5 Manfaat Penting Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Manfaat Pisang untuk Kesehatan. Pisang adalah buah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan mempunyai rasa yang lezat. Pisang banyak mengandung nutrisi penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, kesehatan jantung, dan membantu program peningkatan berat badan.

Selain kandungan gizi yang lengkap buah pisang juga mempunyai rasa yang lezat serta banyak disukai oleh banyak orang.

5 manfaat buah pisang bagi kesehatan kita

5 Manfaat Penting Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh
Buah pisang dengan bintik coklat di kulit pict by pexels.com

Pisang merupakan buah yang cukup populer di dunia.  Pohon pisang awal mulanya berasal dari Asia Tenggara, namun saat ini sudah tersebar diseluruh dunia yang bersuhu hangat. Buah pisang memiliki banyak variasi baik warna, bentuk, dan ukuran.

1. Membantu menurunkan kadar gula diabetes

Buah pisang mengandung pektin yang sangat tinggi. Pisang yang mentah mengandung pati resisten, yang bertindak sebagai serat yang larut air. Baik pektik ataupun pati resisten dapat mempengaruhi kadar gula darah setelah makan dan menurunkan nafsu makan dengan cara memperlambat proses pengosongan lambung, sehingga produksi gula juga akan menurun.

Buah pisang memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah. Gi merupakan suatu ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah.  Pada pisang mentah memiliki indeks glikemik (GI) sekitar 30, semntara pisang yang sudah matang memiliki indeks glikemik (GI) sekitar 60. Nilai rata-rata untuk semua pisang yaitu 51. Hal ini menunjukkan bahwa pisang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada orang sehat.

Namun, hal ini bisa saja tidak berlaku untuk pasien dengan diabetes tipe 2 yang harus membatasi mengkonsumsi buah pisang yang matang dan harus dilakukan pemantauan gula darah apabila mengkonsumsinya, batas yang masih dapat ditoleransi yaitu hanya setengah dari 1 pisang utuh.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam buah pisang yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan, termasuk memperbaiki saluran pencernaan. Pisang berkurang sedang mengandung serat sekitar 3 gram. 

Pisang mengandung dua jenis serat utama yaitu pektin dan pati resisten. Serat jenis pati resisten menjadi makanan yang sangat menguntungkan untuk bakteri dalam usus. Serta beberapa studi mengatakan manfaat pektin untuk melindungi tubuh dari kanker usus.

3. Menurunkan tekanan darah

Buah pisang mengandung kalium yang berperan penting untuk menurunkan tekanan darah. Untuk menurunkan tekanan darah ginjal akan mengendalikan jumlah cairan dalam tubuh. ketika cairan dalam tubuh semakin banyak maka tekanan darah akan semakin tinggi.

Fungsi ginjal adalah menyaring zat-zat yng masih dibutuhkan untuk dkembalikan ke pembuluh darah, sedangkan yang tidak diperlukan akan dibuat lewat urin. Proses ini melibatkan kalium dan natrium untuk menarik air melewati dinding sel ginjal. Ketika kadar natrium tinggi makan akan mengganggu keseimbangan tersebut, dan kemampuan ginjal untuk membuang cairan akan menurun sehingga tekanan darah akan meningkat.

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Mengkonsumsi buah pisang akan meningkatkan jumlah kalium yang dapat mengembalikan keseimbangan antara kalium dan natrium.  Sehingga, ginjal akan bekerja secara efisien dan dapat menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah resiko penyakit jantung dan degeneratif

Buah pisang mengandung anti oksidan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah pisang mengandung beberapa jenis antioksidan termasuk dopamin dan katekin. Kandungan antioksidan ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

5. Meningkatkan berat badan

Buah pisang dapat meningkatkan berat badan. Kombinasi antara susu dan pisang dapat meningkatkan berat badan secara cepat. Susu mengandung protein dan pisang mengandung gula. Selain itu pisang sangat mudah untuk dicerna sehingga orang dengan berat badan dibawah normal dapat mengkonsumsi buah pisang hingga 6 buah dalam sehari.

Kandungan buah pisang

Kandungan buah pisang
Wanita ini gemar sekali makan buah pisang dan menemukan kegunaan lain dari kulit pisang menjadi pengganti pita di rambut. pict by pexels.com

Pisang mengandung serat yang cukup tinggi dan beberapa anti oksidan. Dalam 1 porsi pisang dengan berat 118 gram (pisang berukurang sedang) mengandung:

  • Pottasium 9%
  • Vitamin B6 33%
  • Vitamin C 11%
  • Magnesium 8%
  • Copper (Cu) 10%
  • Manganese (Mn) 14%
  • Karbohidrat bersih 24 gram
  • Serat 3,1 gram
  • Protein 1,3 gram
  • Lemak 0,4 gram

Dalam satu porsi pisang hanya mengandung kalori sebanyak 105 kkal, kandungan terbanyak adalah karbohidrat dan air,  protein dalam jumlah sedikit serta hampir tidak mengandung lemak.

Tips penting memilih saat membeli pisang

  1. Pilih berbintik coklat. Bintik coklat yang menempel di kulit pisang biasanya menjadi spot gula atau sugar. Memang kelihatannya tidak menarik, tetapi ciri pisang ranum dan manis adalah memiliki bintik coklat.
  2. Bentuknya bulat memanjang, Jika ada di bagiannya membentuk siku, itu artinya pisang masih mentah.
  3. Memilih tandan yang masih segar dengan warna hijau segara. Jika warna coklat tua mengering itu tandanya kurang segar karena dipanen telah lama.
  4. Warna kuning cerah menyeluruh di kulit pisang.
  5. Bertekstur lembut pada kulit. Mencobanya dengan menekan pelan pada permukaan kulit. Jika terasa keras, artinya tidak matang secara alami melainkan diperam.

Sumber

Baca juga : 7 Manfaat Penting Buah Markisa Bagi Kesehatan Tubuh

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply