Ga Perlu Jauh-Jauh ke Paris, Inilah Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Ga Perlu Jauh-Jauh ke Paris, Inilah Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. Tahukah kalian Arc De Triomphe di Paris? Mungkin sebagian dari kalian mengetahui monumen tersebut.  Biasanya, wisatawan saat berkunjung ke paris selalu menyempatkan diri mengambil gambar di depan Arc de Triomphe karena memiliki bentuk yang sangat indah.

Namun, kini kalian tidak perlu jauh-jauh ke paris untuk berfoto di depan monumen tersebut karena di Kediri ada monumen seupa dengan Arc de Triomphe. Bisa dibilang monumen ini merupakan kembaran dari Arc de Triomphe.

Sebenarnya, simpang lima gumul ini merupakan tempat pagelaran seni budaya dan pameran produk unggulan kabupaten Kediri. Disini kalian juga bisa menemukan berbagai event lomba seperti drag race, gathering, jamboree nasional dan berbagai komunitas masyarakat kota Kediri. Lihat juga: Indahnya Pesona Berwisata Pantai Pasir Jambak Padang

Lokasi dan Rute

Monumen Simpang Lima Gumul terletak di Kediri, tepatnya berada di pusat persimpangan jalur lima arah menuju Pare, Kediri, Plosoklaten, Menang dan Pesantren. Lokasi monumen ini berada di Desa Tugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri.

Rute menuju ke monumen ini cukup mudah, karena berada di pusat persimpangan, kalian hanya perlu membutuhkan waktu 10 menit saja dengan kendaraan bermotor dari kota Kediri.

Jika kalian naik kereta api kota Kediri, kalian perlu menaiki kereta jurusan Simpang Lima Gumul sejauh 9,1 kilometer. Jadi, dengan kereta kalian perlu waktu sekitar 20 menit sampai tiba di monumen tersebut.

Jika kalian berasal dari kota lain dan menggunakan transportasi udara atau pesawat terbang, kalian bisa naik pesawat menuju Bandara Juanda Surabaya. Kemudian, kalian bisa naik kendaraan melewati Pare dan Kediri untuk menuju monumen tersebut. Dari Bandara Juanda, kalian perlu waktu sekitar 2,5 jam. Lihat juga: The Legend Star Jatim Park 3, Wisata Populer Malang Yang Wajib Dikunjungi

Sejarah Monumen Simpang Lima Gumul

Sejarah Monumen Simpang Lima Gumul
Pintu masuk di siang hari, pict by https://cdn-radar.jawapos.com/uploads/radarkediri/news/2018/06/22/slg-bakal-semakin-lengkap_m_82455.jpeg

Monumen yang terlihat sangat indah bak Negara lain ini ternyata memiliki sejarahnya loh guys. Perlu kalian ketahui bahwa monumen yang popular ini ternyata merupakan ikon dari kabupaten kota Kediri.

Monumen ini diinspirasikan oleh Raja Jongko Joyoboyo, yakni seorang raja yang berkuasa di abad ke-12. Dimana raja tersebut bercita-cita menyatukan lima wilayah di kabupaten Kediri.

Monumen simpang lima gumul ini dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008 oleh Bapak Sutrisno, yakni Bupati kota Kediri yang pada saat itu menggagas untuk membangun monumen ini di desa Tugu Rejo.

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Tahukah kalian berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun monumen ini? Biaya yang dibutuhkan untuk membangun monumen ini cukup besar yakni sebesar 300 Miliyar rupiah. Wow harga yang cukup fantastis ya guys. Lihat juga: Wisata Romantis Menikmati Keindahan Sendang Bidadari Curug Lawang

Daya Tarik

Daya Tarik Monumen Simpang Lima Gumul
Saat malam hari, pict by blogspot

Monumen simpang lima gumul Kediri ini memiliki bangunan seluas 804 meter persegi, dimana monumen ini ditumpu dengan 3 buah tangga sepanjang 3 meter dari dasar pura. Tinggi monumen ini yakni 25 meter.

Kalian juga bisa menikmati pemandangan alam kota Kediri dari atap monumen ini. Menariknya, struktur monumen ini dihiasi oleh patung dan relief-relief artistic yang menceritakan sejarah, kesenian dan kebudayaan dari kota Kediri. Wow benar-benar seperti di paris ya..

Ngomong-ngomong, saat kalian memasuki monumen ini kalian akan langsung merasakan nuansa sejarah kota Kediri, dimana kalian akan menemui ruang-ruang pertemuan di gedung utama dan ruang auditorium dengan atap kubah.

Di bagian atas bangunan, kalian bisa melihat diorama dan minimarket yang menjual berbagai jenis souvenir khas monumen simpang lima gumul ini. Selain itu, juga ada ruang serba guna yang terletak di bawah tanah.

Di bawah tanah, kalian akan menemukan 3 akses lorong yang menghubungkan parkir basement monumen. Di dalam lorong ini juga tampak indah sehingga jangan lupa untuk ambil gambar dan unggah ke media social yaa.

Monumen ini tidak pernah sepi pengunjung baik pada siang hari maupun malam hari. Saat malam hari kini sudah dilengkapi penerangan temaram yang menjadikan monumen ini tampak semakin cantik bak Negara paris. Lihat juga: Liburan Mengasyikkan Air Terjun Curug Jenggala Baturaden

Harga Tiket Masuk

Banyak wisatawan tidak lupa mampir ke objek wisata satu ini, pasalnya monumen simpang lima gumul ini merupakan destinasi wisata yang murah meriah dimana kalian tidak akan dikenakan biaya masuk melainkan hanya membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Itulah ulasan tentang monumen simpang lima gumul Kediri. Jika kalian ingin wisata murah meriah namun tidak murahan maka berkunjunglah ke monumen simpang lima gumul Kediri, dijamin kalian tidak akan menyesal! Lihat juga: cara usir tikus got

Video Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply