By | January 10, 2021
Sikap Terbaik Hadapi Corona

Sikap Terbaik Hadapi Corona, Simak Cara Pencegahannya. Saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai was – was dengan adanya penyebaran virus corona yang ternyata sudah menyerang Warga Negara Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri, virus ini memang sangat ditakutkan di seluruh dunia. Pasalnya sampai detik ini Virus Covid- 19 sudah menyebar ke lebih dari 100 negara dan menewaskan ribuan orang dalam waktu yang cukup singkat.

Dengan adanya penyebaran virus yang berasal dari negara China ini, sejumlah bandara dan pelabuhan di seluruh dunia mulai membatasi bahkan menolak kapal – kapal yang berasal dari China.

Bagaimana sikap masyarakat Indonesia dengan adanya penyebaran virus ini?

Seperti yang kita tau, setelah adanya berita bahwa ada 2 Warga Negara Indonesia yang positif terkena virus corona, masyarakat kita langsung berbondong bondong menyerbu pusat perbelanjaan untuk memborong semua bahan makanan dan masker, sampai sampai sekarang kita sudah sulit menemukan masker yang dijual di pusat perbelanjaan, kalaupun ada pasti harganya sudah melambung tinggi.

Ya, mungkin tujuan mereka memborong bahan makanan dan masker ini baik, untuk jaga jaga barangkali pemerintah membatasi waktu keluar rumah, seperti di beberapa negara ada yang melarang warganya untuk berkeliaran jika tidak terlalu penting.

Namun, menurut kalian apakah tindakan warga Indonesia ( memborong bahan makanan dan masker ) itu termasuk hal yang wajar ? Tulis jawabannya di kolom komentar ya..

Berbeda dengan Indonesia, Negara Italia menyikapi kasus virus corona ini dengan memberikan peraturan kepada seluruh warganya untuk tidak keluyuran selama 25 hari untuk mencegah penularan virus berbahaya ini. Mereka hanya dibolehkan keluar rumah untuk urusan pekerjaan, kesehatan, dan situasi darurat.

Bahkan restoran dan bar harus tutup jam 18.00 serta mereka harus menata letak masing masing meja dan kursi di dalam restoran agar berjarak 1 meter.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mencegah virus corona ini menyerang diri kita. Apa saja caranya? Simak baik – baik ya, ini dia :

1. Sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun
2. Jangan menyentuh area wajah dengan tangan secara langsung ketika tangan kita dalam kondisi kotor
3. Memakai masker jika berada di tempat umum atau berada di keramaian
4. Jaga jarak dengan orang yang sedang batuk atau bersin, karena kabarnya virus corona ini bisa menular dalam jarak 1 meter
5. Jaga imunitas tubuh supaya tetap kuat, dengan berolahraga, menjaga pola tidur dan pola makan, supaya badan tetap fit
6. Menutup mulut dengan lengan / siku saat batuk dan bersin, tujuannya yaitu untuk mencegah terjadinya penularan melalui udara
7. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Nah, jadi itulah 7 cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah virus corona, karena lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Demikian artikel Sikap Terbaik Hadapi Corona. Referensi : Koran Harian Surya & Kompas TV

Leave a Reply