Melirik Berbagai Benda Purba Kala Di Museum Airlangga

Melirik Berbagai Benda Purba Kala Di Museum Airlangga. Kota Kediri yang terletak di Jawa Timur ini memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Banyak tempat bersejarah yang tersedia disini, salah satunya adalah Museum Airlangga,

Museum Airlangga merupakan salah satu museum di kota Kediri yang menyimpan berbagai benda purbakala peninggalan zaman kerajaan. Lihat juga: Wisata Romantis di Telaga Biru Cisoka Bersama Pasangan

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Museum Airlangga
Koleksi lengkap, pict by jejakpiknik

Lokasi museum airlangga terletak di Desa Pojok, Kecamatan Mojokerto, Kediri, Jawa Timur. Lokasi museum ini masih dalam satu komplek dengan objek wisata Goa Selomangleng, Kediri waterpark dan masih banyak lagi. Karena lokasi museum ini dekat dengan area wisata lainnya maka kalian akan sangat mudah untuk menemukan museum ini.

Rute menuju kesana terbagi menjadi 3 yakni jika kalian dari Terminal Kediri, kalian bisa menaiki angkot A yang bertuliskan Selomangleng. Jam operasional angkot ini hanya sampai jam 4 sore.

Jika kalian naik bus dari arah Surabaya ataupun Nganjuk, kalian bisa turun di perempatan Sukorame, kemudian kalian bisa naik becak atau berjalan kaki kurang lebih setengah kilometer.

Namun, jika kalian membawa kendaraan pribadi, kalian bisa menuju langsung ke Terminal Tamanan kota Kediri. Kemudian dari pertigaan terminal kalian bisa belok kanan dan terus saja bertemu hingga ada lamu lalu lintas, kemudian belok kiri lurus hingga ujung jalan. Lihat juga: Wisata Olahraga Adrenali Di Janjang Saribu Bukittinggi

Sejarah Museum Airlangga

Sejarah Museum Airlangga
Deretan peninggalan prasejarah, pict by jejakpiknik

Museum Airlangga awalnya berada di area pemandian tirtoyoso Kediri (kuwak) yang bersebelahan dengan Stadion Barawijaya. Museum ini dulunya merupakan bangunan zaman Belanda yang memiliki bentuk unik dengan gapura yang berhias kalamakara.

Seiring berjalannya tahun, museum ini kondisinya tampak menyedihkan dan rawan dengan pencurianhingga pada akhirnya museum ini bertukar guling dengan lahan Gudang Garam. Dan saat ini, letak museum yan lama kini berubah menjadi kafe dan sekarang dihancurkan untuk diperluas lahan pemandian triyoso.

Di tahun 1992, pembangunan museum airlangga telah selesai. Nama airlangga pada museum ini di ambil dari nama raja airlangga, yakni pendiri kerajaan kahuripan dan ayah dari dewi kilisuci yang memikiki hubungan erat dengan Goa Selomangleng.

Dan untuk mengkukuhkan kesan airlangga, di depan museum airlangga dipajang arca garuda menunggangi wisnu yang menjadi replica dan arca yang aslinya berada di pusat informasi majapahit dan aslinya berasal dari Candi Belahan.

Koleksi Museum Airlangga

Koleksi Museum Airlangga
Koleksi, pict by blogspot

Benda koleksi yang berada di museum airlangga yakni sejumlah patung baik dewa dewi Hindu maupun patung primitive. Bahkan di museim ini juga tersembul sebuah patung Dewa Bumi yang menjadi kepercayaan China.

Patung Dewa Bumi ini berasal dari kuburan china yang terletak di dekat pura. Selai itu, juga terdapat sejumlah yoni, prasasti, relief, arca dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, disni juga terdapat berbagai koleksi batu seperti jambangan air, gentong, anak timbangan dan masih banyak lagi yang menjadi bagian dari koleksi museum airlangga ini.

Selain itu, tedapat juga koleksi Arca nandi, Lembu Kendaraan Dewa Shiwa dan berbagai koleksi arca lainnya yang diletakkan di bagian kanan museum ini. Lihat juga: Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Harga Tiket Masuk Dan Jam Operasional

Harga tiket masuk museum ini sangat murah meriah dimana kalian hanya perlu membayar sebesar Rp. 4000 per orang. (Informasi harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari artikel ini). Jam operasional museum ini buka mulai pukul 9 pagi dan tutup pada jam 4 sore.

Itulah informasi menarik dari museum Airlangga. Yuk kalau kalian berkunjung ke destinasi wisata kota Kediri jangan lupa berkunjung ke musem ini. Selain kalian jalan-jalan kalian juga bisa mendapat ilmu loh. Selamat berlibur! lihat juga: cara usir tikus dikap mobil.

Share on:

Leave a Comment