Tips

5 Cara Memilih Produk Yang Tepat Untuk Dijual

Melanjutkan artikel usaha online shop baju, dan artikel cara memilih produk yang tepat dijual ini, juga bisa diterapkan untuk produk lainnya. Tujuannya, agar penjual tidak kaku dalam berjualan.

Selain itu, menambah wawasan seller online menjaga kemampuannya dalam menanggapi pertanyaan dan permintaan produk.

Cara memilih produk yang cocok untuk dijual, ada beberapa faktor yang Anda harus pahami. Tidak mungkin kan Anda jualan, tapi tidak mengerti sama sekali tentang produk yang dijual.

Berikut cara memilih produk yang tepat untuk jualan online Anda, pilihlah sesuai dengan kemampuan Anda.

1. Pilih Produk yang Anda Sukai dan Kuasai

Dengan memilih produk yang Anda sukai dan Anda menguasai seluk beluk produk tersebut, maka Anda dengan menjawab semua pertanyaan seputar produk yang ditanyakan oleh konsumen ataupun calon konsumen.

Misalnya Anda berjualan baju. Karena Anda pecinta fashion dan tahu memilih jenis kain yang berkualitas baik. Jadi Anda bisa menjawab pertanyaan seputar jenis kain, cara perawatan, durasi pemakaian dll.

Contoh lainnya, berjualan ikan cupang. Karena Anda hobi pelihara ikan cupang, tentu Anda memiliki banyak pengalaman sehingga seluk beluk ikan cupang.

Tapi jika Anda memaksa untuk menjual produk yang tidak dikuasai, mau tidak mau Anda mempelajari produk itu sendiri. Inti memahami produk yang dijual, sangat membantu melancarkan proses penjualan produk Anda. Maupun online atau offline.

2. Riset Permintaan Pasar

Agar semakin maksimal penjualannya, maka Anda memilih produk yang akan dijual dengan riset permintaan pasar. Untuk kebutuhan hobi, biasanya permintaan produk berhubungan hobi tidak ada matinya. Sama hal dengan produk kebutuhan pokok, seperti beras, gula, bumbu masakan, sayuran dan sejenisnya.

Bisa Anda memilih produk terlaris saat ini dan juga berhubungan dengan rumah tangga. Ya, alat rumah tangga juga tetap menjadi produk yang memiliki permintaan tinggi di market.

Atau produk pest control, seperti pengusir tikus, kecoak, serangga atau cicak. Bisa juga produk kebersihan, seperti alat melancarkan wc mampet, saluran air macet dan lain-lainnya, yang berhubungan dengan kebersihan.

3. Mengetahui Jumlah Kompetitor

Ada baiknya jumlah kompetitor Anda. Apakah produk yang Anda jual, juga dijual banyak orang. Semakin tinggi jumlah pesaing, semakin sulit mendapatkan keuntungan.

Biasanya kondisi seperti ini, sering terjadi di dalam penjualan produk kebutuhan pokok. Contohnya, berjualan pulsa, toko kelontong, jualan baju dan produk pokok lainnya.

Untuk mengatasi memilih produk dengan jumlah kompetitor tinggi, sebaiknya mengambil keuntungan sedikit dari penjualan per unit. Tidak apa-apa untung sedikit, tetapi kuantitas tinggi.

Selain itu, berikan pelayanan yang lebih memuaskan dari kompetitor Anda. Harga serupa tetapi mendapatkan layanan plus. Tentu ini akan menjadikan Anda juara dalam persaingan berjualan.

4. Pilih Produk Unik

Memilih produk unik untuk dijual, sangat baik. Karena persaingan di dalam penjualan sedikit. Salah satu cara untuk berjualan dengan minim persaingan.

Misalnya, menjual produk masker transparan. Produk sangat unik. Biasanya masker yang dijual, rata-rata tertutup atau tidak transaparan. Berdasarkan hasil pengamatan kami, penjualan produk masker transparan tidak sampai 10 orang di berbagai situs-situs marketplace di Indonesia.

Sudah pasti, ini akan menjadi peluang baik untuk memulai usaha jualan. Harga murah, merupakan kebutuhan pokok saat ini, dan kecil peluang untuk bersaing.

5. Membuat Produk Sendiri

Menjual produk buatan sendiri, merupakan cara memilih produk jualan yang tepat. Anda memiliki ide, lalu membuat produk dan jual. Apalagi, produk buatan sendiri tersebut baru 1 orang yang memproduksi, yakni Anda sendiri. Wow, sudah pasti cepat laku.

Karena, Anda yang membuat sendiri, tentu Anda akan fasih menjawab semua pertanyaan seputar produk Anda. Anda sangat paham dengan seluk beluk produk yang dijual.

Anda juga bebas menentukan harga, mulai dari harga reseller, dropshipper maupun grosir.

Tentu ada kelemahan juga, yakni brand baru. Brand baru biasanya belum dikenal banyak orang, jadi agak sulit langsung laku di pasaran.

Tapi Anda tidak perlu khawatir untuk permasalahan tersebut. Gunakan iklan secara rutin, untuk mempercepatkan proses perkenalan brand produk Anda. Anda bisa menggunakan fitur pasang iklan di OST Trading.

Kesimpulan

Anda bisa memilih 1 atau 3 cara dari 5 cara memilih produk jualan di atas. Gunakan yang sesuai dengan apa yang Anda miliki saat ini. Dan selalu berjualan dengan jujur juga utamakan ekonomis. Anda bisa memulai jualan gratis di situs-situs marketplace di Indonesia.

Sekian dulu artikel ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-teman ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button