7 Kiat Hidup Sehat Menghindari Penyakit Kanker

You may also like...

Leave a Reply