Shadow

Pengemudi Ojol Lega, Adanya Penangguhan Cicilan Motor 1 Tahun

Pengemudi Ojol Lega, Adanya Penangguhan Cicilan Motor 1 Tahun. Pemerintah kembali memberikan opsi di tengah penyebaran virus corona. Salah satunya adalah meringankan cicilan kendaraan bagi pekerja harian khususnya ojek online.

Rencana ini disambut baik oleh banyak pihak dari ojek online itu sendiri. Sebelumnya komunitas ojek online menolak jika Indonesia menerapkan isolasi negara atau lockdown.

Hal ini bisa menimbulkan berbagai efek negatif. Diantaranya yakni perihal nasib dari pekerja harian, masyarakat yang belum sepenuhnya teredukasi, dan lain sebagainya. Sehingga langkah pemerintah dalam tidak menutup atau lockdown adalah hal yang cukup tepat. Baca juga: Cara Cepat Mengetahu Berita Hoax Atau Valid

Staf Ahli Kemenko Perekonomian Raden Edi Prio Pambudi menjelaskan bentuk stimulus yang diberikan oleh driver ojol adalah relaksasi leasing atau kredit motor.

“Di sini ada tambahan kebijakan lanjutan untuk dampak ekonomi Covid-19. Pertama relaksasi leasing motor untuk ojol,” kata dia dalam telekonferensi yang digelar HIPMI melalui YouTube, Jumat (20/3/2020).

Dia menjelaskan relaksasi yang diberikan adalah melonggarkan ketentuan perhitungan kolektibilitas kredit, atau klasifikasi status keadaan pembayaran angsuran bunga maupun angsuran pokok dan bunga kredit oleh debitur. Kelonggaran leasing motor ini akan diberlakukan selama satu tahun setelah adanya ketetapan. Lihat juga: Jual Murah Kamper Pengusir Tikus dan Kecoak

Pemerintah mengerti dan menilai pentingnya peranan ojek online di tengah wabah virus corona, di mana masyarakat dihimbau untuk menetap di rumah guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

ika terjadi lockdown maka praktis ojol akan kehilangan penghasilan secara signifikan, efek domino ekonomi pun akan terjadi, seperti kredit kendaraan bermotor yang macet.

Akibatnya, bisa saja terjadi kekisruhan ekonomi, dampaknya menjadi lebih fatal dan merata di hampir seluruh daerah.

“Bagaimana pun ini kebutuhan yang penting saat orang harus di rumah, maka supaya tidak terlalu sering berkeliaran atau berada di luar rumah maka bisa dilakukan dengan menggunakan pesan antar (melalui ojol),” tambahnya.

Hal yang selaras juga diucapkan oleh Presiden dalam saat rapat dengan para gubernur melalui video conference dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa (24/3/2020). Lihat juga: Jual Murah mesin Rokok Otomatis

“Tukang ojek dan sopir taksi yang sedang memiliki kredit motor atau mobil, atau nelayan yang sedang memiliki kredit, saya sampaikan ke mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama 1 tahun,” ucap Jokowi.

Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan dalam mengatasi keadaan yang masih simpang siur ini. Salah satunya ialah kesadaran untuk satu rasa.

Dengan begitu tercipta suatu keselarasan yang baik antara masyarakat. Harapannya ialah yang berkecukupan atau kaya bisa membantu yang kurang dan orang-orang dengan penghasilan harian.

Penghasilan harian seperti ojek online, perkantoran yang tidak meliburkan staffnya, warteg dan toko sembako serta masih banyak lagi. Sehingga tercipta suatu kondisi yang seimbang dan dengan menaati arahan pemerintah juga bukan tidak mungkin bahwa wabah akan segera usai. Lihat juga: usir tikus dengan bau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *