4 Hal Yang Menjadi Kewajiban Untuk Minum Air Putih Bagi Kesehatan

4 Hal Yang Menjadi Kewajiban Untuk Minum Air Putih Bagi Kesehatan. Gaya hidup sehat bisa dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu sebelum mempraktikkan kepada orang lain. Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yakni sebuah kegiatan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Diantaranya ialah makan makanan 4 sehat 5 sempurna, berolahraga secara rutin, dan tidur yang cukup. Jika menerapkan betul maka imun bisa terjaga dan tentunya dapat terbebas dari segala penyakit.

Di lain sisi, dalam penerapan pola hidup sehat meminum air mineral juga dianjurkan dan menjadi wajib dilakukan. Air mineral dapat menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Air mineral memiliki kandungan berupa silika yang dapat memelihara kesehatan tulang dan jaringan. Lihat juga: Olahraga Lari Di Siang Hari Bikin Sakit

Selain itu kandungan seperti magnesium dan kalsium berguna sebagai menjaga kesehatan tulang, transpulsi sistem saraf, kontraksi otot, pembekuan darah, dan pengiriman sinyal pada sel.

Jika kekurangan magnesium hubungannya ada pada saraf. Kalium dan natrium juga terkandung dalam air mineral sebagai pengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan fungsi sel.

Sedangkan kandungan zink sebagai bagian penting dalam pembentukan inti sel (DNA). Selenium juga berperan aktif dalam pembentukan sistem imun tubuh.

Banyak pakar mengatakan bahwa meminum air putih setidaknya 8 gelas sehari atau setara kurang lebih 1,5 L.

Akan tetapi, berapapun jumlah air mineral yang harus dikonsumsi, pada intinya ialah harus dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Karena keseimbangan dalam konsumsi air mineral yang cukup maka seseorang bisa mengalami dehidrasi atau kekurangan air yang dapat mengganggu kesehatan tubuh seseorang itu sendiri.

Adapun waktu yang baik dalam mengonsumsi air mineral ialah sebagai berikut :

  1. Sebelum dan sesudah tidur. Waktu ini menjadi cukup penting lantaran air mineral membantu proses metabolisme tubuh dan membuang racun yang ada di dalam tubuh.
  2. Minum air putih sebelum dan sesudah makan. Aturan dalam meminum air mineral sebelum makan ialah rentan waktu 30 menit. Minum air putih sekitar 30 menit sebelum makan tersebut disinyalir dapat membantu melancarkan proses pencernaan pada tubuh manusia. Namun, jumlahnya juga perlu adanya perhatian. Cukup dengan satu gelas dan tidak berlebihan
  3. Minum air putih ketika merasa lelah dan tenggorokan kering. Sebab lelah bisa terjadi saat melakukan aktifitas yang cukup berat seperti bekerja dan berolahraga. Tentunya indikasi lelah dan tenggorokan kering tersebut menandakan bahwa kurang cairan dalam tubuh atau mengalami dehidrasi.
  4. Meminum air putih saat sedang merasa sakit atau kurang enak badan. Ketika sakit meminum air mineral juga cukup penting untuk menetralisir penyakit dalam tubuh dan dilarutkan ke dalam pencernaan untuk selanjutnya dikeluarkan melalui proses ekskresi dan sekskresi.

Selalu ingat bahwa meminum air putih sangat penting dalam kehidupan. Jadi sempatkanlah sebentar waktu untuk minum air putih. Tentu banyak brand yang menawarkan air mineral dengan kesegaran yang berbeda-beda. Tetapi hal yang paling penting ialah pH harus minimal netral. Untuk mengetahui rentan pH pada kemasan air minum bisa dilihat dan dicek dengan pH meter. Lihat juga: cara usir tikus di gudang

Share on:

Leave a Comment