Inilah Alasan Mengapa Olahraga Lari Di Siang Hari Bikin Sakit

Inilah Alasan Mengapa Olahraga Lari Di Siang Hari Bikin Sakit. Jika melihat pada siang hari di tempat olahraga seperti lapangan, gedung olahraga bahkan taman kota pasti tidak jarang melihat seseorang sedang berlari dan menggunakan pakaian serba tertutup.

Pakaian serba tertutup ini dianggap bisa mengurangi lemak dengan sangat cepat. Namun, mind set seperti inilah yang dianggap salah oleh berbagai kalangan tentunya di bidang medis. Udara panas di siang hari akan membakar cairan dalam tubuh bukan lemak.

Berlarian di siang haridengan menggunakan jaket atau pakaian serba tertutup akan membuat proses penguapan keringat pada tubuh terhambat. Lihat juga: 5 Situs Belajar Online Terbaik Untuk pelajar

Sehingga akan lebih mudah terkena heat stroke. Heat stroke sendiri ialah kondisi dimana tubuh mengalami kenaikan suhu secara drastis sekitar 40 derajat celcius bahkan bisa lebih.

Tanda-tanda heat stroke diantaranya ialah pusing, tubuh panas, sakit kepala, kulit memerah dan mengering, kejang, jantung berdebar kencang, kram otot dan mendadak pingsan.

Hal ini tentunya perlu dihindari sebisa mungkin oleh masyarakat khususnya Indonesia yang menyandang negara tropis. Apabila sudah terkena heatstroke sesegera mungkin untuk mendinginkan tubuh dengan berteduh, dikompres dan diberi air puth.

Jika tidak ditangani langsung dikhawatirkan heat stroke akan semakin parah. Olahraga lari pada siang hari juga tidak efektif dalam kinerja otot.

Pada dasarnya, olahraga jenis apapun baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, tetap harus cerdas dalam meminimalisir segala risiko yang ditimbulkan. Agar seseorang bisa tetap mendapatkan manfaat kesehatan yang diberikan saat melakukan aktivitas olahraga.

Salah satu cara dalam berolahraga yang baik ialah dengan menghindari melakukan olahraga ketika paparan sinar matahari terlalu terik di siang hari bolong, menggunakan tabir surya tahan air secara teratur, dan menggunakan pakaian yang nyaman serta berbahan tipis.

Perlu diingat juga bahwa tidak lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh sebelum, selama, dan setelah olahraga untuk menghindari yang namanya dehidrasi.

Pasalnya, jika tubuh mengalami dehidrasi, maka tubuh akan sulit untuk menormalkan suhu tubuhnya kembali.

Pada intinya, olahraga apa saja yang dilakukan pada suhu tinggi atau panas, menyebabkan tubuh akan mengalami kesusahan untuk menghilangkan panas sehingga menyebabkan suhu tubuh akan semakin meningkat.

Sehingga lebih baik jika tetap berada di rumah dan memilih waktu yang lain untuk berolahraga. Bisa pagi ataupun sore hari.

Beberapa dokter juga mengatakan bahwa sebenarnya berolahraga disiang hari ampuh membakar lemak, jika dilakukan tidak di bawah terik panas matahari langsung.

Seperti pada hutan taman kota yang rimbun, lapangan dengan pohon berjejer dan sebagainya. Tentu juga dalam olahraga siang seperti lari tidak perlu terlalu berlebihan artinya tidak memaksakan batasan tubuh.

Jika tubuh merasa panas dan letih segeralah untuk berteduh dan beristirahat. Hal ini guna mencegah masalah kesehatan yang akan timbul setelahnya. Lihat juga: cara ampuh usir tikus got

Share on:

Leave a Comment