The Wave (2015) : Tsunami Yang Terasa Begitu Nyata

The Wave (2015) film yang mengingatkan peristiwa Tsunami yang pernah melanda negara ini masih melekat dibenak kita semua. Tepatnya di Banda Aceh peristiwa itu terjadi dan memporak – porandakan wilayah Indonesia dan Negara – Negara tetangga pada tahun 2004.

Sinopsis

The Wave, sebuah film karya Roar Uthaug ini mengangkat salah satu peristiwa alam tersebut. Salah satu bencana Tsunami yang terdahsyat terjadi berpuluh – puluh tahun sebelum Aceh terjadi di Norwegia. Dengan setting masa kini, film ini seperti mengajak siapun yang menonton untuk merasakan ketegangan dan kepanikan warga saat Tsunami datang.

Seorang Geologis di Geiranger, Kristian (Kristoffer Joner), menemukan keanehan yang terjadi di gunung Arkeneset. Bersama timnya, Kristian menemukan pendekti air di beberapa titik di gunung tersebut hilang.

Kejadian aneh ini menuntun keluarga Kristian ke dalam perjuangan untuk menyelamatkan diri mereka. Dalam hitungan 10 menit setelah peringatan berbunyi, ditengah keinginannya untuk menyelamatkan semua orang Kristian tetap harus menyelamatkan keluarganya terlebih dahulu.

Banyak pesan moral yang disampaikan sang sutradara kepada penonton melalui film ini. Drama dan suasana mencekam diperlihatkan pada saat Geiranger diguncang gempa berkekuatan besar. Lihat juga: Nonton Film Crawl (2019) Yang Menegangkan Dari Awal Hingga Akhir

Nonton Film Tsunami The Wave (2015)

Review

Klimaks dari film ini sendiri adalah ketika Tsunami yang datang saat itu. Adegan Tsunami yang kabarnya butuh 40.000 liter air setiap harinya ini tampak begitu nyata. Dipadu dengan efek visual yang sangat memukau, menambah kekuatan dari film ini.

Joner dilatih oleh seorang instruktur free-diving agar mampu menahan nafas nya dala tiga menit di dalam air untuk pengambilan adegan tersebut.

Selain itu, hal yang membuat takjub dalam film yang dirilis pada tanggal 28 Augustus 2015 ini adalah bagaimana seluruh aktor dan aktris melakukan setiap adegan tanpa adanya pemain pengganti atau biasa disebut stunt.

Bahkan ketika Kristoffer Joner diharuskan beradegan sedang menyelamatkan keluarganya dari air yang menenggelamkan hotel tempat mereka menginap itu juga dilakukan oleh Joner sendiri.

Film berbahasa Norwegia ini bekerja sama dengan Kedutaan Besar Norwegia di Indonesia. Untuk penjualan tiket The Wave di Indonesia saat itu akan didonasikan oleh produser The Wave bagi Borneo Orangutan Survival Foundation.

Donasi ini akan digunakan untuk penanaman kembali hutan yang tebakar di Kalimantan juga pembangunan konservasi orangutan di Kalimantan Tengah.

The Wave sendiri memperoleh respon positif dari para kritikus film. Mereka memuji penampilan dari para pemain, sinematografi, sampai visual efek dalam film ini.

Perhatian pada kemanusiaan ynag dituangkan di dalam film maupun oleh produser juga sangat dipuji. Tapi The Wave menuai kritik ketika film ini diisi suara dalam bahasa inggris. Para kritikus berkata kalau emosi yang ditangkap penonton berbeda dibandingkan ketika menonton yang versi bahasa Norwegia.

Jadi, apakah tertarik untuk nonton film online The Wave dan merasakan sensasi Tsunami? Jika iya, di website – website sudah ada yang menerjemahkan ke dalam subtitle berbahasa Indonesia dan juga bahasa inggris. Lihat juga: usir tikus dengan baygon

Release Date : 28 Agustus 2015

Durasi: 105 menit

Negara Rilis: Norwegia

Bahasa: Norwegia

Sutradara: Roar Uthaug

Produser : Are Heidenstorm

Penulis Skenario :
John Kåre Raake
Harald Rosenløw-Eeg

Cast
• Kristoffer Joner sebagai Kristian Eikjord
• Thomas Bo Larsen sebagai Phillip Poulsen
• Mette Horn sebagai Maria Poulsen
• Fridtjov Såheim sebagai Arvid Øvrebø
• Ane Dahl Torp sebagai Idun Eikjord
• Jonas Hoff Oftebro sebagai Sondre Eikjord
• Edith Haagenrud-Sande sebagai Julia Eikjord
• Herman Bernhoft sebagai Georg
• Arthur Berning sebagai Jacob Vikra
• Silje Breivik sebagai Anna
• Laila Goody sebagai Margot Valldal
• Eili Harboe sebagai Vibeke

Trailer

Share on:

Leave a Comment