By | January 22, 2021
PENYEBAB HEART FAILURE DAN CARA MENGATASI GAGAL JANTUNG

Heart Failure, berikut penyebab dan faktor resikonya– Heart Failure atau yang sering kita kenal dengan gagal jantung merupakan sindrom klinis yang kompleks dengan gejala-gejala tipikal dari sesak napas (dispneu) dan mudah lelah (fatigue) yang dihubungkan dengan kerusakan maupun fungsi struktur dari jantung yang mengganggu kemampuan ventrikel untuk mengisi dan mengeluaran darah ke sirkuasi.

Baca juga : Cara Mencegah Virus Corona

Jantung terdiri atas empat ruang yaitu dua atrium dan dua ventrikel. Darah mengalir kedalam atrium kanan melalui vena kava superior dan inferior.

Adapun otot atrium jauh lebih kecil dan lemah dibandingkan dengan ventrikel meskipun keduanya mendapat darah dengan volume yang sama, hal ini disebabkan karena fungsi ventrikel, yakni memompa darah ke arteri pada sistem kardiovaskular

Gagal jantung merupakan salah satu dari penyakit kardiovascular atau yang dikenal dengan istilah Cardiovascular Deseases (CVD). Berdasarkan data WHO Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia, diperkirakan terdapat 17,9 juta orang meninggal karena penyakit kardiovaskular dengan persentase  31% dari total kematian yang terjadi didunia.

Apa Penyebab Heart Failure?

Heart Failure atau gagal jantung dapat dibagi menadi 2 yaitu gagal jantung kanan dan kiri.

5 Penyebab gagal jantung kiri

1. Pengisian Ventrikel Kiri Tidak Adekuat penyebabnya adalah stenosis mitral dan disfungsi diastol ventrikel kiri

2. Kelebihan beban volume yang disebabkan oleh regurgitasi aorta dan mitral. Regurgitasi adalah gangguan penutupan katup berupa kebocoran yang berupa regurgitasi aorta atau regurgitasi mitral. Regurgitasi aorta dapat terjadi karena endokarditis infeksi yang menyebabkan kerusakan katu.

3. Kelebihan beban tekanan dapat disebabkan oleh dua hal yaitu stenosis aorta (Stenosis aorta adalah gangguan pembukaan katup aorta. Berupa penyempitan yang menghambat aliran darah. Mengakibatkan beban tekan pada ventrikel kiri) dan hipertensi. Yang dapat terjadi dengan peningkatan tekanan darah secara cepat. Akibatnya menimbulkan hilangnya kemampuan kompensasi jantung, karena beban tekanan yang berlebihan.

4 Gangguan otot ventrikel kiri dapat disebabkan oleh infark miokard, kardiomiopati, dan miokarditis

5 Hipoksia adalah keadaan dimana berkurangnya oksigen kedalam suatu jaringan yang tentunya tidak dapat memenuhi kebutuhan  tubuh. Keadaan ini dapat disebabkan oleh adanya penyakit jantung koroner.

Dimana pembuluh darah arteri koronaria menyempit karena aterosklorosis dan trombus sehingga suplai darah yang kaya oksigen ke jantung berkurang dan apabila terjadi oklusif total.

Maka menyebabkan infark miokard. Infark miokard merupakan faktor resiko terjadinya gagal jantung. Sepertiga orang dengan penyakit infark miokard dilaporkan dapat mengalami gagal jantung setelah 7 sampai 8 tahun

Penyebab gagal jantung kanan

adalah semua penyebab pada gagal jantung kiri serta hipertensi polmonal dan defek septum atrium.

Apa saja faktor risiko Heart Failure atau gagal jantung?.

Menurut Nasional heart, lung, and blood institute pada tahun 2014 faktor risiko gagal jantung merupakan kondisi atau kebiasaan yang membuat seseorang lebih mungkin terjadi perkembangan penyakit.

Dan juga meningkatkan kemungkinan bahwa penyakit yang diderita akan bertambah buruk. Adanya faktor resiko ini dapat digunakan untuk menilai kemungkinan adanya morbiditas dan mortalitas dalam waktu yang tidak lama.

2 Faktor resiko gagal jantung

1. Faktor resiko yang tidak dapat dirubah menurut American Heart Association adalah sebagai berikut:

  • Usia Menurut World Heard Federation pada tahun 2011 CVD semakin umum terjadi pada usia lanjut. Seiring dengan bertambah usia, jantung juga mengalami perubahan fisiologis, sehingga mengalami penurunan fungsi dan bekerja kurang efisien.s
  • Jenis kelamin Pria memiliki resiko lebih besar terkena serangan jantung daripada wanita
  • Riwayat keluarga Anak-anak dari orang tua dengan penyakit jantung lebih mungkin untuk menderita penyakit CVD (AHA, 2015). Berbagai survei epidemiologi telah menunjukkan adanya predisposisi famili terhadap CVD. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh banyak faktor resiko, misalnya hipertensi.

2. Faktor resiko yang dapat dirubah adalah suatu faktor yang dapat dimodifikasi untuk memperbaiki progresivitas CVD. Pendekatan ini telah terbukti dapat menurunkan kejadian dan keparah CVD Adapun faktor resiko yang dapat dirubah adalah sebagai brikut:

  • Hipertensi
  • Diabetes Melitus
  • Dislipidemia
  • Inaktivitas Fisik
  • Perokok
  • Obesitas

Tips Untuk Mencegah Heart Failure

Berikut ini beberap cara untuk mencegah terjadinya gagal jantung atau heart failure

  • Menjaga berat badan dengan cara berolahraga secara teratur
  • Mengontrol gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah secara berkala
  • Menjaga kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah tinggi pada batas normal
  • Membtasi konsumsi minuman beralkohol
  • Berhenti merokok
  • Mengobah gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayaur dan makanan sehat lainnya
  • Batasi asupan garam, lemak , dan gula

Demikianlah artikel kesehatan tentang Penyebab Heart Failure dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ya.

Sumber artikel

Anonim, 2014. Info Datin : Pusat Data dan Informasi Kesehatan RI Situasi Kesehatan Jantung. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI Pusat Data dan Informasi, hal 3.

WHO, 2015. Cardiovascular diseases (CVDs), WHO (World Health Organization). http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs317/en/. Diakses tanggal 04 maret 2020

Price, S.A., Wilson, L.M., 2006.  Patofisiologi : Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Edisi ke-6, Jakarta : Penerbit buku kedokteran EGC, hal 634-636.

Davey, P., 2006. At a Glance Medicine, Jakarta : Erlangga, hal 144-145,  hal 151, hal 156, hal 157, hal 168.

Leave a Reply