Tips

Cara Membuat Iklan Promosi Online Yang Efektif

Jika Anda ingin mempelajari cara membuat iklan, Anda berada di tempat yang tepat. Artikel ini juga dapat membantu pebisnis mengemas sebuah iklan menjadi menarik untuk dilihat, serta menarik minat untuk membeli, ataupun menjadi konsumen produk bisnis Anda.

Apa Itu Iklan?

Menurut Wikipedia, sebuah iklan:

“Iklan atau promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran audio atau visual, yang menggunakan pesan non-pribadi yang disponsori secara terbuka, untuk mempromosikan atau menjual produk, layanan, atau ide”.

Ada banyak jenis iklan, masing-masing khusus untuk kampanye tertentu atau, bagian tertentu dari kampanye.

Di artikel ini, kami membahas tentang iklan online saja, dan apa yang diperlukan untuk membuat iklan online. Sebelum itu, yuk membahas tentang manfaat iklan promosi.

Apa Sih Manfaat Iklan?

Manfaat penting dari sebuah iklan adalah memperkenalkan produk dari sebuah bisnis ke banyak orang. Dengan tujuan untuk mendapatkan ketenaran dan penjualan.

Berikut manfaat lain dari sebuah iklan promosi online :

  1. Meningkatkan Penjualan Produk. Melakukan iklan atau promosi secara rutin atau massal, bisa meningkatkan potensi penjualan produk atau jasa bisnis. Dan iklan atau promosi selalu terbukti bisa mendongkrak penjualan walaupun tidak menciptakan produk baru. Salah satu contoh tindakan promosi, tanpa menciptakan produk baru, yakni penggunaan email untuk menyampaikan iklan.
  2. Menarik Perhatian Pasar. Dengan melakukan iklan atau promosi secara rutin bisa meningkatkan lirikan pasar ke produk bisnis. Salah satu kegiatan iklan yang menarik perhatian pasar, yakni menjual harga mobil seperti membeli 1 bungkus nasi goreng. Hal ini pernah dilakukan salah ecommerce terbesar di Indonesia. Sehingga menarik jutaan orang untuk ikut serta memperebutkan beli mobil seharga sebungkus nasi goreng.
  3. Meningkatkan Brand Awareness atau Kesadaran Merek. Apa itu kesadaran merek atau brand awareness? Brand Awareness atau kesadaran merek adalah sejauh mana pelanggan dapat mengingat atau mengenali suatu merek dalam kondisi yang berbeda. Sumber Wikipedia. Agar lebih lebih jelasnya, contohnya seperti ini, air mineral. Orang-orang mebeli air mineral di toko, warung atau minimarket selalu menyebut Aqua. Padahal merek air mineral yang beredar sangat banyak. Nah itulah disebut kesadaran merek atau brand awareness.
  4. Meningkat Kesetiaan atau Loyalitas Pelanggan. Dengan promosi disertai penawaran promo-promo menarik bisa menjaga loyalitas pelanggan Anda. Selain itu, bisa menjaga konsumen Anda direbut oleh kompetitor bisnis Anda. Contohnya, iklan sikat gigi. selalu ada saja merek sikat gigi setiap bulannya. Misalnya Pepsodent, agar tetap konsumen selalu menggunakan produk sikat gigi mereka, maka mereka selalu membuat iklan sikat gigi dengan penawaran menari. Seperti, harga sekian dapat 3 sikat gigi, desain yang menarik tidak membuat mulut lebar atau bulu sikatnya lebat dan lembut.

Itulah tadi sekilas tentang manfaat iklan untuk memasarkan produk bisnis Anda. lalu bagaimana membuat iklan yang efektif?

Cara Membuat Iklan Promosi Online Efektif

Dimulai dengan memilih situs iklan online yang tepat. Saran kami gunakan situs iklan yang mengerti cara tepat mempromosikan produk Anda. Selain itu, ada beberapa cara lainnya. Tepatnya menyisipkan beberapa info menarik, agar iklan Anda dibaca.

Apa saja itu? Yuk simak info selanjutnya di bawah ini.

1. Menentukan Situs Iklan yang Tepat

Ada banyak situs iklan di internet. Tetapi kebanyakan dikenakan bayaran dan hasilnya juga tidak maksimal. Saran kami gunakanlah website iklan yang terpercaya. Salah satunya OST Trading. OST Trading akan membantu mengiklankan produk dengan :

  • Tanpa direpotkan pendaftaran akun untuk memasang iklan
  • Jumlah iklan tidak dibatasi.
  • Tidak dikenakan biaya alias gratis.
  • Mudah memasang iklan.
  • Dipasarkan ke jutaan orang dalam waktu singkat.

2. Membuat Judul dan Isi Iklan yang Menarik

Buatlah judul atau slogan yang unik serta menarik perhatian pengunjung website iklan. Gunakan kata-kata yang membuat penasaran atau menarik minat. Ingat judul iklan merupakan faktor penentu utama agar pengunjung menjelajahi iklan Anda.

Kemudian membuat isi iklan yang menarik. Agar semakin menarik minat beli, sebaiknya isi iklan disisipi salah satu penawaran fantastis, seperti:

  • Memberikan diskon atau potongan harga.
  • Mengadakan bonus pembelian. Contohnya beli 2 gratis 1.
  • Menawarkan cashback setiap nominal transaksi yang ditentukan. Misalnya belanja Rp.50 ribu untuk produk apa saja, berhak mendapatkan cashback sebesar 25% dari harga produk.
  • Memberikan ongkos kirim gratis. Contohnya, gratis biaya kirim untuk transaksi belanja sebesar Rp.200 ribu.
  • Mengadakan flash sale atau cuci gudang. Teknik ini sering digunakan untuk menghabiskan persediaan produk yang tersisa. Sering dilakukan di akhir tahun ataupun event-event tertentu.
  • Memberikan bonus pembelian. Seperti, beli kulkas 5 pintu, dapatkan bonus lemari 10 pintu.
  • Menyediakan voucher atau kupon. Cara ini sering kami temukan di aplikasi Gojek, mall atau tempat makan terkenal di Indonesia.
  • Memberikan garansi seperti mengganti produk yang rusak atau hilang yang terjadi di saat pengiriman,
  • Menyediakan berbagai sistem pembayaran. Seperti ewallet, ovo, gopay, internet banking, bayar di tempat dan sistem pembayaran online lainnya.
  • Memberikan tester atau sample produk. Misalnya Anda menjual parfum, Anda bisa memberikan sampel atau tester jenis parfum lainnya. Agar parfum lainnya bisa dikenal dan terjual kepada pelanggan Anda.

3. Menyiapkan Gambar atau Video Produk

Manfaat gambar atau video produk untuk iklan juga sangat mendukung keefektifan iklan Anda. Jika tidak bisa desain, serahkan kepada yang ahli. Agar mendapatkan hasil yang optimal.

Dalam dunia advertisement, iklan dengan tampilan visual grafis yang menarik terbukti meningkatkan penjualan. Saran kami, jika menggunakan gambar, sebaiknya size gambar diperkecil. Agar pengunjung yang membaca iklan Anda cepat mengakses.

Sedangkan untuk video, sebaik diupload di youtube. Lalu gunakan link atau tautan video yang diupload video tadi di deskripsi iklan Anda. Nanti akan terembed otomatis.

4. Menggunakan Publik Figur atau Selebriti

Untuk yang terakhir ini, bisa digunakan jika budget iklan Anda memadai. Jika budget kurang, cara 1 s/d 3 sudah cukup untuk membuat iklan promosi online yang efektif.

Itulah tadi artikel cara membuat iklan promosi online yang efektif. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya.

Untuk mempromosikan produk di situs OST Trading, Anda bisa memulai beriklan di >>> Pasang Iklan Gratis Sepuasnya.

1 2Next page

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button