10 Cara Memulai Menanam Selada Hijau Dengan Hidroponik Di Rumah

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

10 Cara Memulai Menanam Selada Hijau Dengan Hidroponik Di Rumah. Dalam memanfaatkan lahan yang kosong, menanam selada hijau dengan sistem hidroponik ialah hal yang tepat. Menanam selada hijau dengan sistem ini memang cukup menjanjikan, selain untuk konsumsi pribadi juga bagi sektor ekonomi.

Selada hijau dapat dengan mudah ditanam dan caranya pun hampir sama dengan tanaman air sebangsanya.

Jenis Selada

Terdapat setidaknya 4 jenis benih selada yang umum digunakan. Benih Selada Geand Rapids direkomendasikan untuk ditanam di daerah dengan dataran rendah, menengah, dan tinggi. Selanjutnya ada benih selada Kriebo, selada Iceberg, dan selada Lettuce red romaine. Lihatjuga: 6 Cara Membuat Kolam Ternak Lele Dengan Sistem Biona

Manfaat Selada Hijau

Banyak orang tidak mengetahui bahwa banyak manfaat dalam mengonsumsi selada hijau. Diantaranya ialah :

  1. Ampuh melindungi tubuh dari serangan radikal bebas sehingga bisa mencegah penyakit kronis yang cukup berbahaya. Sebab tumbuhan yang satu ini memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi.
  2. Mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Sebab tumbuhan ini mengandung nitrat yang bisa melebarkan pembuluh darah sehingga darah bisa dengan mudah mengalir ke seluruh tubuh.
  3. Menyehatkan mata. Hal ini karena kandungan vitamin c yang bisa mencegah katarak pada mata.
  4. Mencegah terjadinya kanker. Senyawa phytochemical dan isothicyanate ini bisa mencegah kanker dengan cara menjaga sel-sel dalam tubuh. Seperti kanker usus, prostat, paru dan kulit.

10 Cara Memulai Menanam Selada Hijau Dengan Hidroponik Di Rumah

Oleh sebab itu tumbuhan selada hijau ini dianjurkan untuk ditanam dan menjadi konsumsi pribadi karena tinggi manfaatnya. Berikut cara dalam budidaya daun selada yang baik dan benar :

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">
  1. Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti sistem hidroponik, bibit selada hijau, pinset, spray untuk siram tanaman, dan rockwool
  2. Selanjutnya ialah merendam bibit selada hijau dengan air biasa dalam rentan waktu 12-24 jam. Hal ini bertujuan untuk membuat bibit menjadi sprout.
  3. Siapkan media tanam yakni rockwool. Potong rockwool sekitar tebal 2,5 cm, panjang 1 cm.
  4. Langkah selanjutnya ialah melubangi rockwool dengan pinset yang sudah disediakan.
  5. Selanjutnya menaruh benih ke dalam lubang dengan posisi kecambah berada di bawah.
  6. Setelah melubangi dan menanam bibit, lakukan penyiraman dengan menggunakan spray hingga rockwool terlihat basah.
  7. Menaruh semaian di lingkungan yang terbuka dan cukup sinar matahari. Udara diusahakan tidak lembab.
  8. Setelah kurang lebih 3 hari bibit selada mulai tumbuh. Usahakan media tanam selada itu tetap lembab. Artinya tidak basah tidak juga terlalu kering.
  9. Pada hari kesepuluh atau terlihat bibit memiliki 4 daun maka sudah saatnya bibit tersebut dipindahkan pada sistem hidroponik.
  10. Masa panen selada hijau berkisar 30-40 HST.

Dalam proses tersebut tentu membutuhkan yang namanya nutrisi. Nutrisi yang diberikan saat awal tanam 1-7 HST berkisar 500 ppm. Pada minggu kedua atau 8-14 HST diberi nutrisi sebanyak 700 ppm. Pada 15-21 HST naikkan dosis menjadi 900 ppm. Minggu terakhir atau 22-Panen diberlakukan pemberian nutrisi sebanyak 900 ppm. Lihat juga: usir tikus dengan jangkrik

Video Tutorial Menanam Selada Hidroponik

Itulah tadi 10 Cara Memulai Menanam Selada Hijau Dengan Hidroponik Di Rumah. Memanfaat lahan sempit untuk menghasilkan bermanfaat. Modal dikit dan mudah dilakukan. Selamat mencoba.

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply