Website

Persiapan Membuat Toko Online Super Anda

Anda mau berencana membuat toko online sendiri? Itu rencana yang baik. Salah satu alternatif menghasilkan uang selain membuka toko fisik atau offline. Sudahkah Anda tahu apa saja persiapan untuk membuat toko online sendiri? Kalau belum, yuk simak penjelasan selengkapnya disini.

Persiapan Membuat Toko Online Sendiri

Ada beberapa persiapan yang harus sediakan untuk memulai membuat sebuah toko online. Berikut persiapannya yang Anda siapkan :

  1. Pematangan Rencana
  2. Modal
  3. Menentukan Domain dan Hosting
  4. Menentukan Pilihan Platform Toko Online
  5. Menyiapkan Produk yang Akan Dijual
  6. Sistem Pembayaran
  7. Kurir yang Digunakan
  8. Daftarkan Toko Online Ke Mesin Pencari

Kita bahas satu per satu ya.

Pematangan Rencana

Memiliki sebuah toko online membutuhkan perencanaan yang matang. Setelah Anda memiliki toko online, Anda akan memiliki tanggung jawab untuk mengurus online shop tersebut. Mulai dari jam buka atau jam operasional, membalas pertanyaan lewat chat, promosi dan hal-hal lain yang menunjang peningkatan kualitas toko online Anda.

Untuk itu, pastikan Anda sudah siap menjalankan toko online. Memang tidak serepot mengurus toko offline. Tapi tetap saja harus bekerja dengan fokus tinggi untuk melariskan dagangan di toko online Anda sendiri.

Menyiapkan Modal

Anda harus menyiapkan modal setidaknya untuk permulaan sebesar Rp. 1 juta. Untuk biaya theme toko online, domain dan hosting. Biaya ini untuk selama 1 tahun. Akan ada biaya tambahan, jika nanti toko online kebanjiran pengunjung. Tentu Anda akan mengupgrade hosting yang digunakan untuk mengatasi overload pengunjung toko online.

Biaya 1 juta hanya untuk sekedar mencoba selama setahun. Jika Anda sudah bertekad bulat dan siap mengurus toko online sendiri, seharusnya menyewa domain dan hosting selama 3 tahun. Pastikan prospek toko online Anda bagus.

Menentukan Domain dan Hosting

Setelah memilih penyedia hosting bagus. Beli juga domain di penyedia hosting tersebut. Pilih nama domain yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Disarankan menggunakan ekstensi .com. Misalnya Anda menjual baju. Ada baiknya menggunakan nama domain bajumurah.com, fashionku.com ataupun yang berhubungan produk yang Anda jual.

Dengan begini, akan mempercepat optimasi SEO toko online Anda. Jika Anda bingung dengan SEO, yuk cari tahu pembahasa seo di Kumpulan Artikel SEO. Ada banyak artikel-artikel disana yang menjelaskan tentang SEO.

Jangan lupa juga mengaktifkan https ya. Gunanya untuk meningkatkan keamanan toko online dan menjaga keamanan pengunjung toko online Anda. Biasanya biaya menambahkan https di domain berkisar 100 ribuan.

Menentukan Platform Toko Online

Pilihan platform toko online paling tepat menggunakan CMS. Salah satu yang sering digunakan adalah WordPress. Dengan menggunakan CMS, Anda tidak perlu ribet untuk belajar kode-kode dalam pemrograman. CMS akan mempermudah Anda mengisi konten atau produk, halaman, desain tampilan dan fitur-fitur lain.

Gunakan wordpress, karena platform jenis CMS memiliki banyak desain dengan kualitas profesional. Selain itu, meningkatkan keyword produk, tampilan serta fitur ongkir bisa didapatkan dari wordpress.

Menyiapkan Produk dan Upload

Setelah toko online Anda sudah jadi, segera mengisi atau mengupload produk Anda. Mulai dari judul, deskripsi, kategori, gambar atau video, tags dan penawaran harga yang menarik pembelian. Tidak ada batasan mengupload produk di toko online sendiri.

Anda bisa mengupload produk sebanyak-banyak yang sesuai dengan apa yang Anda jual. Jangan lupa, tidak boleh menjual produk yang melanggar ketentuan dan peraturan hukum yang berlaku di Indonesia ya.

Memilih Sistem Pembayaran

Tentukan sistem pembayaran yang bisa Anda terima. Mulai dari sistem transfer bank, ovo, dompet digital dan lain-lain. Dan jangan lupa juga memberitahukan pembeli Anda ada biaya tambahan jika transfer antar bank.

Gunakan bank yang sering digunakan orang. Salah satunya BCA, Mandiri dan bank-bank yang aktif di Indonesia. Usahakan juga memiliki rekening dari berbagai bank.

Kurir

Tentukan kurir yang bisa Anda sediakan sesuai dengan kemampuan mobilitas Anda. Pilih kurir yang counternya dekat dengan tempat tinggal atau tempat usaha Anda. Jika counter kurir terlalu jauh, ada baiknya Anda mempertimbangkan dulu. Mulai dari ongkos yang dikeluarkan mengantarkan paket kiriman ke counter kurir.

Tapi lebih bagus lagi Anda menyediakan berbagai kurir yang mendukung sistem tracking online. Dengan sistem tracking online ini, pembeli Anda bisa mengecek status pengiriman produk yang mereka beli dari toko online Anda.

Berikut kurir yang sudah mendukung sistem tracking online :

  • JNE
  • Tiki
  • Sicepat
  • Ninja Express
  • J&T
  • Wahana
  • Pos
  • Rex
  • Antar aja

Maksimal sistem pengantaran Anda untuk mendongkrak minat beli pengunjung toko online Anda. Aktifkan juga sistem COD jika memungkinkan untuk Anda.

Daftarkan Url Toko Online Ke Mesin Pencari

Setelah toko online Anda sudah rampun semuanya. Langkah selanjutnya mendaftarkan url toko online Anda ke mesin pencari. Caranya sangat mudah, caranya bisa Anda lihat di artikel Cara Cepat Mendaftarkan Website Ke Search Engine. Di artikel tersebut Anda akan dipandu dan selesai dalam hitungan menit. Dijamin mudah dan cepat.

Gunanya mendaftarkan url toko online ke search engine agar mendapatkan kunjungan dari pengguna mesin pencari. Mesin pencari yang dimaksud adalah Goggle. Pengguna Google dari Indonesia sangat banyak. Hampir 100 juta pengguna setiap harinya.

Cocok sekali bukan untuk memasarkan produk Anda yang berada di toko online?

Jika Anda sudah menyiapkan persiapan membuat toko online di atas, apa lagi yang dilakukan ya? Menyiapkan dan mempraktekkan strategi pemasaran. Bingung mulai dari mana? Anda bisa memulai strategi pemasaran dengan membaca Kumpulan Artikel Marketing disini.

Jika Anda belum memiliki modal untuk membuat toko online, Anda bisa mencoba yang gratisan. Ada banyak tempat jualan gratis di internet. Anda bisa melihat tempat jualan di link berikut ini >>> Tempat Jualan Gratis Terbaik Di Internet.

Itulah tadi pembahasan seputar persiapan membuat toko online. Artikel sebenarnya belum lengkap, karena dijelaskan lebih jelas maka seperti akan membuat sebuah buku bacaan. Jadi jika ada pertanyaan tentang isi artikel ini, gunakan kolom komentar di bawah ya.

Sekian dulu artikel toko online ini. Semoga bermanfaat dan jangan share ke teman-teman ya. Kalau mau promosi, disini saja ya >>> Pasang Iklan Gratis Selamanya.

NB : Artikel ini berkaitan dengan artikel Cara Tepat Berjualan Online Di Website Sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button