Shadow

Menengok Berapa Lama Virus Corona Bisa Bertahan Di Benda

Menengok Berapa Lama Corona Bisa Bertahan Pada Benda yang Sering Dijumpai. Wabah corona memang menjadi momok yang meresahkan bagi dunia. Tentu sudah menjadi hal umum, bahwa penyebarannya begitu amat cepat.

Penyebaran virus ini bisa melalui droplet atau cairan dalam tubuh seperti batuk, pilek dan bersin. Dalam sekali batuk atau bersin setidaknya ada 3000-5000 tetesan yang keluar. 1 tetesan saja jika terdapat virus tersebut tentunya akan cukup meresahkan. Baca juga: Langkah Tepat Dan Aman Mengelola Uang Di Saat Karantina Rumah.

Tetesan ini berukuran sangat kecil, ukuran dalam satuan yakni 1 sampai 5 micrometer atau bisa dikatakan 30 kali lebih kecil dari lebar rambut manusia. Sehingga banyak benda yang bisa menjadi agen penularan dari virus ini diantaranya ialah :

  1. Pada hasil penelitian dari New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa virus corona ini bisa bertahan setidaknya 3 jam saat pertama kali dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi. Artinya virus ini bisa jadi menjadi airbone di udara.
  2. Pada kardus atau karton sendiri virus ini bisa menetap sekitar 24 jam. Pada agen jenis ini virus dapat menempel dengan lebih stabil.
  3. Pada aluminium seperti halnya pada gagang pintu, tombol lift, dan lain sebagainya. Virus ini bisa bertahan selama 2 – 8 jam saat pertama kali disentuh oleh orang yang terinfeksi.
  4. Tentu pada barang tembaga, seperti teko, hiasan, dan lain sebagainya virus ini bisa menempel setidaknya 4 jam.
  5. Pada besi yang umumnya terlihat di sekitar bisa bertahan selama 4 – 8 jam.
  6. Sarung tangan yang biasa digunakan oleh garda terdepan dalam penanganan covid-19 ini bisa dihinggapi virus selama tenggang waktu 8 jam.
  7. Kayu juga menjadi media penyebaran dari virus corona. Disinyalir bahwa virus tersebut bisa bersemayam selama kurang lebih 4 hari. Kayu biasa ditemukan pada meja, kursi bahkan pintu. Sehingga perlu diketahui bahwa di tempat itulah virus tersebut bisa bersemayam lebih lama dibandingkan dengan besi dan alumunium.
  8. Kaca tentunya juga sama dengan kayu yakni tempat virus ini bersemayam cukup lama sekitar 4 hari. Baca juga: Jamu Penangkal Corona Semakin Diburu Warga.
  9. Kertas yang biasa ditemui di buku, majalah dan koran bisa disemayami virus corona selama kurang lebih 4-5 hari.
  10. Benda paling lama sebagai tempat bersemayamnya virus corona terletak pada plastik. Plastik bisa dihinggapi oleh virus corona dengan rentan waktu 5 hari dan selepas itu virus bisa menghilang.
  11. Sementara pada pakaian atau kain belum ada penelitian lebih lanjut sehingga belum tahu secara pasti berapa lama virus tersebut akan menetap.
  12. Virus corona juga bisa menempel pada kuku, rambut dan juga kulit manusia. Virus ini cenderung menempel pada permukaan yang kasar, sehingga ketiga agen penempelan bukan tidak mungkin dihinggapi oleh virus tersebut. Namun, belum ada penelitian lebih lanjut perihal berapa lama virus ini menetap.

Oleh sebab itu mencuci tangan merupakan hal yang penting dilakukan sedarurat apapun kondisinya. Hal ini bertujuan untuk menghentikan penyebaran virus corona yang dimulai dari diri sendiri. Sedia hand sanitizer jika tidak memunkinkan untuk cuci tangan. Lihat juga: cara usir tikus di rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *